Apa itu Auditory Verbal Therapy?

auditory verbal therapy

Apakah anda tahu mengenai auditory verbal therapy? Berikut penjelasannya untuk anda dalam mengenal terapy tersebut.

auditory verbal therapy

Mengenal Auditory Verbal Therapy

Auditory verbal therapy merupakan teknologi pengobatan untuk penyandang tunga rungu. Proses ini diajarkan untuk dapat mengoptimalkan kemampuan organ pendengarannya sehingga lambat laun penderita tunga rungu dapat mendengar.

Istilah Auditory verbal therapy sering disingkat dengan AVT merupakan sebuah metode baru untuk mengajarkan anak dengan gangguan pendengaran atau tunga rungu agar mampu mendengar dan berbicara dengan menggunakan alat bantu difabel misalnya alat bantu dengar, FM System, dan chchlear implant (CI).

AVT selain mampu untuk membantu tunga rungu juga dapat membantu anak untuk dapat berbicara dengan normal. Terapi tuna rungu pertama kali diperkenalkan pada abad ke 20. AVT akan bekerja dengan memberikan stimulasi atau rangsangan kepada anak tunga rungu untuk mengoptimalkan sisa pendengaran yang ada dengan bantuan alat bantu dengar.

Ciri Metode Auditory Verbal Therapy

Metode AVT ini berbeda dengan metode therapy yang lain. Banyak terapis yang memberikan pelayanan untuk meningkatkan komunikasi pada anak istimewa penyandang gangguan pendengaran. beberapa terapis mengajarkan tentang komunikasi total, dan terapi komunikasi lainnya.

Untuk metode AVT sendiri memiliki ciri-ciri seperti anak akan belajar melalui pendengaran, anak harus mendengar, ketika berbicara harus dengan jelas, berbicara secara natural, orang tua memiliki peranan penting sebagai guru atau pendidik, terapi ini dilakuka kepada satu orang anak, serta terapi AVT merupakan terapi berbasih pada percakapan.

Manfaat lain Auditory Verbal Therapy

Auditory verbal therapy atau dikenal dengan AVT sebagai metode mampu untuk merangsang penderita tunga rungu yang diderita anak untuk dapat mulai belajar berbicara. Ketika sang anak dapat mendengar dengan baik, maka secara tidak langsung anak akan dapat belajar banyak hal baru supaya dapat berkomunikasi secara layaknya anak-anak normal lain.

Dalam terapi AVT anak akan diajarkan untuk mengembangkan kemampuan mendengar selain itu, mengaktifkan panca indera sehingga anak dapat mendengarkan dengan baik. terapy AVT didesain untuk mengajarkan anak-anak dengan gangguan dengar menggunakan alat bantu dengar maupun koklea implant untuk memahami percakapan dan belajar untuk berbicara dan berkomunikasi.

Seberapa penting Auditory Verbal Therapy dilakukan?

Bagi orang tua yang memiliki anak istimewa mengalami tuna rungu, metode AVT perlu dilakukan. Ketika orang tua mulai memasangkan alat bantu pendengaran pada anak, maka harapan orang tua untuk anak dapat mendengar dengan baik bertambah. Orang tua ingin supaya anak-anak mereka nantinya dapat berkomunikasi seperti anak-anak lain yang tidak memiliki gangguan pendengaran sehingga si anak dapat berkomunikasi dan bersosialisasi dengan baik, mengenyam Pendidikan di sekolah umum dan mendapatkan pekerjaan yang lebih mudah.

Mengalami gangguan pendengaran pada anak. Alat bantu dengar saja tidak cukup. Mereka perlu dibantu untuk memahami bagaimana mereka mendengar.. fungsi dari metode terapi pendengaran untuk anak akan didapatkan dampaknya kelak untuk kehidupan mereka.

Oleh sebab itu, terapi AVT hadir di tengah masyarakat untuk mewujudkan harapan orang tua kepada anak yang mengalami gangguan pendengaran sejak lahir seperti mengalami tuna rungu.

Bagaimana melakukan metode Auditory Verbal Therapy?

Metode AVT ini cocok untuk anak yang mengalami gangguan pendengaran seperti tuna rungu. Orang tua memiliki peranan untuk membantu anak melakukan therapy auditory verbal. Mungkin orang tua akan mencarikan terapis yang kompeten untuk melatih anak dalam berkomunikasi.

Auditory verbal therapy dilakukan dengan mengajarkan menggunakan bahasa isyarat. Terapis juga akan memberikan materi untuk masuk dalam kurikulum yang isinya adalah pembelajaran bahasa isyarat. Untuk belajar metode AVT dibutuhkan suasana yang tenang dan kondisi khusus yang mendukung anak mendengar.

Orang tua memiliki peranan dalam melakukan AVT. Ketika terapis tidak mengajarkan metode AVT orang tua yang akan mengajarkannya setiap harinya agar si anak mengalami perkembangan dalam proses mendengar dan berkomunikasi.

Bagaimana peranan orang tua dalam terapi AVT?

Orang tua memiliki peranan penting ketika melakukan metode auditory verbal therapy. Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak dengan gangguan pendengaran. biasanya terapis akan memberikan wejangan kepada orang tua untuk melakukan metode terapy auditory verbal dengan baik. berikut ini adalah cara orang tua melakukan metode AVT.

1. Orang tua mengembangkan kemampuan berbicara pada anak secara normal

Berbicara secara natural dengan anak, orang tua tidak perlu berusaha untuk memonyongkan mulut dan memperlihatkan posisi lidah agar si anak menirukan kalimat yang diutarakan karena hal ini merupakan kondisi yang tidak normal.

Orang tua juga dapat melakukan penekanan penggunaan huruf bunyi dan memberikan waktu atau kesempatan pada anak untuk memberikan tanggapan terhadap apa yang dibicarakan.

2. Orang tua mempelajari perilaku

Perilaku anak perlu diperhatikan seperti apakah si anak telah menggunakan pendengarannya untuk belajar. Disini orang tua perlu mengajari anak untuk merespon ketika mendengarkan sebuah bunyi.

3. Orang tua perlu melakukan program manajemen dan perencanaan AVT

Program manajemen dan perencanaan AVT akan membantu orang tua untuk memahami tujuan dan prosedur AVT. Orang tua akan diberikan pengertian oleh terapis bahwa metode AVT merupakan metode untuk mengajarkan anak agar menyadari sara kemudian menggunakan suara, metode ini juga sebagai cara melihat perkembangan si anak penderita gangguan pendengaran.

Demikian informasi mengenai Auditory Verbal Therapy. Semoga setelah membaca tulisan ini pembaca akan memahami apa itu metode AVT untuk membantu anak penderita gangguan pendengaran tuna rungu.

Open chat
1
Ingin konsultasi lebih dekat?
halo, ada yang bisa kami bantu?