Ragam Obat Infeksi Telinga di Apotik

obat infeksi telinga

Apakah anda mengalami infeksi telinga? Berikut ragam obat infeksi telinga yang diperjualbelikan di apotik.

obat infeksi telinga

Infeksi Telinga

Mengalami infeksi telinga akan membuat telinga terasa tidak nyaman. Infeksi telinga dapat terjadi di bagian telinga luar, telinga tengah dan telinga dalam. Penyebab infeksi telinga dapat terjadi akibat virus, jamur maupun bakteri. Infeksi telinga ini dibedakan menjadi otitis eksterna, otitis media, dan otitis media serius.

Otitis eksterna merupakan infeksi telinga pada bagian luar. Ketika mengalami infeksi eksterna biasanya disebabkan oleh jamur dan bakteri. Kondisi ini juga disebut dengan swimmer’s ear. Selain itu, terdapat otitis media adalah infeksi pada telinga bagian tengah. Infeksi ini juga dibedakan menjadi akut dan kronis. Otitis media sering terjadi pada anak-anak dan infeksi ini disebabkan oleh virus dan bakteri. Kemudian otitis media serius, terjadi akibat penumpukan cairan dan nanah dalam telinga tengah.

Gejala infeksi telinga

Infeksi telinga dapat terjadi pada segala umur namun yang lebih sering mengalami infeksi telinga adalah anak-anak. Mengalami infeksi telinga biasanya ditandai dengan gejala-gejala sebagai berikut.

1. Mengalami sakit telinga

Gejala infeksi telinga dapat ditandai dengan rasa sakit dan nyeri pada telinga. Nyeri ini datang secara tiba-tiba dan berkelanjutan. Biasanya rasa nyeri disertai dengan cairan hangat dari saluran telinga.

2. Telinga terasa penuh

Mengalami infeksi telinga biasanya telinga akan terasa penuh

3. Mengalami demam, mual, hilangnya nafsu makan

4. Hilangnya pendengaran

Apakah infeksi telinga berbahaya?

Infeksi telinga tidak menyebabkan komplikasi jangka panjang. namun infeksi telinga yang parah tidak dapat sembuh dan menyebabkan komplikasi serius. Beberapa gangguan akibat infeksi telinga adalah gangguan pada proses bicara dan pendengaran, penyebaran infeksi, robeknya gendang telinga atau dapat menyebabkan keterlambatan perkembangan.

Ragam obat infeksi telinga di apotik

Mengalami infeksi telinga dapat diberikan pengobatan dengan beberapa cara. Jenis obat infeksi ada yang diperjual belikan di apotik dan dapat diberikan penanganan ketika di rumah. Berikut ragam obat infeksi telinga yang dapat dijumpai di apotik.

1. Antibiotik

Pengobatan infeksi telinga dapat diberikan dengan antibiotik. Antibiotik dapat diberikan apabila mengalami infeksi telinga akibat bakteri. Penggunaan antiobiotik juga harus disesuaikan umur penderita.

2. Polymyxin kombinasi (otopain)

Obat untuk infeksi telinga yang diperjualbelikan di apotik atau otopain. Otopain untuk mengatasi radang pada telinga akibat bakteri. Obat otopain mengandung bahan lidocaine berfungsi untuk meredakan rasa sakit pada telinga.

3. Chloramphenicol kombinasi (otolin, colme)

Jenis obat otolin dan colme sama-sama mengandung chloramphenicol yang berfungsi mengobati infeksi akibat bakteri di telinga bagian luar. Otolin mengandung obat anti bakteri seperi polymyxin. Otolin dan colme adalah obat yang mengandung Pereda nyeri. Obat sakit telinga otolin mengandung Pereda nyeri bahan benzocaine dan colme mengandung lidocaine.

4. Neomycin sulfat kombinasi (otopraf, otozambon)

Otopraf dan otozambon merupakan obat sakit telinga yang mengandung neomycin sulfat dengan campuran bahan lain. Neomyxin sulfat bekerja dengan menghambat pertumbuhan bakteri dalam telinga.

Neomycin sulfat merupakan obat yang mengandung Pereda nyeri dan bengkak. Salah satu Pereda nyeri yang terkandung pada jneis obat ini adalah lidocaine.

5. Chloramphenicol (Erlamycetin, Reco, Ramicort)

Jenis obat chloramphenicol merupakan beberapa merek obat telinga untuk mengatasi bakteri. Kandungan utama pada obat chlomphenicol berfungsi melawan pertumbuhan bakteri. Obat ini juga sering digunakan untuk obat tetes telinga pada anak. Penggunaan obat chloramphenicol harus sesuai dengan tingkat keparahan infeksi sehingga dosis harus diperhatikan untuk anak dan orang dewasa.

6. Ciprofloxacin dan dexamethasone

Jenis obat ciprofloxacin dan decamethasone dapat digunakan untuk mengatasi infeksi akibat bakteri pada telinga. Ciprofloxacin bekerja dengan membunuh bakteri dan mencegah perkembangannya dalam telinga. Sementara dexamethasone untuk membantu meredakan kemerahan, gatal, dan bengkak akibat infeksi.

7. Dekongestan

Obat infeksi telinga yang dapat ditemukan di apotik adalah dekongestan. Jenis obat ini sebenarnya adalah pbat Pereda nyeri yang dijual bebas di pasaran. Dekongestan dapat membantu meredakan sakit telinga yang terjadi akibat peradangan. Jenis dekongestan seperti paracetamol, ibuprofen, antihistamin seperti pseudoephedrine atau diphenhydramine.

Komplikasi infeksi telinga

Mengalami infeksi telinga dapat sembuh jika tanpa menimbulkan komplikasi serius. Infeksi telinga yang berkepanjangan dan tidak diberikan pengobatan akan menyebabkan komplikasi serius. Berikut ini komplikasi yang dapat terjadi akibat infeksi telinga.

– Mengalami gangguan pendengaran sementara bahkan permanen

– Gangguan berbicara pada anak

– Mengalami mastoiditis atau infeksi tulang mastoid di sekitar telinga.

– Dapat menyebabkan meningitis atau infeksi pada selaput otak

– Mengalami robeknya gendang telinga.

Bagaimana mencegah infeksi telinga?

Infeksi telinga dapat dicegah dengan menjaga kesehatan telinga. Beberapa cara menjaga kesehatan telinga dengan membersihkan telinga dengan benar. Lebih baik membersihkan telinga menggunakan waslap atau tisu bersih. Jangan gunakan cotton bud karena dapat mendorong kotoran masuk lebih dalam atau bahkan melukai gendang telinga.

Selain itu, untuk mencegah infeksi telinga dengan menjaga telinga agar tetap kering. Telinga yang lembab dan basah menjadi pemicu bakteri dan virus mudah untuk berkembangbiak.

Demikian informasi mengenai ragam obat infeksi telinga yang dapat ditemukan di apotik. Semoga dari penjelasan yang diberikan dapat memudahkan anda untuk mengenali obat infeksi telinga. Selain itu, jika kondisi infeksi telinga tidak kunjung sembuh lebih baik konsultasikan ke dokter THT.

Open chat
1
Ingin konsultasi lebih dekat?
halo, ada yang bisa kami bantu?