Valsava Manuver: Cara Alternatif Meringankan Telinga Berdenging

mengenal valsava manuver

Apakah anda mengenal Valsava Manuver? Berikut mengenai valsava manuver cara cepat dalam meringankan telinga berdenging.

mengenal valsava manuver

Mengenal Valsava Manuver

Valsava manuver adalah teknik atau metode untuk meringankan telinga berdenging. Saat sedang berada di pesawat biasanya banyak orang yang menutup mulut serta cuping hidung sambil mendenguskan udara lewat hidung ketika merasakan telinga berdenging. Ternyata teknik ini bukan aksi spontan asal-asalan melainkan adalah valsava manuver.

Teknik valsava manuver adalah salah satu cara untuk bernapas dengan meningkatkan tekanan pada dada. Akibatnya disini terjadi perubahan detak jantung dan tekanan darah ketika mengeluarkan udara dari tubuh ketika lubang yang menghubungkan trakea serta faring tertutup.

Valsava manuver merupakan istilah yang digunakan untuk mengeluarkan nanah dari telinga. Namun seiring dengan berjalannya waktu, manuver valsava dapat membantu meringankan telinga berdenging.

Manfaat Valsava Manuver

Mengenal Valsava manuver yang merupakan sebuah metode pernapasan yang dapat memperlambat kondisi jantung ketik berdetak terlalu cepat. Untuk melakukannya dapat dilakukan dengan bernapas melalui mulut dengan kuat sambil menutup hidung rapat. Kondisi ini dapat menciptakan ketegangan kuat yang dapat memicu jantung.

Valsava manuver dapat menjadi cara alternatif ketika telinga mengalami berdenging. Selain itu, valsava manuver dapat bermanfaat dalam kehidupan dengan memudahkan ketika mengejan BAB, berlatih saxsofone, mengangkat beban berat, dan mengurangi dengung telinga ketika di pesawat. Valsava manuver juga biasanya digunakan oleh dokter untuk menguji seberapa baik jantung bekerja.

Cara Melakukan Valsava Manuver

Mengenal valsava manuver yang menjadi sebuah metode, metode ini mudah untuk dilakukan tanpa memerlukan bantuan apapun. Untuk melakukan metode ini anda dapat melakukannya dengan tahap-tahap sebagai berikut.

1. Lakukan metode ini dengan duduk atau berbaring

2. Mulai ambil napas dalam-dalam dan tahan napas selama beberapa detik

3. Lakukan jepit hidung dan tutup mulut.

4. Tahan dengan keras, jika otot dada dan perut sudah terasa kencang dan menekan maka metode ini sudah benar.

5. Tahan posisi selama 5 hingga 10 detik.

6. Saat mulai mengejan, tarik napas kembali dengan paksa agar dapat menghembuskannya dengan cepet seperti meledakkan balon.

7. Saring keras selama 10 hingga 15 detik.

8. Jika tidak berhasil, tunggu setidaknya 1 menit sebelum mencoba lagi.

9. Apabila sudah berhasil, lanjutkan cara bernapas dengan normal.

Jika percobaan anda terus terusan gagal, anda dapat melakukan dengan pososi berbaring kemudian meniupkan botol yang kosong dan bersih selama 15 detik.

Bagaimana Cara Kerja Valsava Manuver?

Valsava manuver adalah cara atau metode pernapasan yang dapat meringankan kondisi telinga berdenging. Tahapan cara kerja valsava manuver ini terdapat 4 tahap dari meningkatkan tekanan darah dari sistem pernapasan yang dipaksakan hingga mengembalikan tekanan darah pada angka yang normal. Berikut ini merupakan fase cara kerja valsava manuver:

Fase Pertama

Ketika melakukan menarik napas dan caping hidung dijepit dan mulut ditutup maka terjadi ketegangan yang meningkatkan tekanan darah. Kemudian aliran darah akan melambat pada pembuluh darah besar dan mempengaruhi sirkulasi paru-paru.

Fase Kedua

Pada fase kedua, tekanan darah akan kembali stabil karena jumlah darah yang terbatas di pembuluh darah kembali ke jantung. Oleh sebab itu, akibatnya darah yang dipompa dari jantung mengalami penurunan dan denyut jantung akan mengalami peningkatan.

Fase Ketiga

Sebelum kembali membuka cuping hidung dan mengakhiri valsava manuver, akan terjadi penurunan tekanan darah beberapa saat dan membuat lebih rileks.

Fase Keempat

Pada fase terakhir, darah kembali mengalir menuju jantung, kemudian setelah detak jantung kembali normal, aliran darah akan berjalan seperti biasa dan tekanan darah akan mengalami kenaikan kembali. Hal ini terjadi karena pembuluh darah belum melebar alias masih menyempit.

Efektivitas Melakukan Valsava Manuver

Tindakan valsava manuver dapat dilakukan ketika anda mengalami telinga berdenging saat naik pesawat. Telinga berdenging atau nyeri pada telinga ketika naik pesawat dapat terjadi akibat tekanan tinggi pada telinga. Tekanan ini menyebabkan tersumbatnya tuba eustachius atau saluran yang menghubungkan antara telinga, hidung, dan tenggorokan.

Saluran pada telinga berupa tuba eustachius akan mengalami penyumbatan saat terjadi perubahan tekanan secara drastis yaitu ketika pesawat lepas landas dan memulai pendaratan. Ketika mengalami penyumbatan telinga ini, maka dapat melakukan metode valsava manuver untuk membuka sumbatan pada tuba eustachius.

Tekanan pada telinga yang tinggi pada telinga akan mengalami penurunan setelah melakukan valsava manuver sehingga nyeri telinga dapat teratasi.

Apa Resiko dan Efek Samping Valsava Manuver?

Valsava Manuver adalah metode mengatur pernapasan yang dapat menjadi cara alternatif meringankan telinga berdenging. Namun perlu diketahui bahwa manuver valsava akan memberikan resiko dan efek samping yang muncul ketika melakukan cara bernafas seperti ini.

Efek samping dan resiko dari manuver valsava yang dapat terjadi adalah dapat mengalami hipotensi atau tekanan darah rendah. Melakukan valsava manuver dapat mengakibatkan menurunkan tekanan darah secara drastic dan tiba-tiba.

Selain itu, bernapas dengan teknik manuver valsava dapat menyebabkan kondisi pusing bahkan pingsan bagi sebagian orang. Walaupun begitu, teknik valsava manuver termasuk cara yang cukup aman dengan efek samping yang langka karena dapat dilakukan oleh semua orang.

Demikian informasi mengenai valsava manuver, semoga dari informasi yang dijelaskan dapat memudahkan anda untuk melakukan teknik valsava manuver ketika mengalami telinga berdenging dan nyeri telinga akibat penyumbatan tekanan tertentu.

Open chat
1
Ingin konsultasi lebih dekat?
halo, ada yang bisa kami bantu?