Apa itu Earplug? Pelindung Telinga dan Pendengaran

manfaat earplug

Apakah anda mengenal apa itu earplug? Berikut informasinya tentang earplug dan manfaat earplug untuk anda.

Ketika sedang berada di tempat yang bising seperti lingkungan kerja yang bising, berada di konser musik yang dekat dengan audio keras perlu melakukan perlindungan pada telinga. Melindungi telinga perlu dilakukan supaya terhindar dan mencegah adanya ganggua atau bahkan kehilangan pendengaran. cara terbaik untuk melindungi organ pendengaran adalah dengan menghindari paparan suara keras, menjauhi kebisingan, mengurangi intensitas penggunaan audio yang keras, dan mengecilkan volume suara. Namun apabila hal-hal tersebut tidak dimungkinkan penggunaan earplug cocok untuk melindungi telinga.

manfaat earplug

Mengenal Earplug

apa itu earplug? Earplug merupakan pelindung telinga yang terdiri dari busa lembut atau bahan keras yang digunakan cara langsung dimasukkan ke saluran telinga. Fungsi dari earplug adalah untuk menurunkan intensitas suara dan untuk melindungi telinga dari kerusakan akibat kebisingan. Beberapa jenis earplug seperti earplug busa, earplug karet, atau silicon yang dicetak, dan canal caps. Ukuran dari earplug kecil sehingga mudah dibawa dan disimpan. Untuk mengenal ragam jenis earplug sebagai berikut.

1. Earplug karet

Jenis earplug karet merupakan pelindung telinga yang sudah dibentuk. Alat ini sebagai penyumbat telinga yang terbuat dari bahan plastic, karet, dan silicon yang berbentuk runcing mirip dengan bentuk es krim. Jenis earplug ini dijual dengan berbagai ukuran dan umumnya direkomendasikan untuk digunakan anak-anak. Hal ini karena earplug karet memiliki kukuran kecil cocok untuk digunakan pada anak-anak.

2. Earplug busa

Jenis earplug busa merupakan pelindung telinga yang dirancang untuk digulung menjadi silinder tipis. Alat ini setelah digulung dimasukkan ke dalam lubang telinga sehingga sekitar setengah saluran telinga. Setelah dimasukkan earplug busa akan mengembang sendiri untuk mengisi saluran telinga dengan pas.

Baca Juga :  Fungsi Tulang Pelipis yang Penting Bagi Pendengaran

3. Canal Caps

Jenis earplug canal caps merupakan earplug yang berbentuk seperti bando atau headset. Earplug canal caps digunakan untuk telinga kiri dan kanan dihubungkan oleh semacam pita kaku. Ketika digunakan pita dalam canal caps dapat memberikan dorongan lembut untuk menutup earplug ke dalam saluran telinga.

Canal caps adalah earplug yang terbuat dari bahan busa maupun bahan lainnya yang sudah dibentuk sebelumnya. Pembeda earplug canal caps dengan earplug lainnya adalah pita penghubungnya. Earplug canal caps memiliki bentuk seperti bando, oleh sebab itu ketika tidak digunakan earplug canal caps dapat dikalungkan di leher agar tidak mudah hilang.

Manfaat dari Earplug

Earplug adalah alat yang digunakan sebagai pelindung telinga. Penggunaan earplug ini memberikan manfaat bagi penggunanya. Selain itu beberapa manfaat lain dari penggunaan earplug sebagai berikut.

1. Dapat digunakan sebagai alat pencegah kerusakan organ pendengaran

Suara yang terlalu bising dan keras dapat merusak struktur organ telinga. Kerusakan yang terjadi pada organ pendengaran akibat suara bising adalah struktur sensitif pada telinga bagian dalam sehingga menyebabkan gangguan pendengaran akibat kebisingan berupa noise induced hearing loss (NIHL) atau dapat mengalami tinnitus (dengingan, deringan, menderu pada telinga bagian dalam).

Ketika mendengar suara yang semakin keras, ini menyebabkan telinga akan semakin cepat mengalami kerusakan pada pendengaran. Kerusakan pendengaran dapat terjadi kurang dari 15 menit atau bahkan seketika itu juga. Mengalami kerusakan pendengaran dapat terjadi akibat suara yang sangat keras seperti misalnya diakibatkan suara ledakan atau tembakan dari jarak dekat. Selain itu, paparan suara keras yang berulang seperti berada pada lingkungan kerja yang bising selalu mendengarkan mesin-mesin bersuara keras di tempat kerja yang dapat menyebabkan kehilangan pendengaran.

Baca Juga :  Cara Aman Mengeluarkan Benda Asing di Telinga Anda

2. Dapat beraktivitas di tempat bising dengan aman

Apabila anda diharuskan atau sering berada di tempat yang selalu mendengarkan kebisingan, berpartisipasi dalam aktivitas bising penggunakan earplug dapat membantu anda agar tetap beraktivitas dengan aman tanpa memperbesar resiko mengalami gangguan pendengaran.

Beberapa kondisi yang cocok dalam menggunakan earplug ketika menjalankan aktivitas seperti balapan mobil, pertunjukan petasan atau kembang api, konser, atau pada acara yang penuh dengan orang-orang yang teriak-teriak, mengendarai kendaraan dengan mesin yang bising dan keras, Latihan dan pertunjukan band, orchestra, pekerjaan di industri, Gudang, pertanian, lanskap, dan pengaturan tempat kerja keras atau berpotensi keras lainnya, melakukan olahraga menembak.

Apabila anda melakukan aktivitas yang menyebabkan anda mengalami paparan suara bising dan keras biasakan selalu memakai pelindung telinga. Jika tidak memungkinkan dalam penggunakan pelindung telinga, anda segera menutup telinga dengan tangan kemudian menjauh dari tempat kebisingan.

3. Dapat meningkatkan kualitas tidur.

Penggunaan earplug atau pelindung telinga dapat digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas tidur secara signifikan. Earplug dapat memblokir suara-suara yang dapat mengganggu ketenangan tidur. Oleh sebab itu, penggunaan earplug dapat menyebabkan tidur lebih nyenyak.

Menggunakan earplug dapat sebagai solusi bagi sebagian orang yang seringkali terbangun ketika mendengarkan suara yang mengganggu di sekelilingnya. Suara-suara tersebut seperti rumah yang berada di dekat keramaian jalan atau memiliki pasangan yang mendengkur keras.

Kualitas tidur ini biasanya berkaitan dengan kesehatan fisik dan mental. Kurang tidur yang terjadi akibat sering terbangun ketika mendengarkan suara-suara dapat mengganggu aktivitas keseharian anda.

Demikian informasi mengenai earplug dan manfaat earplug yang berguna untuk melindungi telinga. Selalu jaga kesehatan pendengaran anda. lakukan konsultasi dokter apabila mengalami gangguan pendengaran. jangan lupa untuk menggunakan pelindung telinga ketika berada di tempat yang menyebabkan telinga terpapar suara keras.

Baca Juga :  6 Cara Mendengarkan Detak Jantung Janin
Open chat
1
Ingin konsultasi lebih dekat?
halo, ada yang bisa kami bantu?