Tidak Disangka-Sangka, Terdapat Manfaat Mendengarkan Musik

manfaat mendengarkan musik

Apakah anda tahu bahwa mendengarkan musik dapat memberikan manfaat yang tidak disangka-sangka? Berikut penjelasannya untuk anda.

Olahraga dapat menyehatkan tubuh. Namun apakah anda tahu bahwa terdapat fakta menarik untuk melatih otak? Ya dengan mendengarkan musik. Menurut salah satu peneliti yang berada di Amerika serikat dari John Hopkins Medicine mendengarkan musik memiliki banyak manfaat seperti dapat menstimulus otak, dapat mengurangi kecemasan, meningkatkan memori, dapat memperbaiki kualitas tidur, bahkan dapat menurunkan tekanan tinggi.

Musik memiliki hubungan dengan aktivitas otak hingga saat ini masih dikaji secara mendalam. Namun terdapat dugaan dari para peneliti bahwa mendengarkan musik dapat memaksa otak. Hal ini timbul adanya kerja sama otak dengan musik yang sama kerasnya seperti ketika belajar matematika dan belajar arsitektur bangunan secara bersamaan.

Di zaman dahulu,  alunan musik klasik disebut sebagai jenis musik yang paling superior karena dapat menghadirkna berbagai efek positif bagi janin. Penelitian terkini terdapat hasil yang menunjukkan bahwa genre musik seperti dangdut, rock n’roll, jazz, hip-hop, bahkan hingga k-pop dapat membawa manfaat bagi otak ketika mendengarkannya.

Manfaat Mendengarkan Musik

manfaat mendengarkan musik

Mendengarkan musik dapat bermanfaat bagi fungsi otak. Musik merupakan salah satu metode terapi untuk pasien pada kondisi tertentu. salah satunya adalah terapi untuk penderita penyakit Alzheimer. Alzheimer adalah penyakit yang berkaitan dengan otak dan mental seseorang. Metode terapi mendengarkan musik sejauh ini masih tergolong non-invasif dan relatif dapat diaplikasikan ke semua orang untuk memperbaiki kondisi emosial dan kemampuan dalam bersosialisasi. Beberapa manfaat lainnya dari mendengarkan musik yang dapat anda rasakan sebagai berikut.

1. Dapat membantu tetap aktif ketika memasuki usia lansia

Mendengarkan musik dapat merangsang otak untuk terus memerintahkan otot agar mampu bergerak aktif. Efek mendengarkan musik akan terasa ketika memasuki usia lanjut atau lansia tepatnya saat tubuh sudah sulit untuk digerakkan karena terlalu banyak menerapkan pola hidup kurang gerak di masa muda.

Baca Juga :  Konsultasi Gangguan Pendengaran Jakarta

2. Dapat memperbaiki suasana hati

Tidak disangka-sangka manfaat mendengarkan musik dapat memperbaiki suasana hati. Saat musik masuk ke telinga, gelombang suara yang dihasilkan akan diartikan tubuh sebagai rangsangan bagi otak untuk melepas senyawa dopamine atau zat kimia yang dapat membuat diri anda merasa Bahagia dan senang. Oleh sebab itu, banyak terapi yang mengajurkan untuk mendengarkan musik ketika mengalami stress. Selain menghindari stress mendengarkan musik juga dapat bermanfaat untuk menghindari gangguan kecemasan maupun depresi.

3. Dapat membantu merangsang kreativitas

Mendengarkan musik dapat bermanfaat untuk merangsang kreativitas. Hal ini terjadi ketika mendengarkan genre musik baru selain aliran musik yang disukai. Jenis musik baru dan beragam dapat merangsang kreativitas karena otak dipaksa untuk beradaptasi dengan gelombang suara yang tidak familiar dengan rangsangan sebelum-sebelumnya.

4. Menimbulkan efek menyembuhkan

Mendengarkan musik tanpa disangka-sangka dapat bermanfaat sebagai terapi penyembuhan penyakit yang berhubungan dengan otak seperti trauma. Dengan mendengarkan lantunan musik dapat meringankan gejala dan bahkan menyembuhkan trauma tersebut.

Perlu diketahui terapi musik dan bernyanyi kerap digunakan untuk membantu penderita stroke agar dapat kembali berbicara. Selain itu, penyakit Parkinson dapat menjalani terapi musik dengan cara berdansa untuk menguatkan otot-otot kaki dan tubuh secara keseluruhan.

5. Membangkitkan memori

Mendengarkan musik dapat membangkitkan kembali memori yang sudah lama terpendam di dalam ingatan. Misalnya mendengarkan musik atau penyanyi lawas yang menjadi favorit di masa lampau memudahkan kita untuk mengenang peristiwa yang terjadi di masa lalu juga.

Setelah manfaat mendengarkan musik yang tidak dapat disangka. Beberapa cara memaksimalkan manfaat dari mendengarkan musik untuk fungsi otak. Berikut informasinya untuk anda.

Cara Memaksimalkan Manfaat Mendengarkan Musik

Apabila anda mengalami stress hingga merasakan depresi mungkin anda dapat melakukan mendengarkan musik. Selain itu, anda tidak perlu menunggu anda sakit atau merasa stress untuk merasakan manfaat mendengarkan alunan musik.

Baca Juga :  Mengenal Fungsi Tulang Pendengaran

Mendengarkan musik akan menimbulkan dampak positif. Anda dapat memaksimalkan manfaat mendengarkan musik untuk kesehatan tubuh anda dengan cara-cara sebagai berikut.

  1. Mendengarkan musik yang familiar, mungkin musik yang sering anda dengar, musik yang tidak asing dan terasa nyaman di telinga akan membuat anda merasa nyaman serta dapat membangkitkan memori positif.
  2. Ketika mendengarkan lantunan musik yang enak didengar, anda akan berjoget. Apabila ingin berjoget jangan tahan tubuh anda, berjoget dapat membantu anda melepaskan penat, stress, dan menstimulasi otak, sekaligus membuat tubuh bergerak aktif seperti layaknya melakukan olahraga.
  3. Mendengarkan aliran musik baru. Apabila melodi yang familiar anda dengar dapat membangkitkan memori maka nada-nada yang baru didengar dapat menstimulasi dan memicu kreativitas otak.
  4. Menyetel musik dengan volume pas. Saat mendengarkan musik jangan sampai volume terlalu besar agar gendang telinga tidak rusak. tapi juga jangan terlalu kecil karena anda tidak bisa menikmati musik secara maksimal.
  5. Mendengarkan musik sambil memainkan alat musik. Ketika mendengarkan musik anda dapat melakukan memainkan musik dan anda dapat juga melakukan aransemen lagu.

Demikian informasi mengenai manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan otak. Mendengarkan musik selain sebagai ajang hiburan juga sebagai terapi kesehatan berbagai manfaat dari mendengarkan musik, makanya tidak sedikit orang yang suka mendengarkan lagu-lagu ini.

Open chat
1
Ingin konsultasi lebih dekat?
halo, ada yang bisa kami bantu?