Seberapa Sering dan Kapan Anda Harus Ke Audiolog?

Hearing Center Jakarta adalah salah satu klinik pendengaran terbaik di Jakarta. Selain menyediakan layanan konsultasi dengan audiolog terbaik, Hearing Center Jakarta juga bisa anda jadikan sebagai tempat pemeriksaan gangguan pendengaran. Jika anda berencana untuk menggunakan alat bantu dengar, disini anda juga bisa mendapatkan ABD dengan kualitas terbaik sekaligus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anda. Melakukan pengecekan kesehatan telinga secara berkala adalah hal yang harus dan wajib dilakukan. Pasalnya, gangguan pendengaran seringkali datang secara perlahan sehingga penderita tidak mengetahuinya padahal gangguan terus mengalami perkembangan. Untuk mencegah gangguan pendengaran datang dan berkembang begitu saja, maka anda harus melakukan pemeriksaan ke dokter agar kesehatan dapat terkontrol. Yuk, simak ulasan berikut untuk mengetahui kapan anda harus ke audiolog!

Kapan Anda Harus Mengunjungi Spesialis Pendengaran

Sama halnya seperti kita melakukan periksa gigi ataupun mata yang harus dilakukan secara berkala. Untuk gigi, kita dianjurkan melakukan pemeriksaan ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Sedangkan untuk melakukan pemeriksaan mata biasanya dianjurkan setiap satu tahun ataupun setiap dua tahun sekali. Lalu bagaimana untuk telinga? Lakukanlah pemeriksaan secara rutin seperti pemeriksaan gigi atau mata dengan masa minimal satu kali dalam satu tahun.

Berkunjunglah ke klinik pendengaran Jakarta untuk mendapatkan pemeriksaan pendengaran. Disana anda akan bertemu dengan ahli pendengaran beserta peralatan canggih untuk melakukan pemeriksaan pendengaran anda. Jika telah melakukan pemeriksaan dan tes pendengaran serta kemudian dilakukan identifikasi dan ternyata anda memiliki gangguan pendengaran maka para ahli ini bisa memberikan berbagai penawaran. Adapun penawaran yang biasa diberikan adalah tindakan serta perawatan untuk pendengaran anda agar menjadi lebih baik.

Mengapa Harus Mengunjungi Audiolog?

Selain untuk menjaga kesehatan telinga, mengunjungi audiolog memang sangat perlu untuk dilakukan. Berikut ini adalah beberapa alasan anda harus mengunjungi audiolog terutama di hearing center Jakarta:

Baca Juga :  Perlindungan Pendengaran Musisi: Mencegah Gangguan Pendengaran

a.       Adanya Kotoran yang Berlebihan

Kotoran telinga yang merupakan hasil produksi dari telinga kita sendiri ini memang memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaatnya adalah bisa membersihkan sendiri, dapat melindungi telinga dari benda asing serta bisa melembabkan saluran yang ada di telinga. Namun, kotoran telinga ini seringkali di produksi dengan jumlah yang berlebihan. Adanya penumpukan pada saluran telinga yang disebabkan oleh kotoran telinga ini bisa menyumbat saluran telinga. Akibatnya, pendengaran juga bisa terganggu. Anda mungkin sering melakukan pembersihan kotoran telinga sendiri menggunakan cotton buds bukan? Padahal, menurut berbagai penelitian hal ini berdampak tidak baik bagi telinga. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan cotton bud bisa membuat kotoran justru semakin masuk ke dalam saluran.

Apabila anda merasa kesulitan untuk mengeluarkan kotoran telinga yang berlebihan ini, maka anda bisa meminta bantuan pada audiolog. Audiolog pasti bisa membantu anda untuk mengeluarkan kotoran tanpa merusak telinga bagian dalam anda sedikitpun. Jika anda ingin mengeluarkan kotoran telinga anda sendiri, lakukanlah beberapa cara yang lain dan jangan pernah menggunakan cotton bud. Gunakanlah bantuan minyak zaitun atau cara alami lainnya.

Baca Juga: 11 Tips Kesehatan Telinga

b.      Tinnitus

Pernahkah anda mengalami tinnitus? Tinnitus adalah sebuah kondisi dimana anda secara tiba-tiba mendengar dering atau dengungan di telinga anda. Bentuk kebisingan atau suaranya bermacam-macam mulai dari dengungan, dering, siulah hingga decitan. Sebenarnya tinnitus ini adalah sebuah gejala dari adanya sebuah gangguan pendengaran yang sedang anda alami. Apabila anda beberapa kali merasakan gejala tersebut, segeralah untuk mengunjungi Klinik Pendengaran Jakarta. Audiolog akan membantu anda untuk melakukan identifikasi gangguan pendengaran yang sedang anda alami.

Baca Juga :  Pemeriksaan Audiometri

c.       Gangguan Pendengaran

Beberapa gangguan pendengaran dapat anda rasakan secara bertahap karena perkembangannya yang cukup lambat. Namun, ada pula gangguan pendengaran yang bisa anda rasakan secara tiba-tiba. Untuk gangguan pendengaran yang terjadi secara tiba-tiba biasanya disebabkan oleh adanya suara keras, trauma dan berbagai hal serupa lainnya. Sedangkan untuk gangguan pendengaran yang terjadi secara bertahap biasanya seperti anda yang merasa kesulitan untuk mendengarkan suara bernada tinggi. Selain itu, ketika anda sedang berada di keramaian anda kesulitan untuk mendengarkan suara dari lawan bicara anda. Contoh lainnya adalah ketika anda menonton televisi dan anda berulang kali menaikkan volume beberapa tingkat di atas volume yang sebelumnya.

Jika anda sudah merasakan beberapa gejala di atas, segeralah untuk mengunjungi kami di Klinik Pendengaran Jakarta. Kami akan membantu anda untuk melakukan tes pendengaran, melakukan pemeriksaan serta mengidentifikasi jenis gangguan pendengaran serta penyebabnya. Kemudian kami akan melakukan tindakan serta perawatan untuk anda. Kami juga akan menyediakan konsultasi alat bantu dengar sehingga anda bisa memiliki alat bantu dengar yang sesuai dengan gaya hidup serta kebutuhan anda.

Itulah informasi yang bisa kami berikan seputar kapan waktu yang tepat untuk anda mengunjungi audiolog. Jangan begitu abai dengan kesehatan telinga anda karena pendengaran merupakan salah satu indera yang memiliki peranan cukup penting. Coba bayangkan jika pendengaran anda bermasalah bahkan hingga kehilangan pendengaran. Maka anda pasti akan merasa depresi karena tidak bisa mengerti apa yang terjadi di lingkungan sekitar. Yuk, tunggu apa lagi? Periksakan pendengaranmu hanya di Klinik Pendengaran Jakarta!