Cara Mudah Merawat Alat Bantu Dengar

alat bantu dengar modern

Gangguan pada pendengaran saat ini sudah bukan menjadi masalah yang sangat fatal. Hal ini dikarenakan sudah banyaknya solusi yang dihadirkan di tengah masyarakat untuk membantu penderita gangguan pendengaran. Berbagai solusi yang ditawarkan mulai dari informasi perawatan dan pencegahan gangguan pendengaran, berbagai jenis terapi dan perawatan pendengaran hingga munculnya sebuah perangkat digital. Perangkat digital yang kami maksud adalah Alat Bantu Dengar. Alat bantu dengar ini merupakan sebuah perangkat yang memiliki fungsi untuk mempermudah penderita gangguan pendengaran agar bisa mendengarkan dengan lebih jelas. Bukan sekedar alat, ABD ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda karena jenisnya yang cukup beragam. Untuk memilikinya anda perlu mengunjungi audiolog untuk melakukan tes pendengaran dan mengetahui tingkat pendengaran anda. Selanjutnya barulah akan dibuatkan sebuah ABD yang cocok untuk anda serta anda juga akan dibantu melakukan pemasangan.

Salah satu tempat yang bisa anda kunjungi untuk mendapatkan ABD ini adalah di Klinik Pendengaran Depok. Selain memiliki berbagai jenis perawatan serta audiolog yang handal, disini juga tersedia alat bantu dengar dengan kualitas yang sangat baik. ABD merupakan alat yang sangat penting. Untuk itulah maka tidak heran bahwa keberadaannya harus dirawat sedemikian rupa agar bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama. Nah, berikut ini kami sajikan informasi terkait dengan cara merawat alat bantu dengar. Yuk, simak ulasan berikut bersama Hearing Center Depok!

Lakukan Pemeriksaan dengan Mendengaran Setiap Hari

Melakukan pemeriksaan pada pendengaran merupakan bagian yang sangat penting untuk anda lakukan setiap hari. Anda bisa menggunakan tabung pendengar anda setiap pagi dan perikaslah kinerja dari alat bantu dengar yang anda miliki. Secara normal, ABD anda harus bisa terdengar dengan sangat jelas serta tidak terdengar lemah ataupun terdistorsi. Anda juga harus memastikan bahwa tabung pendengaran anda terpasang dengan benar ke ABD anda. Hal ini untuk meminimalisir atau mencegah umpan balik dari perangkat.

Baca Juga :  Ternyata Begini Cara Memperbaiki Alat Bantu Dengar yang Rusak

Periksalah Alat Bantu Dengar Anda!

Hal yang tidak boleh anda lupakan adalah memeriksakan kondisi fisik dari alat bantu dengar anda sebelum melakukan pemasangan. Periksalah tabung serta earmold ataupun pada bagian fleksibel lainnya dari alat bantu dengar. Fungsi dari melakukan pemeriksaan ini adalah untuk melihat adanya kerusakan atau tidak pada ABD anda. Apabila ABD anda terdapat retakan maka bisa menyebabkan adanya suara yang bocor dari ABD dan menghambat kinerjanya.

Lakukan Pemeriksaan Rutin Pada Baterai Anda

Jika dua pemeriksaan di atas sudah anda lakukan maka jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan pada baterai anda. Baterai pada ABD ini biasanya hanya bisa bertahan pada satu hingga dua minggu sebelum perlu diganti. Anda bisa memeriksa baterai anda dengan penguji baterai agar bisa memastikan alat bantu dengar bekerja dengan kekuatan optimal atau tidak. Apabila tidak diisi anda bisa mengganti dan membuang baterai yang lama. Maka dari itu anda juga perlu untuk menyimpan satu set baterai cadangan sepanjang hari untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu baterai anda mati. Anda harus menyimpan baterai anda pada tempat yang sejuk serta kering dan membuang baterai lama anda dengan benar.

Bersihkan Alat Bantu Dengar Dengan Rutin

Seperti halnya ketika anda memiliki suatu alat elektronik, ABD juga perlu anda bersihkan secara teratur. Dengan melakukan pembersihan secara rutin dan benar maka ABD bisa berfungsi secara tepat dan kinerjanya menjadi lebih optimal. Untuk membersihkan perangkat ini anda bisa memanfaatkan kain kering yang lembut, carilah kotoran di seluruh perangkat. Anda bisa melepas earmold serta membersihkan dengan larutan sabun lembut. Namun, anda juga tetap bisa membersihkannya dengan cairan yang lain dan pastikan selalu mengeringkannya dengan hati-hati. Jika anda memiliki penghisap udara atau peniup maka anda bisa memanfaatkannya karena ia dapat mengeluarkan sia air pada earmolds anda. Jangan pernah sekali-kali anda menggunakan pengering rambut atau alat pemanas lainnya karena dapat merusak alat serta cetakan.

Baca Juga :  Berbagai Penyebab Telinga Sakit

Pastikan ABD Anda Tetap Kering

ABD akan berfungsi dengan lancar jika berada pada kondisi kering. Untuk itu, anda perlu memastikan dan menjaga agar ABD anda selalu berada pada kondisi yang sekering mungkin. Gunakanlah wadah pengering ABD agar kelembabannya terjaga dan tidak menumpuk pada ABD anda. Hal ini bisa membantu agar ABD anda selalu berada pada kondisi yang baik dan bisa berfungsi dalam waktu yang lama. Anda juga harus selalu memastikan untuk melepas baterai dari ABD anda sebelum memasukkannya ke dalam pengering ABD.

Terjadi Umpan Balik? Yuk, Hearing Center Depok Aja!

Adanya umpan balik biasanya disebabkan oleh mikrofon ABD yang menangkap gelombang suara yang telah diperkuat. Umpan balik ini bisa terjadi kapan saja ketika earmold tidak terpasang dengan benar di telinga anda. Selain itu earmold atau tabung bisa rusak dalam beberapa hal. Apabila anda seringkali mendapatkan kondisi seperti ini, segeralah mengunjungi kami di Hearing Center Depok. Kami akan melakukan diagnosa mengenai apa yang terjadi pada perangkat anda. Jika memungkinkan kami juga akan membantu untuk memperbaikinya. Kami juga memiliki audiolog yang bisa membantu anda untuk melakukan tes pendengaran yang anda butuhkan.