4 Cara Menjaga Kualitas Pendengaran Anda|Alat Bantu Dengar

Alat Bantu Dengar

Organ pendengaran merupakan organ yang sangat penting untuk diperhatikan. Selain sebagai alat pendengaran, organ pendengaran ini juga sangat penting untuk memberikan kualitas hidup yang baik bagi anda. Ketika anda memiliki kualitas pendengaran yang tidak normal, maka bisa jadi anda akan memiliki kualitas hidup yang menurun pula. Mengapa demikian? Hal ini lebih disebabkan karena seseorang yang memiliki pendengaran tidak normal akan kesulitan mendengarkan suara di lingkungan hingga merasa dikucilkan dalam kehidupan bersosial. Gangguan pendengaran bisa terjadi sekaligus bisa pula secara perlahan. Namun, untuk kasus pendengaran biasanya memang terjadi secara perlahan sehingga orang tidak akan menyadari bahwa gangguan pendengaran tersebut sedang terjadi pada dirinya. Hal ini menyebabkan keterlambatan penanganan sehingga menjadikan gangguan berada pada taraf yang lebih parah. Jika sudah begini, alternatif yang paling tepat adalah dengan menggunakan Alat Bantu Dengar. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga pendengaran anda. Simak ulasannya bersama Hearing Center Tangerang!

Cek Kesehatan Pendengaran Anda Secara Teratur

Apabila pendengaran tidak dilakukan pengecekan secara teratur maka bisa menyebabkan gangguan pendengaran yang sudah ada akan semakin berkembang karena tidak segera dilakukan tindakan atau terlewat. Hal ini akan berbeda jika anda memilih untuk melakukan pengecekan pendengaran secara teratur. Ketika terdapat gangguan pada pendengaran maka akan lebih mudah untuk terdeteksi sehingga tindakan akan segera bisa dilakukan. Dengan begini maka tidak akan terjadi keterlambatan tindakan pada gangguan pendengaran yang anda alami. Anda bisa melakukan cek kesehatan pendengaran di berbagai klinik pendengaran dengan dokter THT yang handal dan terpercaya. Salah satu Klinik Pendengaran Tangerang yang terbaik adalah Hearing Center Tangerang. Anda akan melewati berbagai tes pendengaran telinga dan akan direkomedasikan berbagai tindakan dan perawatan yang bisa anda gunakan.

Baca Juga :  Perlindungan Pendengaran Musisi: Mencegah Gangguan Pendengaran

Dengarkan Musik dengan Volume yang Wajar

Musik adalah salah satu bentuk hiburan yang hingga saat ini masih sangat populer. Jika dahulu orang mendengarkan musik dengan menggunakan speaker, kini music bisa kita dengarkan hanya menggunakan seluler atau ponsel pintar. Maraknya orang yang gemar mendengarkan music ini bisa menjadikan gangguan pendengaran menjadi epidemic. Kebiasaan mendengarkan dengan menggunakan earphone atau headphone sebenarnya adalah kebiasaan yang sangat buruk jika dilakukan setiap hari. Namun, untuk hal ini anda tidak perlu cemas karena anda tetap bisa mendengarkan music dan lagu favorit anda. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan pendengaran anda. Ketika anda mendengarkan music menggunakan earphone ataupun headphone gunakanlah dengan volume yang wajar. Selain itu, berilah batasan waktu mendengarkan melalui earphone atau headphone.

Gunakanlah aturan 60/60 pada hal ini yaitu menggunakan dalam waktu 60 menit dengan volume maksimum 60%. Mengapa demikian? Karena sudah banyak peneliti yang melakukan penelitian jika anda menggunakan lebih dari 60 menit dengan volume lebih dari 60% maka akan menyebabkan anda semakin rentan mengalami gangguan pendengaran. Adapun tips lainnya untuk hal ini adalah gunakanlah headphone peredam bising over-ear untuk menggantikan earbud anda.

Gunakanlah Pelindung Pendengaran Saat Diperlukan

Apakah anda adalah salah satu orang yang sering berurusan dengan listrik dan pekerjaan berat lainnya? Jika anda sering terpapar dengan suara peralatan listrik yang keras, atau bekerja dengan gergaji mesin, maka anda perlu untuk menggunakan pelindung pendengaran. Hal ini menjadi sangat penting sebagai APD bekerja. Selain di lokasi kerja, anda juga perlu menggunakan alat pelindung pendengaran jika sering berada di tempat yang memiliki suara keras. Contohnya adalah di klub, konser, saat bermain drum ataupun ketik anda sedang memotong rumput menggunakan mesin rumput. Dengan menggunakan pelindung pendengaran ini maka telinga anda akan terlindungi ketika memutar music serta pergi ke tempat konser. Tenang saja karena penyumbat telinga ini tidak akan membatasi kualitas pendengaran anda. Dengan adanya alat tersebut maka anda bisa meminimalisir serta mencegah frekuensi yang berbahaya bagi pendengaran anda. Menggunakan penyumbat telinga ini bisa membantu anda melindungi telinga serta memungkinkan anda untuk menikmati music yang anda sukai.

Baca Juga :  Pengertian Tuna Rungu: Tuna Rungu dan Tuli Ternyata Berbeda

Segeralah Berkunjung ke Hearing Center

Tips berikutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan mengunjungi klinik pendengaran atau Hearing Center Tangerang. Beberapa tips di atas adalah hal yang bisa anda lakukan untuk melindungi pendengaran anda. Dan tips berikutnya untuk melindungi pendengaran ialah mengunjungi klinik pendengaran untuk melakukan tes pendengaran, pemeriksaan serta tindakan dan perawatan. Anda juga bisa menemukan Alat Bantu Dengar di Hearing Center Tangerang. Salah satu klinik pendengaran terbaik di Tangerang ialah di Hearing Center Tangerang. Bagi anda yang membutuhkan perawatan serta konsultasi terkait pendengaran jangan lupa untuk mengunjungi kami.

Itulah berbagai ulasan mengenai tips cara menjaga kualitas pendengaran yang bisa anda lakukan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan pendengaran karena organ pendengaran merupakan hal yang cukup penting dan menjadi salah satu faktor penentu kualitas hidup. Dengan kualitas pendengaran yang baik maka anda bisa memiliki kualitas hidup yang baik pula tanpa adanya perasaan depresi. Menjaga kesehatan pendengaran sangat penting agar anda terhindar dari gangguan pendengaran. Orang-orang yang memiliki gangguan pendengaran biasanya akan mengalami depresi karena merasa tidak diterima oleh lingkungan sekitar. Jika gangguan pendengaran sudah terjadi, mau tidak mau anda harus menggunakan alat bantu dengar untuk membantu pendengaran anda. Alat bantu dengar adalah perangkat digital yang membantu anda untuk bisa memiliki pendengaran yang baik. Perangkat alat bantu dengar ini terdiri dari berbagai jenis yang bisa menyesuaikan kebutuhan anda. Yuk, lakukan pembelian Alat Bantu Dengar hanya di Hearing Center Tangerang!