Apakah Alat Bantu Dengar Tepat Untuk Anda?

alat bantu dengar

Gangguan pendengaran merupakan salah satu penyakit serta masalah yang sangat sering terjadi di dunia. Pada tahun 2001 hingga 2008 di negara Amerika Serikat dilakukan penelitian mengenai gangguan pendengaran dan diketahui bahwa terdapat 48,1 juta orang mengalami gangguan pendengaran baik bilateral maupun unilateral. Untuk mengatasi hal ini, orang Amerika yang menderita gangguan pendengaran ini menggunakan amplifer pendengaran, in-ear, alat bantu dengar serta berbagai jenis alat bantu dengar lainnya. Hal ini tentunya memiliki peran untuk membantu penderita mendengarkan suara di lingkungannya.

Hearing Center Depok adalah salah satu klinik pendengaran yang ada di Depok dan tentunya bisa membantu anda yang memiliki permasalahan telinga. Kami memahami bahwa adanya gangguan pendengaran bisa membuat kualitas hidup anda semakin menurun. Sehingga, kami menyediakan layanan konsultasi, perawatan, tindakan hingga menyediakan alat bantu dengar yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Pemasangan awal untuk alat bantu dengar tentu akan kami bantu sehingga anda mengerti bagaimana pemasangannya. Tunggu apa lagi? Memiliki masalah pendengaran? Hearing Center Depok saja! Yuk, simak artikel berikut untuk mengetahui apakah alat bantu dengar yang cocok untuk anda!

Apa Itu Alat Bantu Dengar Digital?

Terdapat berbagai macam alat bantu dengar, namun alat bantu dengar digital adalah jenis alat bantu dengar yang selalu dicari. Alat bantu dengar digital ini sangat mirip dengan abd analog. Hampir sama pasti memiliki perbedaan bukan? Adapun perbedaannya ialah terletak pada komponen amplifier. Jika biasanya abd jenis analog dirancang untuk meningkatkan volume yang berfrekuensi mulai dari 2.000 hingga 8.000 Hz, sedangkan abd digital tentu jauh lebih kompleks.

ABD Digital ini sebenarnya ialah sebuah computer kecil yang kuat untuk mengubah gelombang suara menjadi kode digital. Kode yang sudah terbentuk kemudian dianalisis sebelum suara dikirim ke telinga pengguna. ABD jenis ini memang sangat canggih sehingga akan sangat efisien sehingga bisa menghilangkan kebisingan latar belakang serta meminimalisir umpan baik dan tetap fokus pada suara serta kebisingan yang perlu anda dengar. Tentu bukan suatu hal yang mengherankan jika perangkat ini disebut sebagai ABD dengan suara yang paling jernih serta bisa beroperasi dengan sangat efisien di berbagai lingkungan pendengaran.

Baca Juga :  Gangguan Pendengaran Pada Anak

Komponen Alat Bantu Dengar

  1. Mikrofon: Memiliki fungsi untuk mengambil suara
  2. Amplifier: Berfungsi untuk membuat suara menjadi lebih jelas
  3. A Receiver atau Speaker: Berfungsi untuk menciptakan suara yang anda dengar
  4. Baterai: Memiliki fungsi sebagai daya alat bantu dengar anda.

Apakah Alat Bantu Dengar Digital Tepat Untuk Anda?

Pernahkah anda bertanya-tanya jenis alat bantu dengar seperti apa yang cocok untuk anda, lalu anda mencari informasinya melalui internet? Untuk mendapatkan informasi akurat tentang jenis ABD yang cocok untuk anda, terdapat beberapa hal yang harus anda lakukan. Mengingat organ telinga manusia yang sangat kompleks sehingga harus dilakukan berbagai pemeriksaan terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengetahui ketepatan jenis ABD anda:

1.      Temui Dokter Umum Anda

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menemui dokter umum anda. Berbagai jenis gangguan pendengaran tidak selalu memiliki solusi dengan menggunakan ABD. Beberapa gangguan pendengaran bisa diselesaikan dengan berbagai perawatan tertentu tanpa menggunakan ABD. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk anda terlebihh dahulu dan membantu menyingkirkan masalah pendengaran yang dapat dicegah. Beberapa contohnya ialah adanya penumpukan kotoran telinga serta infeksi telinga. Apabila mereka tidak bisa melakukan analisis dan mendiagnosa masalah yang anda, maka anda akan merujuk anda untuk menjuku ke audiolog atau ahlinya untuk melakukan tes lanjutan.

2.      Gunakan Rujukan Audiolog yang Terkemuka

Setelah dokter umum merujuk anda untuk menuju ke audilog, anda tentu tidak perlu bingung lagi. Segeralah melakukan janji temu di Hearing Center Depok. Klinik pendengaran Depok yang satu ini merupakan tempat audiolog terbaik dan terkemuka di Depok. Sehingga anda tidak perlu lagi mencari audiolog lain yang belum tentu terpercaya dan berpengalaman.

Baca Juga :  Operasi Telinga, Solusi atau Masalah?

3.      Tanyakan Tentang Masa Percobaan

Apabila anda sudah mengunjungi audiolog, maka menjadi sangat penting bagi anda untuk menanyakan adanya masa percobaan abd yang tersedia. Jika mereka percaya bahwa alat bantu dengar digital tepat untuk Anda, mereka dapat merujuk Anda ke merek terkemuka yang memiliki, atau mungkin tidak memiliki masa percobaan.

4.      Rencanakan Pengeluaran

ABD adalah perangkat yang sangat membantu bagi pemilik gangguan pendengaran. Jika anda memang merasa membutuhkan perangkat ini, siapkanlah uang yang tentu tidak sedikit. Ya, rata-rata perangkat ini memiliki harga yang cukup bervariasi dan tidak sedikit yang berharga tinggi. Sehingga anda perlu menyiapkan dan merencakan pengeluaran untuk pembelian perangkat ini.

5.      Segeralah Reservasi dan Melakukan Janji Temu Sekarang!

Apabila anda masih memiliki pertanyaan tentang ketepatan ABD untuk anda, maka segeralah melakukan konsultasi dengan audiolog terbaik di Hearing Center Depok. Tunggu apa lagi? Segera dapatkan pendengaran dan kualitas hidup yang lebih baik di Hearing Center Depok!

Itulah ulasan tentang apakah alat bantu dengar tepat dan cocok untuk anda. Yuk, simak artikel kami yang lain hanya di AQM-Hearing Center!