4 Tanda Anak Anda Membutuhkan THT Pediatrik

tht pediatrik

Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga tetap membutuhkan perawatan dan perhatian yang baik tentang kesehatannya. Organ-organ penting seperti telinga juga bisa mengalami masalah meski pada usia anak-anak. Satu-satunya yang bisa memberikan rekomendasi dan tindakan apa yang baik dilakukan oleh si anak adalah dokter THT atau Telinga, Hidung dan Tenggorokan. Apabila anda adalah orangtua, pasti anda akan kesulitan untuk menemukan tanda-tanda bahwa anak anda membutuhkan THT Pediatrik. Hal ini dikarenakan tidak semua anak akan mengungkapkan bagaimana dan apa yang dirasakannya. Berikut ini adalah beberapa tanda yang bisa anda pelajari sehingga tidak terlambat membawa anak anda ke dokter THT. Simak ulasan berikut bersama Hearing Center Jakarta!

Apa Itu THT Pediatrik?

Hingga saat ini banyak sekali istilah medis dan kedokteran yang masih sangat jarang diketahui. Arti dari istilah-istilah tersebut sebenarnya sangat simple, hanya saja sebagai orang awam akan sangat kesulitan memahaminya. Namun, untuk era sekarang pengertian istilah tidak lagi menjadi masalah karena sudah maraknya informasi yang tersebar. Kita hanya perlu melakukan pencarian melalui ponsel pintar anda. Lalu, anda akan menemukan segala informasi yang sedang anda cari. Pun anda juga bisa menemukan informasi terkait THT Pediatrik. Pengertian dari THT Pediatrik sendiri adalah cabang ilmu kesehatan pada anak dengan spesialisasi dari dokter bagian THT atau Telinga, Hidung dan Tenggorokan. Sehingga mereka yang berprofesi sebagai dokter anak spesialis THT seringkali disebut sebagai THT Pediatrik.

Seringkali Mengalami Infeksi dan Penyumbatan Telinga

Tanda pertama bahwa anak anda membutuhkan THT Pediatrik adalah dengan adanya infeksi ataupun penyumbatan telinga yang sering terjadi pada anak anda. Hal ini bisa disebabkan oleh adanya kelebihan cairan yang masuk ke telinga ataupun akibat infeksi bakteri. Seringkali yang terjadi adalah adanya otitis media dan hal ini tentu bisa diatasi oleh dokter THT. Adapun gejala dari otitis media pada anak ialah seperti seringkali menangis, mudah marah, kesulitan untuk tidur, demam serta mengalami drainase cairan di telinga berulangkali.

Baca Juga :  5 Tips Untuk Tes Pendengaran

Tubuh anak-anak memiliki organ yang terus berkembang termasuk telinga bagian dalam serta bagian tengah. Sehingga bagian-bagian tubuh tersebut masih sangat rentan terhadap adanya penyumbatan, pembengkakan serta terperangkapnya cairan. Penyebabnya cukup beragam yaitu seperti adanya alergi, pilek berulang, flu, infeksi sinus serta pembesaran amandel. Masalah-masalah tersebut bisa diatasi oleh dokter THT salah satunya di Hearing Center Jakarta.

Infeksi Sinus Biasa

Selanjutnya, tanda ketika ialah ketika terjadi infeksi sinus biasa pada anak anda. Peradangan yang terjadi pada sinusi ini dikenal sebagai istilah sinusitis. Sinusitis ini merupakan masalah yang sangat umum terjadi pada anak-anak. Kondisi ini seringkali dikatakan sebagai hidung meler. Penyebab dari keluarnya lendir dan ingus ini tidak lain karena adanya bakteri yang meradang. Infeksi yang terjadi pada sinus ternyata juga bisa menyebabkan adanya masalah pada organ lain seperti telinga dan hidung. Anak anda bisa saja terkena sinusitis dengan gejala seperti adanya sakit pada kepala, tekanan yang terjadi di sekitar hidung serta mata dan ketika menangis selalu disertai dengan pilek. Jika gejala tersebut sudah muncul, jangan pernah anda menunda keberangkatan menuju ke dokter spesialis THT anak. Segeralah mengunjungi Hearing Center Jakarta untuk mendapatkan konsultasi, perawatan dan tindakan.

Sleep Apnea serta Amandel Kronis

Anak kecil sangat identik dengan penyakit amandel. Ya, operasi amandel ialah prosedur serta tindakan medis yang sangat umum terjadi. Adanya amandel yang terus membesar ini bisa menyebabkan adanya sleep apnea karena jalan napas anak ketika tidur terhalangi. Tanda-tanda dari adanya sleep apnea ini ialah ketika anak mendengkur dengan suara yang cukup keras serta terbangun di tengah malam serta terengah-engah dan menangis. Selain itu, tanda lainnya ialah ketika anak mengalami sakit tenggorokan ataupun amandel yang lebih dari lima kali dalam kurun waktu satu tahun. Dengan melakukan operasi amandel maka bisa meminimalisir adanya infeksi serta peradangan.

Baca Juga :  Service Alat Bantu Dengar Tangerang

Memiliki Masalah Pada Pendengaran serta Keterlambatan Bicara

Penyakit telinga seperti otitis media serta berbagai masalah kesehatan telinga bagian dalam yang lain tentu bisa menyebabkan masalah hingga penyakit. Dengan mengunjungi dokter telinga, hidung dan tenggorokan maka anak anda bisa mendapatkan pemeriksaan visual telinga bagian luar dan bagian tengah serta audiogram. Hal ini dapat membantu tidak hanya dalam penguraian kondisi pendengaran anak anda tetapi juga potensi kesulitannta dan penyebab dari gangguan pendengaran tersebut. Jika gangguan pendengaran yang terjadi merupakan gangguan pendengaran dengan jangka yang pendek, maka biasanya dokter atau klinik pendengaran Jakarta akan memberikan berbagai jenis perawatan.

Itulah empat tanda yang akan dialami oleh anak anda jika anak anda membutuhkan THT Pediatrik. Apabila salah satu dari empat tanda diatas telah dilami dan dirasakan oleh anak anda, maka segeralah untuk mengunjungi Hearing Center Jakarta agar mendapatkan THT Pediatrik dengan dokter terpercaya. Dokter telinga, hidung dan tenggorokan yang ada di Hearing Center Jakarta sudah terbukti keahliannya dan sudah sangat berpengalaman. Dengan mengunjungi dokter THT maka anak anda akan segera mendapatkan perawatan terbaik serta dokter bisa melakukan analisa penyebab gangguan telinga.