Perlindungan Pendengaran Musisi: Mencegah Gangguan Pendengaran

gangguan pendengaran

Kegiatan mendengar adalah suatu hal yang sangat penting untuk kehidupan manusia. Dengan adanya proses mendengar inilah kita bisa terhubung dengan dunia di sekitar kita sehingga kita bisa berkomunikasi dengan orang sekitar. Fungsi pendengaran seperti di atas adalah fungsi pendengaran secara umum yang diperlukan oleh setiap individu. Tentu akan berbeda fungsinya dengan para musisi. Bagi para musisi, pendengaran merupakan investasi diri yang sangat penting karena menyangkut dengan mata pencaharian. Sehingga mereka akan sangat melindungi dan menjaga pendengarannya agar tidak terkena gangguan pendengaran.

Berikut ini kami sajikan ulasan tentang bagaimana proses pendengaran, bagaimana suara keras bisa menyebabkan gangguan pendengaran serta bagaimana musisi dapat melindungi asset yang paling berharga bagi mereka. Yuk, simak ulasan berikut bersama Hearing Center Depok!

Bagaimana Proses Pendengaran Manusia?

Proses pendengaran selalu sama dan terjadi pada setiap manusia. Adapun prosesnya dimulai dari adanya rambut-rambut kecil di dalam telinga yang bernama stereosilia. Ketika terdapat sebuah suara dari luar, maka gelombang suara akan melewati telinga dan akan diubah menjadi energi listrik oleh stereosilia. Selanjutnya, energi listrik akan berjalan melalui saraf pendengaran ke otak untuk ditafsirkan sebagai sebuah suara. Apabila suara sudah terdengar dan sampai ke otak, maka proses pendengaran sudah dikatakan selesai. Bagaimana? Anda sudah lebih paham tentang prosesnya bukan?

Seberapa Keras Suara Yang Biasanya Timbul di Lingkungan Sekitar?

Manusia memang diberikan anugerah untuk bisa mendengarkan suara dengan baik. Adanya pendengaran ini membuat kita menjadi lebih mudah untuk berkomunikasi satu sama lain. Lalu, apakah ada batasan maksimal berapa tingkatan suara yang bisa kita dengar? Apa yang terjadi jika telinga mendengarkan suara yang sangat keras? Ternyata ketika telinga mendengarkan suara yang keras bisa berbahaya bahkan merusak serta menghancurkan stereosilia dan mengakibatkan gangguan pendengaran. Salah satu gangguan pendengaran yang bisa terjadi adalah gangguan pendengaran sensorineural permanen. Adapun suara yang bisa menyebabkan kerusakan pada sterosilia dengan ekspor yang cukup adalah suara yang memiliki tingkat di atas 85 dB. Berikut adalah beberapa suara sehari-hari yang umum dan tingkat desibelnya sebagai referensi untuk anda:

  1. Berbisik: 30 dB
  2. Kulkas: 40 dB
  3. Pencuci Piring: 45-65 dB
  4. Percakapan: 65-80 dB
  5. Mesin Pemotong Rumput: 80-100 dB
  6. Bioskop: 70-104 dB
  7. Sepeda Motor: 80-110 dB
  8. Acara Olahraga: 94-110 dB
  9. Headphone: 96-110 dB
  10. Konser Rock: 95-115 dB
  11. Sirene: 110-129 dB
  12. Kembang Api: 140-160 dB
Baca Juga :  Sebenarnya, Pentingkah Menggunakan Alat Bantu Pendengaran?

Berdasarkan data tersebut kita bisa mengetahui bahwa mendengarkan music melalui headphone, menghadiri konser secara langsung, mendengarkan sirene dengan jarak yang sangat dekat serta kembang api berada di tingkat yang lebih dari normal. Sehingga beberapa kegiatan di atas bisa membuat telinga anda rusak secara permanen apabila tidak dilatih untuk mendengarkan dengan suara-suara yang aman.

Apa Yang Harus Diperhatikan Di Penyumbat Telinga Musisi?

Apabila anda adalah seorang musisi, maka akan sangat pentik untuk anda memakai pelindung pendengaran ketika sedang bermusik. Definisi bermusik disini adalah ketika anda bermain alat music atau mendengarkan musik. Hal ini pentik untuk menjaga kesehatan pendengaran anda. Banyak perusahaan alat pendengaran yang membuat sebuah alat bernama penyumbat telinga musisi. Alat ini dirancang secara khusus agar musisi bisa menikmati music dengan volume yang masih pada tingkat yang aman tanpa sedikitpun mengurangi atau mengorbankan kualitas suara. Berikut adalah beberapa daftar yang harus dicari dalam sepasang penyumbat telinga musisi:

Anda Harus Mengurangi Volume:

Hal pertama yang harus anda lakukan ialah menurunkan atau mengurangi volume. Jika anda memiliki alat pelindung pendengaran namun tidak mengurangi volume music keras dengan benar maka alat tersebut bisa dikatakan tidak berguna. Anda harus memastikan bahwa penyumbat telinga anda menurunkan volume ke tingkat yang lebih nyaman.

Jagalah Kualitas Musik Dengan Benar:

Apabila penyumbat telinga yang anda miliki mengubah music atau menurunkan kualitas suara, maka bisa dikatakan bahwa anda tidak menggunakan alat tersebut dengan benar. Anda harus memastikan bahwa anda tetap bisa menikmati music dengan kualitas yang baik meski menggunakan alat penyumbat telinga. Apabila tidak bisa menikmati musik dengan kualitas yang baik, ada kemungkinan anda mengalami gangguan pendengaran.

Baca Juga :  Dampak Polusi Suara Yang Buruk Terhadap Kesehatan

Kenyamanan Hal Yang Utama

Ketika anda menggunakan alat penyumbat telinga ini, maka anda harus benar-benar berada dalam kondisi yang nyaman. Untuk mendapatkan kenyamanan serta perlindungan telinga yang maksimal maka hanya ada satu solusinya. Anda bisa mengunjungi kami di Hearing Center Depok agar bisa disediakan alat penyumbat telinga yang khusu dibuatkan untuk anda sebagai seorang musisi.

Itulah informasi yang bisa kami berikan seputar perlindungan pendengaran untuk seorang musisi. Bagi anda yang membutuhkan alat ini untuk membantu anda sebagai seorang musisi, anda bisa menghubungi kami di Hearing Center Depok. Kami akan memberikan pelayanan serta produk terbaik kami agar anda bisa tetap bekerja sebagai seorang musisi tanpa mengurangi kualitas menerima dan menangkap music serta mencegah adanya gangguan pendengaran. Hearing Center Depok juga bisa mengatasi berbagai masalah atau gangguan pendengaran yang sedang anda atau keluarga anda alami. Yuk, langsung kunjungi pusat alat bantu dengar di AQM Hearing Center!