Pengertian Organ-Organ Telinga Bagian Luar, Tengah dan Dalam, Anda Wajib Tahu!

Pengertian organ-organ telinga bagian luar

Pengertian organ-organ telinga bagian luar, tengah dan dalam penting untuk Anda ketahui.  Organ-organ itu yang akan mempengaruhi fungsi pendengaran manusia. Jika organ tersebut ada yang berkurang fungsinya akan membuat pendengaran manusia juga terganggu bahkan tidak mampu berfungsi secara maksimal. Telinga sendiri merupakan organ yang memiliki fungsi menangkap dan juga mengubah bunyi energi mekanis menjadi energi elektris. Energi ini akan diteruskan ke bagian otak untuk disadari dan juga dimengerti.

Telinga memiliki reseptor khusus dimana fungsinya untuk mengenal getaran bunyi.  Bunyi yang bisa didengarkan manusia ini frekuensinya antara 20 Hz sampai dengan 20.000 Hz. Selain bisa mendengarkan bunyi fungsi dari telinga ini untuk menjaga keseimbangan. Saat keseimbangan seseorang terganggu bisa dipastikan bahwa telinga maupun bagian otak ada yang terganggu.

Pengertian Organ Telinga Menurut Bagiannya

Pengertian organ-organ telinga bagian luar, tengah dan dalam beserta fungsinya ini belum diketahui banyak orang, sehingga tidak jarang mereka mencari penanganan di saat kondisi kerusakan telinga sudah parah. Setiap bagian telinga ini memiliki pengertian dan fungsinya masing-masing. Simak pengertian dan fungsi masing-masing bagian telinga yang menarik untuk Anda ketahui berikut ini:

  1. Telinga Bagian Luar

Pengertian telinga bagian luar adalah bagian telinga paling luar yang mana bisa dilihat oleh mata manusia tanpa bantuan alat khusus. Pada bagian luar ini Anda akan menemukan daun telinga dan rongga telinga luar.

  • Fungsi dari daun telinga ini untuk membuat gelombang suara yang masuk ke bagian saluran telinga.
  • Rongga telinga akan dilapisi lilin untuk bisa mencegah air masuk. Selain itu juga mampu merekatkan kotoran, maupun hewan kecil yang masuk ke dalam telinga. Dengan lapisan lilin ini benda asing tidak bisa masuk ke dalam telinga.
  1. Telinga Bagian Tengah
Baca Juga :  Perlindungan Pendengaran Musisi: Mencegah Gangguan Pendengaran

Telinga tengah ini disebut sebagai middle ear. Letaknya berada di bagian tengah yang mana menjadi penghubung antara telinga luar dan telinga bagian dalam. Fungsi telinga tengah ini mengantarkan suara yang telah dikumpulkan oleh auricular. Suara itu kemudian diteruskan ke bagian telinga dalam.

Bagian telinga tengah ini memanjang dari rongga ke membran timpani atau gendang telinga. Ada juga jendela oval yang mana terdiri dari tulang pendengaran seperti malleus, incus dan terakhir ada tabung eustachius yang memiliki dinding rumit. Berikut ini adalah masing-masing fungsinya:

  • Gendang telinga merupakan selaput merentang. Gendang telinga ini sebagai batas antara telinga luar dengan telinga bagian dalam.
  • Tulang pendengaran yang mana memiliki fungsi menangkap getaran dari gendang telinga. Fungsinya adalah untuk meningkatkan amplitudo kemudian diteruskan ke bagian telinga dalam. Tulang pendengaran mencakup martil, tulang landasan dan juga tulang sanggurdi.
  • Tabung eustachius yang mana menjadi penghubung antara telinga tengah dengan rongga mulut. Fungsi dari tabung membuat tekanan udara luar dengan udara bagian tengah menjadi sama. Tekanan yang sama tidak akan merusak bagian gendang telinga.
  1. Telinga Dalam

Telinga ini disebut juga dengan rongga labirin. Fungsi telinga dalam adalah membantu keseimbangan kemudian menyalurkan suara menuju sistem saraf pusat yang ada di otak. Rongga terbentuk dari labirin osseus. Labirin itu sendiri terdiri dari rangkaian tulang temporal dan juga labirin membran berupa kantung dan saluran membran.

Telinga bagian dalam ini terdiri dari rumah siput atau koklea yang mana di dalam terdapat alat korti yang mana mengandung saraf pendengar. Saraf ini juga menjadi penghubung reseptor bunyi dengan bagian otak. Bagian selanjutnya ada saluran setengah lingkaran yang mana fungsinya sebagai alat untuk keseimbangan.

Baca Juga :  Ketahui Pentingnya Pemeriksaan Audiometri

Merawat Telinga yang Benar

Setelah Anda mengetahui pengertian organ-organ telinga bagian luar, tengah dan dalam ada baiknya jika Anda tahu bagaimana cara merawat telinga yang baik dan benar. Menjaga kebersihan dan keamanan telinga bisa menghindarkan Anda dari infeksi dan peradangan di dalam telinga.

Untuk merawat telinga Anda bisa memilin kasa steril yang bisa menarik cairan mengendap di telinga. Anda tidak boleh menggunakan logam atau kayu yang dilapisi dengan kapas atau kertas yang mudah hancur. Letakkan kasa pengering ke dalam liang telinga kemudian angkat jika sudah terasa basah, ulangi sampai benar-benar bersih.

Demikianlah pengertian organ-organ telinga bagian luar, tengah dan dalam yang menarik untuk Anda ketahui, jika Anda merasakan gangguan atau masalah pendengaran atau ingin mengecek kemampuan pendengaran Anda di AQM Hearing Center, klinik pendengaran satu ini menyediakan berbagai macam layanan lengkap berhubungan dengan gangguan pendengaran, disini juga menyediakan alat bantu dengar yang lengkap, hubungi kontak untuk info lebih lanjut.