Penting! Kenali Dulu Efek Samping Alat Bantu Dengar Sebelum Membelinya

efek samping alat bantu dengar

Gangguan pendengaran bisa terjadi pada siapa saja tanpa mengenal umur. Sebagian gangguan pendengaran bersifat sementara, namun ada juga yang sampai permanen. Pengobatannya pun beragam, mulai dari konsumsi obat, operasi, atau menggunakan alat bantu dengar. Dalam prakteknya, opsi nomor tiga menjadi pilihan yang paling favorit. Selain karena alasan biaya, risiko yang ditimbulkan pun lebih sedikit.

Meskipun begitu, tetap ada efek samping alat bantu dengar yang belum diketahui orang. Apa saja efek sampingnya, berikut kami paparkan penjelasannya:

Terasa Aneh di Awal Penggunaannya

Bagi pengguna awal alat bantu dengar, hal pertama yang dirasakan adalah perasaan aneh karena sesuatu yang mengganjal di telinga. Alat bantu dengar memang ditempatkan pada bagian telinga, bisa di luar dan bisa juga di dalam. Kalau ingin mendengar suara setiap saat, maka alat ini harus senantiasa digunakan. Dan, hal inilah yang mungkin membuat sebagian besar penggunanya merasa aneh saat pertama kali menggunakannya.

Apalagi bagi pengguna alat bantu dengar yang menggunakan kacamata. Salah satu alat bantu dengar dipasang di area daun telinga, sehingga bisa bertabrakan dengan gagang kacamata. Jika Anda menggunakan kacamata, tentu akan merasa kurang nyaman. Sebab, kacamata tidak akan terpasang dengan benar dan bisa mudah terlepas.

Solusinya, bagi pengguna kacamata sebaiknya memilih jenis ITE atau in the ear saja. Jenis ini dipasangkan pada bagian dalam telinga sehingga tidak mengganggu tempat gagang kacamata pada aun telinga Anda.

Diperhatikan Orang Lain

Efek samping alat bantu dengar lainnya adalah akan sering diperhatikan orang lain. Beberapa orang mungkin merasa penasaran dengan benda yang terus menerus di terpasang pada bagian telinga. Sehingga jangan heran jika banyak yang melontarkan pertanyaan seputar alat bantu dengar ini.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Memulihkan Pendengaran yang Melemah Paling Ampuh!

Sebenarnya, menjawab pertanyaan dari orang lain tidaklah merugikan. Bahkan, hal ini bisa memberikan informasi yang sangat bermanfaat. Bisa saja orang lain memiliki kenalan yang punya gangguan pendengaran, sehingga Anda bisa saling bertukar informasi mengenai alat yang satu ini.

Berbagi informasi kepada orang lain bisa membuat Anda merasa lebih berguna. Apalagi, alat ini memang punya fungsi yang sangat membantu, khususnya bagi penderita gangguan pendengaran.

Membentuk Kebiasaan Baru

Penggunaan alat bantu dengar juga akan membentuk kebiasaan baru di hidup Anda. sebelum menggunakan alat ini, setiap hari semuanya mungkin terasa lebih hening. Sehingga, di mana pun berada, semuanya tetap terasa sama. Lain halnya ketika sudah mengenal alat bantu dengar. Pengguna alat bantu dengar biasanya akan lebih bersemangat menjalani hidup dan lebih suka melakukan aktivitas di luar rumah.

Tak jarang, beberapa orang yang tadinya menganggur kini sudah bisa bekerja seperti orang normal. Selain bisa menjadi obat stress, kembali bekerja juga bisa memberikan penghasilan uang yang cukup lumayan. Dengan begitu, Anda pun tidak perlu lagi menjadi beban bagi orang lain.

Kebiasaan baru lainnya yang terbentuk adalah menggunakan alat setiap waktu. Baik di rumah atau pun di luar rumah, alat bantu dengar harus senantiasa terpasang. Namun, ada saat-saat tertentu di mana sebaiknya Anda harus melepas alat ini. Misalnya saat mandi, berenang, tidur dan sebagainya.

Kembali Berkomunikasi Kembali Secara Normal

Terakhir, Anda pun bisa kembali berkomunikasi secara normal dengan orang lain. komunikasi adalah hal yang sangat menyulitkan bagi orang yang mengalami gangguan pendengaran. Tak jarang sebagian dari mereka memilih untuk menyendiri sehingga merasa tersisihkan. Namun, dengan adanya alat bantu dengar, penggunanya bisa kembali berkomunikasi secara normal di tengah-tengah masyarakat. Jadi, Anda pun harus siap dan harus lebih semangat dalam menjalani kehidupan.

Baca Juga :  Konsultasi Gangguan Pendengaran Depok

Itulah beberapa efek samping alat bantu dengar yang sudah diketahui. Alat ini bisa dibeli di pusat kesehatan alat bantu dengar, baik online maupun offline. Salah satu toko terbaik yang kami rekomendasikan adalah AQM Hearing Center. Di sini, Anda dapat konsultasikan dulu kondisi telinga Anda untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya. Setelah mendapatkan saran, maka tinggal pilih jenis alat bantu dengar yang diinginkan. Ada banyak pilihan produk yang bervariasi, yang dijual mulai dari satu jutaan saja. Setiap produk sudah memiliki garansi resmi yang bisa diklaim hingga bertahun-tahun.