Kondisi Telinga yang Seperti Apa Yang Bisa Menggunakan Alat Bantu Dengar?

Kondisi Telinga yang Seperti Apa Yang Bisa Menggunakan Alat Bantu Dengar

Banyak yang belum tahu kondisi telinga yang seperti apa yang bisa menggunakan alat bantu dengar. Alat bantu dengar atau ABD ini bisa menjadi solusi agar pendengaran tidak bertambah semakin parah.  Tidak bisa dimungkiri bahwa pendengaran ini begitu penting untuk aktivitas sosial sehari-hari. Alat bantu dengar ini bisa membuat kemampuan mendengar semakin meningkat. Alat bantu dengar ini tidak bisa dibeli tanpa melakukan pengecekan lebih dahulu karena setiap orang ini memiliki gangguan pendengaran yang berbeda-beda. Jangan sampai alat bantu tersebut tidak memberikan efek yang maksimal terhadap pendengaran karena salah dalam memilih.

Kondisi Telinga yang Membutuhkan ABD

Banyak yang bertanya kondisi telinga yang seperti apa yang bisa menggunakan alat bantu dengar. Yang harus diketahui dan dipahami disini adalah tidak semua orang menyadari jika telinganya terganggu sehingga terlambat mendapatkan penanganan. Saat mencari bantuan dan penanganan kondisi telinga sudah mengalami kerusakan sedang sampai parah sehingga kemampuan mendengar benar-benar menurun bahkan hilang sama sekali.

Gangguan telinga ini menimbulkan beberapa gejala atau kondisi namun tidak semua peka dengan gejala tersebut. Berikut ini adalah beberapa kondisi telinga yang membutuhkan alat bantu dengar yang penting untuk diketahui:

  1. Tidak Mampu Mendengar Orang Berbicara Pelan

Salah satu kondisi telinga yang membutuhkan alat bantu dengar adalah tidak bisa mendengar orang yang bergumam dan berbicara terlalu pelan. Hal ini tidak hanya terjadi pada orang tua atau lansia saja namun bisa dialami siapa saja dengan berbagai usia. Jika Anda mulai mengalami gejala ini Anda harus segera mencari bantuan atau penanganan agar kondisi tidak semakin buruk.

  1. Sering Meminta Mengulang Percakapan atau Kata

Kondisi telinga seperti apa yang bisa menggunakan alat bantu dengar? Salah satunya telinga dengan kondisi yang tidak bisa menangkap suara dengan baik terutama dalam situasi bising. Saat bising memang kemampuan menangkap suara menjadi menurun namun jika hal ini terjadi terus menerus pada Anda sebaiknya harus segera mencari bantuan. Lakukan konsultasi dan cek kemampuan pendengaran untuk mengetahui apakah kondisi telinga masih normal atau sudah menurun.

  1. Suka Musik, Televisi dan Suara Lebih Keras
Baca Juga :  6 Penyebab Telinga Gatal dan Cara Mengatasinya

Telinga dengan kondisi seperti ini harus segera mendapatkan bantuan ahli agar tidak bertambah parah. Telinga yang hanya bisa mendengar dengan suara atau volume yang keras ini juga menjadi indikasi dari sebuah gangguan pada telinga.

  1. Kesulitan Memahami Telepon

Kesulitan memahami telepon menjadi indikasi telinga tersebut mengalami gangguan pendengaran. Jika sinyal dan speaker smartphone tidak sedang bermasalah namun kesulitan menangkap percakapan di dalam telepon bisa jadi Anda terkena gangguan pendengaran. Terlebih lagi jika Anda mengalaminya sering dan berulang-ulang.

  1. Sulit Menangkap Dialog di Film dan Teater

Gejala telinga yang membutuhkan alat bantu dengar selanjutnya adalah tidak mengerti dialog di sebuah film atau panggung teater secara langsung.  Hal ini bisa terjadi ketika telinga mengalami penurunan pendengaran. Tidak hanya itu saja orang yang kesulitan memahami isi pidato, ceramah atau pertemuan umum juga menjadi indikasi jika telinga sedang bermasalah.

  1. Pernah Mengalami Infeksi Telinga Berulang

Kondisi telinga yang membutuhkan alat bantu dengar adalah mereka yang pernah mengalami infeksi telinga berulang. Infeksi ini bisa menyebabkan kemampuan telinga menjadi menurun karena bakteri tersebut menyerang telinga berulang kali, terlebih lagi jika pengobatan infeksi ini tidak tuntas. Penggunaan antibiotik yang terlalu sering, minum antibiotik tidak sampai habis atau tidak sesuai aturan juga bisa menyebabkan gangguan pendengaran bisa terjadi sehingga membuat penderitanya membutuhkan alat bantu dengar.

  1. Perubahan Psikologis

Kondisi telinga yang seperti apa yang bisa menggunakan alat bantu dengar? Salah satunya adalah orang yang mengalami perubahan psikologis secara instan. Perubahan itu misalnya menjadi tidak sabar, mudah marah frustrasi atau menarik diri dibandingkan sebelumnya. Orang yang kesulitan memahami orang lain saat tidak bisa melihat wajahnya juga mengindikasikan ia terkena gangguan pendengaran.

Baca Juga :  Langkah-Langkah Pengobatan Tinnitus

Setelah membaca informasi diatas, Anda jadi tahu kondisi telinga yang seperti apa yang bisa menggunakan alat bantu dengar, Anda bisa mengecek gangguan pendengaran dan mendapatkan layanan lengkap terkait gangguan pendengaran di AQM Hearing Center, konsultasikan pendengaran Anda disini karena lebih cepat akan lebih baik, telinga merupakan organ yang sangat penting bagi kehidupan manusia, pengecekan lebih dini akan menghindarkan Anda dari gangguan pendengaran yang lebih buruk, hubungi kontak untuk mendapatkan info lebih lanjut.