Apa Yang Terjadi Selama Pemasangan Alat Bantu Dengar?

alat bantu dengar

Gangguan pendengaran ialah penyakit yang sangat umum terjadi di Indonesia dan alat bantu dengar adalah solusi yang paling tepat. Hingga saat ini masih banyak yang mengatakan bahwa gangguan pendengaran adalah penyakit untuk mereka yang sudah berumur dan lansia. Padahal, jika melihat data di lapangan maka kita akan banyak menemukan kasus bahwa gangguan pendengaran bisa menyerang siapa saja. Tidak hanya orang tua dan lansia, bahkan mereka yang baru menginjak usia balita pun juga bisa terkena gangguan pendengaran. Terdapat berbagai jenis perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan pada pendengaran. Salah satunya yang populer saat ini adalah dengan menggunakan alat bantu dengar. Bagaimana proses penggunaan alat bantu dengar dan apa saja yang terjadi selama pemasangan alat bantu dengar? Temukan jawabannya bersama Klinik Pendengaran Jakarta sebagai pusat ABD terbaik di Indonesia berikut ini!

Pemasangan Alat Bantu Dengar

Apabila anda sudah merasakan bahwa anda mengalami gangguan pada pendengaran, jangan ragu untuk mengunjungi audiolog kepercayaan anda. Bagi anda yang berada di sekitar Jakarta, anda bisa mengunjungi Klinik Pendengaran Jakarta yang sudah memiliki audiolog terpercaya dan berpengalaman. Para ahli pendengaran akan melakukan pemeriksaan pada telinga anda hingga mengetahui penyebab dari masalah pendengaran yang anda alami. Anda akan mengalami tes pendengaran hingga para ahli ini juga akan merekomendasikan ABD yang sesuai dengan kebutuhan anda serta membantu anda untuk melakukan pemasangan ABD.

Tidak seperti anda membeli alat yang sesuai dengan anda lalu melakukan pemasangan begitu saja. Pemasangan alat bantu dengar ini harus dipasang dengan benar. Hal ini dikarenakan proses pemasangan juga akan mempengaruhi jumlah amplifikasi yang dihasilkan. Dengan melakukan pemasangan yang benar, maka anda akan mendapatkan manfaat maksimal dari alat bantu dengar yang sudah anda pilih.

Baca Juga :  Fungsi Daun Telinga

Sebelum Pemasangan Alat Bantu Dengar

Hal yang dilakukan pertama kali oleh audiolog sebelum melakukan pemasangan alat bantu dengar tentunya adalah melakukan tes pendengaran secara lengkap. Selain menemukan penyebab dari munculnya gangguan, juga dilakukan berbagai tes untuk mengukur pendengaran anda dengan nada yang berbeda-beda. Setelah menemukan nada yang paling lembut dalam jangkauan pendengaran anda maka kemudian akan ditentukan pula volume yang dapat anda toleransi sebelum merasa tidak nyaman. Adapun hasil dari tes ini kemudian akan diplot ke dalam sebuah grafik yang dinamakan dengan grafik audio. Dengan adanya grafik tersebut maka bisa diketahui peta jangkauan pada pendengaran anda. Kemudian selanjutnya audiolog akan memberi tahu jenis alat bantu dengar seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Jenis Alat Bantu Dengar

Terdapat berbagai jenis alat bantu dengar yang tersedia saat ini dan anda akan mendapatkan informasi secara detail tentang jenis-jenis ABD melalui audiolog kepercayaan anda. Seorang audiolog akan memandu anda hingga menemukan jenis ABD yang paling tepat untuk anda. Beberapa jenis alat bantu dengar dibedakan dengan gaya yang tersedia, berbagai tingkat teknologi serta titik harganya. Contohnya adalah terdapat beberapa ABD yang memiliki fitur seperti adanya konektivitas Bluetooth. Adanya fitur ini akan memudahkan anda untuk bisa mengontrol fungsi serta peraturannya dengan menggunakan ponsel pintar miliki anda, streaming panggilan serta mendengarkan music secara langsung. Tentu audiolog juga akan mempertimbangkannya dengan harapan yang anda miliki, kemungkinan hal-hal yang terjadi di kehidupan anda sehari-hari dan bagaimana lingkungan tempat anda tinggal.

Penyesuaian Dengan Kebutuhan Anda

Apabila sebelumnya anda mengenali berbagai jenis alat bantu dengar hingga menemukan jenis yang cocok untuk anda, kemudian hal yang akan terjadi selanjutnya ialah proses pencetakan. Maksud dari proses pencetakan ini adalah pembuatan cetakan telinga anda menggunakan cetakan telinga yang sudah disediakan. Proses pencetakan ini berfungsi untuk membuat dan memastikan kecocokan kustom yang sempurna. Butuh waktu sekitar dua minggu setelah anda melakukan pemeriksaan di audiolog hingga datangnya sebuah alat bantu dengar ini. Jika alat bantu dengar anda sudah siap, maka anda perlu untuk datang kembali ke audiolog untuk melakukan pemasangan abd anda dengan sempuna.

Baca Juga :  14 Faktor Penyebab Telinga Mendengung (Tinnitus) dan Cara Mengatasinya

Pemasangan Alat Bantu Dengar Baru

Apabila ABD yang sebelumnya sudah anda pesan selesai dibuat dan dikerjakan, maka hal selanjutnya yang dilakukan adalah poin penting yang sangat ditunggu-tunggu. Hal tersebut adalah pemasangan ABD baru anda. Untuk melakukan tes pemasangan ABD ini, anda akan melakukan beberapa tes yang cukup sederhana. Fungsinya adalah untuk mengetahui serta memastikan anda untuk mendapatkan jumlah amplifikasi yang diperlukan serta kenyamanan menggunakan perangkat yang baru saja dipasang. Selanjutnya, audiolog akan membawa anda untuk mengetahui beberapa hal terkait dengan perawatan dasar dari perangkat abd ini. Beberapa hal yang akan diajarkan ialah terkait dengan bagaimana pelepasan serta pemasangan ABD, cara membersihkan perangkat dan cara untuk mengganti baterai.

Anda harus benar-benar memahami terkait dengan pemasangan, pelepasan serta perawatan perangkat ini. Dengan pemasangan yang benar, maka anda akan mendapatkan keoptimalan alat ini ketika bekerja. Pemasangan yang bagus akan membuat kepercayaan diri anda meningkat ketika sedang melakukan kegiatan sosial. Selain itu, perawatan yang benar akan membuat perangkat anda bisa tahan lebih lama.

Itulah informasi yang bisa kami berikan seputar hal-hal yang akan terjadi ketika anda hendak dan melakukan pemasangan alat bantu dengar. Simak artikel kami lainnya terkait dengan pendengaran di AQM-Hearing Center. Jangan lupa untuk melakukan pemasangan alat bantu dengar hanya di Klinik Pendengaran Jakarta.