Panduan Pengobatan Vertigo

vertigo

Sebagai makhluk hidup, manusia tidak terlepas dari adanya gangguan pada tubuh. Gangguan yang ada pada manusia sangat beragam mulai dari gangguan yang sifatnya ringan hingga gangguan yang sifatnya berat. Berbagai jenis gangguan yang terjadi tentu disebabkan oleh adanya masalah dalam tubuh manusia itu sendiri. Contoh kecilnya adalah ketika seseorang memiliki tekanan darah yang rendah. Saat ia mengonsumsi timun atau jenis makanan lainnya yang merupakan pantangan bagi pemilik tekanan darah rendah maka penyakitnya akan kambuh. Biasanya ia akan merasakan pusing hingga merasa seperti melayang. Lalu, bagaimana dengan vertigo? Berikut ini akan kami sampaikan berbagai informasi mengenai Vertigo. Yuk, simak ulasannya bersama Klinik Pendengaran Tangerang berikut ini!

Apa Itu Vertigo?

Vertigo merupakan salah satu gangguan pada manusia yang seringkali dialami. Bahkan di Amerika Serikat sebagai sebuah negara yang besar, penyakit ini merupakan penyakit yang sangat sering dikeluhkan hingga mengalami berbagai tingkat tertentu di beberapa titik dalam hidup mereka. Apakah anda adalah salah satu penderita vertigo? Atau anda memiliki kerabat yang sedang mengalami vertigo? Artikel ini akan sangat membantu anda karena terdapat berbagai panduan mengenai pengobatannya

Vertigo ialah sebuah pengalaman atau sensasi pada seseorang yang merasa bahwa ia sedang bergerak padahal sebenarnya tidak bergerak sama sekali. Bagi orang Indonesia dalam hal ini adalah Jawa, penderita vertigo akan merasakan pusing seperti melayang atau nggliyeng. Perasaan ini sebenarnya hampir sama dengan seseorang yang sedang mengalami mabuk perjalanan. Penderita akan mengalami gejala seperti pusing, sakit hingga sensasi merasakan bahwa ruangan sedang berputar.

Tingkat keparahan pada penderita vertigo ini sangat bervariasi mulai dari ringan hingga berat. Biasanya penderita kelas ringan akan mampu melanjutkan rutinitas sehari-hari. Hal ini sangat berbeda dengan penderita vertigo kelas berat yang akan sangat kesulitan untuk melakukan aktivitas. Vertigo bukanlah sebuah penyakit atau gangguan yang berdiri sendiri. Sebenarnya, kejadian ini merupakan sebuah gejala dari adanya kondisi gangguan kesehatan lainnya dalam tubuh manusia itu sendiri.

Baca Juga :  Anatomi Daun Telinga

Pengobatan

Pada paragraf dan bagian sebelumnya, sudah kita jelaskan bahwa vertigo bukanlah sebuah penyakit yang berdiri sendiri. Ia ada karena adanya kondisi gangguan kesehatan lain dalam tubuh manusia. Sehingga untuk melakukan pengobatan pada keluhan gejala ini, terlebih dahulu kita melakukan tes kesehatan. Tes kesehatan dapat dilakukan secara keseluruhan untuk mengetahui penyakit atau gangguan apa yang sebenarnya ada pada tubuh kita dan menjadi penyebab gejala tersebut. Biasanya penyakit yang berhubungan dengan gejala ini berhubungan erat dengan organ lain seperti telinga, hidung dan tenggorokan. Sehingga jika anda mengalami gejala maka segeralah untuk menuju ke dokter spesialis THT yang bisa mengidentifikasi penyakit anda.

Mengobati Gejala Vertigo

Seorang dokter THT biasanya akan memberikan berbagai resep untuk mengobati gejala daripada penyakit itu sendiri. Hal ini dimaksudkan agar anda merasa lebih lega terlebih dahulu karena penyakit ini seiring dengan dilakukannya pengecekan penyakit lain yang menjadi penyebabnya. Tablet mabuk perjalanan bisa jadi merupakan salah satu tablet yang harus anda konsumsi ketika mengalami gejala vertigo. Adanya tablet tersebut akan menekan informasi yang diteruskan dari telinga bagian dalam kepada otak. Tablet tersebut juga bisa mengurangi adanya perasaan sakit ataupun pusing di kepala yang anda alami. Dokter THT juga akan memebrikan anda berbagai tips atau latihan yang bisa anda lakukan di rumah supaya gejala yang anda alami dapat diminimalisir.

Mengobati Infeksi Virus

Seringkali gejala pada vertigo disebabkan karena adanya infeksi virus yang terjadi pada tubuh. Biasanya infeksi akibat virus ini akan bertahan selama beberapa hari ataupun minggu dan kemudian akan sembuh dengan sendirinya. Apabila gejala vertigo yang anda jalani adalah akibat dari adanya virus, maka dokter spesialis THT akan memberikan berbagai perawatan khusus untuk anda. Perawatan yang dilakukan semata-mata untuk membantu anda menghadapi gejala yang ada hingga saatnya virus itu meninggalkan tubuh anda dengan sendirinya.

Baca Juga :  Bagaimana Mekanisme Proses Mendengar pada Telinga?

Pengobatan Penyakit Meniere

Gejala vertigo ternyata juga bisa anda rasakan jika anda memiliki penyakit Meniere. Penyakit Meniere sendiri adalah salah satu jenis penyakit pendengaran atau penyakit telinga yang bisa membuat penderitanya mengalami pusing dan lain sebagainya. Hingga saat ini belum ditemukan obat yang benar-benar bisa menyembuhkan penyakit Meniere ini. Namun, dokter THT tidak akan kehilangan cara untuk meredakannya. Mereka akan memberikan sebuah resep obat yang bisa mengurangi gejala hingga meminimalisir kejadian tersebut.

Mengobati Migrain

Perasaan pusing hingga menyerupai melayang ini dalam beberapa kasus ternyata dapat disebabkan oleh adanya penyakit migraine. Apabila anda melakukan pemeriksaan ke dokter THT lalu mengetahui bahwa anda mengalami migraine, maka sudah pasti mereka juga akan melakukan identifikasi tentang penyebab munculnya penyakit migraine pada diri anda. Hal ini memungkinkan anda untuk menghindari pemicu penyakit migraine. Dokter THT juga akan meredakan ketegangan di leher anda yang bisa menjadi penyebab migraine.

Perawatan yang cocok untuk meredakan gejala vertigo anda tentu selalu disesuaikan dengan penyebabnya. Kunjungilah dokter THT anda supaya mereka dapat melakukan identifikasi penyebab serta memberikan pengobatan serta perawatan terbaik. Anda juga bisa mengunjungi kami di Klinik Pendengaran Tangerang untuk mendapatkan konsultasi dan perawatan terbaik.