Alat Bantu Dengar Yang Tepat Untuk Anda?

Alat bantu dengar di dalam telinga (In The Ear/ITE)

Sudahkah anda membaca artikel kami yang lain? Jika sudah, pasti anda sudah tahu bahwa alat bantu dengar terdiri dari berbagai macam jenis. Jenis-jenis yang beragam ini dibuat sedemikian rupa untuk menyesuaikan dengan kebutuhan anda terkait perangkat digital yang satu ini. Nah, kali ini kita akan membahas kira-kira Alat Bantu Dengar yang seperti apa yang cocok dan tepat untuk anda. Yuk, simak ulasan berikut untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai jenis-jenis alat bantu dengar bersama Hearing Center Jakarta.

Alat Bantu Dengar

ABD atau alat bantu dengar ini merupakan sebuah perangkat digital yang berukuran kecil sehingga sangat mudah untuk dibawa kemana-mana. Fungsi utama dari perangkat digital ini adalah untuk membantu para penderita gangguan pendengaran agar lebih mudah untuk mendengarkan suara. ABD ini bisa memperkuat suara yang sulit di dengar oleh penderita sehingga bisa diterima dan datang dengan gaya yang berbeda. Dalam artikel ini akan kami berikan informasikan mengenai jenis-jenis alat bantu dengar yang bisa anda simak berdasarkan jenis gaya hidup anda.

Jenis-Jenis Alat Bantu Dengar

Berikut ini adalah beberapa jenis alat bantu dengar yang biasa ditemukan di klinik pendengaran ataupun pusat penjualan alat bantu dengar:

  1. Behind The Ear atau BTE adalah salah satu jenis alat bantu dengar yang sangat umum untuk penderita yang memiliki gangguan pendengaran ringan hingga berat.
  2. In The Ear atau ITE yaitu abd yang berada di mangkuk luar telinga. Warnanya ialah sama seperti warna daging serta rambut.
  3. ITC atau In The Canal yaitu sebuah perangkat digital yang digunakan pada kanal. Ia memiliki keunggulan yaitu adanya kerahasiaan dan sangat ideal untuk mereka yang memiliki gangguan pendengaran ringan hingga sedang.
  4. Completely in Canal atau CIC yaitu sebuah abd yang mirip dengan versi ITC hanya saja berukuran lebih kecil dan memungkinkan pengguna untuk memiliki pengalaman mendengarkan yang alami.
Baca Juga :  7 Life Hack Pendengaran Yang Sehat

ABD Untuk Gaya Hidup

Masing-masing individu biasanya memiliki gaya hidup yang berbeda-beda. Untuk itulah saat ini juga tersedia berbagai model alat bantu dengar yang bisa disesuaikan dengan gaya hidup masing-masing. Alat bantu dengar yang sesuai tentu akan bisa memperkuat serta meningkatkan gaya dan kualitas hidup penderita. Berikut ini adalah berbagai pendekatan abd sesuai dengan gaya hidup:

a.       Gaya Hidup Aktif

Apabila anda adalah seseorang yang seringkali berinteraksi sosial dan berada di luar rumah, maka anda perlu untuk memiliki abd yang kuat. Anda perlu memiliki perangkat yang bisa menahan banyak kontak serta benturan. Jika anda adalah orang yang juga senang berolahraga seperti sepakbola atau keluar dengan segala cuaca, akan sangat cocok jika anda menggunakan abd dengan jenis ITE. Hal ini dikarenakan ITE berada didalam telinga sehingga ketika berada pada kondisi cuaca apapun, perangkat tetap aman.

b.      Sibuk di Kantor

Apakah anda adalah seorang pekerja di kantor? Jika iya, maka tentu anda akan berinteraksi dengan banyak orang kantor bukan? Oleh karena itu, anda membutuhkan sebuah alat bantu dengar yang bisa beradaptasi dengan scenario apapun. Penting untuk memiliki alat bantu dengar yang menghalangi kebisingan latar belakang tetapi juga memungkinkan Anda berfungsi selama percakapan satu lawan satu. Selain itu, banyaknya teknologi membutuhkan alat bantu dengar yang menghasilkan komunikasi yang jernih di berbagai perangkat. Dalam hal ini, alat bantu dengar CIC sangat ideal.

c.       Gemar Berpetualang

Memiliki jiwa petualang? Maka kita perlu kembali pada jenis gaya hidup aktif yang baik menggunakan gaya ITE. Seorang petualang juga membutuhkan perangkat yang kokoh serta kuat. Gaya perangkat dengan jenis IT yang portable dan memiliki baterai yang cukup tahan lama akan sangat baik untuk anda. Dengan gaya ITE ini maka anda bisa menggunakan dan mengoperasikan baterainya dengan pengisian yang bergaya data portable. Hal ini membuat semuanya menjadi lebih efisien dan sangat ideal apabila anda bepergian atau bermalam di suatu tempat tertentu.

Baca Juga :  Hal-Hal yang Menyebabkan Telinga Sakit

d.      Gaya Hidup Santai

Jika anda adalah penderita gangguan pendengaran yang memiliki gaya hidup santai anda bisa menggunakan jenis perangkat BTE. Hal ini sangat tepat bagi anda yang bergaya hidup santai dan hanya memiliki kegiatan sosial kecil di dalam rumah. Anda membutuhkan perangkat yang bisa beradaptasi dengan berbagai scenario dan berbagai situasi. Contohnya adalah ketika anda melakukan streaming music atau berada di restoran yang terdapat perbedaan besar bagu anda. Mengapa anda perlu menggunakan jenis BTE? Hal ini karena perangkat dengan jenis BTE ini memiliki keunggulan untuk beradaptasi dengan cepat. Ia juga dilengkapi dengan teknologi yang modern yaitu Bluetooth.

Itulah informasi yang bisa kami berikan pada anda terkait dengan jenis-jenis alat bantu dengar serta bagaimana keseuaiannya dengan gaya hidup anda. Jika anda adalah seorang penderita gangguan pendengaran dan ingin mendapatkan perangkat yang sesuai untuk anda, jangan ragu untuk mengunjungi Hearing Center Jakarta. Disini anda bisa mendapatkan konsultasi pendengaran, melakukan tes pendengaran hingga menemukan perangkat yang sesuai dengan kebutuhan anda. Tentu tidak sembarangan karena anda akan dipandu oleh para ahli yang terjamin dan terpercaya.