Mengenal Apa Itu Operasi Septum

operasi septum

Sudahkah anda mengenal istilah operasi septum atau bedah septum? Operasi septum ini seringkali disebut dan dikenal dengan istilah septoplasti. Adapun pengertiannya ialah sebagai prosedur dalam pembedahan yang tentunya dilakukan oleh dokter telinga, hidung dan tenggorokan atau dokter THT. Mengapa harus dokter THT? Hal ini dikarenakan septum adalah bagian tubuh yang berada di hidung. Sehingga untuk melakukan perawatan ataupun pembedahan tentu pilihan terbaiknya ialah dengan menggunakan dokter THT. Penasaran dengan bedah septum? Kali ini Hearing Center Depok akan membahas tentang operasi septum mulai dari pengertian istilah, mengapa seseorang harus melakukan operasi septum, hingga hal apa saja yang diperlukan. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Definisi Septum

Pernahkah anda mempelajari bagian tubuh manusia? Pelajaran tentang anatomi tubuh sebenarnya pasti sudah anda dapatkan semenjak anda duduk di bangku sekolah dasar. Namun, biasanya pembelajaran materi Sains di sekolah tidak begitu spesifik sehingga akan sangat wajar jika anda lupa atau bahkan tidak tahu tentang septum. Septum ialah sebuah dinding tipis tulang rawan yang berfungsi untuk membagi lubang hidung sehingga menjadi dua area. Umumnya, septum yang dikatakan normal adalah septum yang lurus. Akan tetapi, ternyata tidak semua orang memiliki septum yang normal. Ada beberapa orang yang memiliki septum menyimpang. Menyimpangnya septum ini sangat berpengaruh pada lubang hidung manusia. Lubang hidung yang seharusnya terbagi menjadi dua dengan bentuk yang rapi menjadi tidak rapi bahkan septum bisa bergeser dan menutupi satu sisi yang lebih dari yang lain.

Karena kondisi septum yang tidak normal, tentu ada alternative yang bisa dilakukan untuk membuat septum berada pada kondisi yang normal. Adapun solusinya tentu melakukan bedah septum. Bedah septum ini ialah prosedur korektif yang memiliki fungsi untuk memperbaiki penyimpangan yang terjadi pada septum sehingga septum akan berada pada tempat dan kondisi yang normal. Ya, kondisi yang normal ialah ketika septum berada di tengah.

Baca Juga :  Mengenal Penyakit Mastoiditis

Penyebab Septum Bisa Mengalami Penyimpangan

Penyebab dari adanya septum yang menyimpang ini rata-rata adalah bawaan dari lahir. Adapun penyebab secara khusus hingga saat ini memang belum bisa ditemukan. Pada tahun 2012 silam terdapat sebuah studi yang mendapatkan data bahwa bayi yang lahir dengan kondisi septum menyimpang bahkan sudah menyampai 20%. Selain karena cacat lahir, septum yang memiliki posisi menyimpang ini juga bisa disebabkan oleh adanya cedera. Hidung patah adalah istilah untuk septum yang menyimpang dan disebabkan oleh adanya cedera.

Benarkah Septum Menyimpang Haruh Bedah Septum?

Anda pasti bertanya-tanya bukan, benarkah seseorang yang memiliki septum dengan kondisi menyimpang harus dilakukan bedah septum. Tentu jawabannya adalah tidak. Menurut data, terdapat 80% jumlah orang dewasa yang tidak memiliki septum sentral dengan bentuk yang sempurna. Sebagian besarnya memiliki beberapa bentuk kemiringan hingga menyebabkan saluran pada hidung kurang terhalang daripada yang lainnya. Akan tetapi, dalam banyak kasus penyimpangan yang terjadi ini tidak begitu besar sehingga tidak membutuhkan operasi septum. Sedangkan untuk bedah septum perlu dilakukan apabila septum yang menyimpang tersebut menyebabkan adanya berbagai masalah sebagai berikut:

  1. Saluran hidung merasa tersumbat terutama di salah satu bagian atau salah satu sisi
  2. Adanya infeksi sinus yang terlalu sering terjadi disertai infeksi yang tidak merespon pengobatan atau bentuk obat lain
  3. Sering terjadi mimisan
  4. Tets postnasal
  5. Ketika tidur, terdapat suara mendengkur ataupun suara berisik saat bernapas
  6. Terjadi sleep apnea dan septum menyimpang adalah penyebabnya

Enam gejala di atas bisa muncul dan mengganggu pemilik septum menyimpang. Apabila gejala-gejala tersebut sudah dirasakan, maka segeralah untuk melakukan operasi septum sehingga gejala-gejala di atas tidak muncul kembali.

Baca Juga :  Konsultasi Gangguan Pendengaran Depok

Tentang Operasi Septum

Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan operasi septum? Operasi septum ialah pembedahan yang dilakukan untuk membuat septum berada pada kondisi yang normal sehingga tidak mengganggu aktifitas pemilik septum menyimpang. Pembedahan septum ini biasanya dilakukan dengan anestesi lokal ataupun umum. Perihal ini akan disampaikan oleh dokter secara langsung dan pilihan yang seperti apa yang cocok untuk anda.

Untuk melakukan operasi septum, dokter biasanya akan membuat sayatan terlebih dahulu di salah satu sisi hidung lalu mengangkat selaput lendir yang menutupi septum. Setelah itu, septum akan diindahkan ke tempat yang diinginkan hingga bisa jadi melibatkan adanya pengangkatan tulang rawan ataupun tulang demi mendapatkan posisi terbaik. Jika sudah, maka selanjutnya selaput lendir akan dikembalikan atau direposisi dan sayatan yang sudah dilakukan sebelumnya akan ditutup. Kemudian, hidung yang telah dilakukan operasi tersebut akan dibalut dengan kapas demi mengontrol terjadinya pendarahan.

Waktu Operasi

Untuk melakukan operasi ini sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang lama yaitu antara 30 hingga sampai 90 menit saja dan tergantung dengan tingkat keparahannya. Setelah melakukan prosedur operasi, dalam beberapa hari biasanya hidung akan terasa sakit hingga bengkak. Namun, kebanyakan orang akan pulih denga cepat setidaknya dalam waktu enam minggu.

Itulah informasi tentang operasi septum yang dapat kami berikan untuk anda. Bagi anda yang memiliki keluhan mengenai pendengaran, jangan lupa untuk melakukan konsultasi pada Hearing Center Depok.