4 Tanda Anda Membutuhkan Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar di dalam telinga (In The Ear/ITE)

Gangguan pendengaran merupakan penyakit yang sangat umum kita temui di lingkungan sekitar. Penyakit ini di Amerika bahkan sudah memiliki penderita dengan jumlah hampir 40 juta orang. Hal ini tentu sangat berdampak dengan kehidupan dan keseimbangan tubuh dari si penderita. Seseorang yang memiliki gangguan pada pendengarannya tentu membutuhkan perawatan khusus. Terdapat berbagai jenis perawatan telinga yang dapat disesuaikan dengan jenis gangguannya. Namun, solusi yang saat ini sedang populer di kalangan masyarakat adalah dengan menggunakan alat bantu dengar. Apakah anda penasaran dengan alat bantu dengar dan apa sajat tandanya bahwa anda sudah membutuhkan sebuah alat bantu dengar? Yuk, simak dan temukan jawabannya pada artikel berikut ini!

Definisi Alat bantu Dengar

Alat bantu dengar memiliki definisi sebagai sebuah perangkat digital yang berfungsi untuk membantu penggunanya agar lebih jelas dalam mendengarkan suara. ABD memiliki berbagai jenis gaya, desain serta berbagai fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap pengguna. Dengan menggunakan alat bantu dengar ini maka kualitas hidup penderita akan meningkat. Gangguan pendengaran memang merupakan penyakit yang amat sering terjadi. Namun, hingga saat ini masih banyak sekali orang yang tidak menyadari bahwa sebenarnya mereka membutuhkan perawatan akibat gangguan pendengaran yang dideritanya. Nah, berikut ini kami sajikan pula beberapa tanda bahwa anda membutuhkan alat bantu dengar.

Tanda Pertama: Kesulitan Mendengar Suara Orang

Terdapat 4 tanda yang akan terjadi pada diri anda bahwa anda sebenarnya sudah mulai memerlukan alat bantu dengar. Tanda pertama yang dapat muncul adalah ketika anda mulai berjuang untuk bisa mendengarkan orang lain yang bersuara atau bahkan suara yang lain seperti bersumber dari TV ataupun sumber suara lain. Apabila anda mulai mengalami gangguan pada pendengaran, biasanya anda akan mengeluhkan dan anda yakin bahwa orang-orang di sekitar anda berbicara hanya dnegan gumaman tanpa suara yang jelas. Biasanya ketika anda membawa masalah ini kepada audiolog atau di Klinik Pendengaran Depok, maka anda akan diminta untuk melakukan tes pendengaran. Kemudian, apabila tes pendengaran sudah dijalankan maka anda akan direkomendasikan untuk menggunakan Alat Bantu Dengar yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Baca Juga :  Kenali Jenis Alat Bantu Dengar

Kedua: Anda Seringkali Berusaha Mengikuti Percakapan

Selanjutnya, tanda kedua yang menyatakan bahwa anda sudah membutuhkan alat bantu dengar ialah anda seringkali berusaha keras untuk bisa mengikuti percakapan. Dalam situasi sosial seperti sedang berbelanja atau berkumpul dengan orang lain maka orang-orang yang mengalami gangguan pendengaran biasanya akan berjuang lebih keras untuk bisa mengikuti percakapan sehari-hari. Penderita harus memiliki kefokusan yang ekstra serta ketegangan pada diskusi. Sekali saja kefokusan tersebut jatuh, maka bisa jadi penderita akan kehilangan informasi penting hingga menyebabkan adanya perasaan terisolasi, depresi hingga membuat penderita merasakan sakit di bagian kepala.

Ketiga: Anda Sering Menaikkan Volume TV/Radio atau MP3

Untuk tanda yang ketiga ialah ketika anda mulai merasa perlu untuk menaikkan volume ketika mendengarkan TV, Radio ataupun speaker anda. Hal ini semata-mata untuk mendengarkan suara menjadi lebih jelas dan benar. Seseorang yang memiliki gangguan pada pendengarannya biasanya akan kesulitan untuk bisa mendengarkan suara pada volume yang normal. Sehingga hal yang mereka lakukan untuk bisa mendengarkan suara tersebut ialah dengan menaikkan volumenya menjadi lebih keras agar lebih jelas.

Ketika anda melakukan peningkatan volume suara saat anda sedang bersama banyak orang seperti bersama keluarga, teman, saudara dan kerabat bisa jadi mereka akan merasa tidak nyaman. Hal tersebut tentu dikarenakan mereka harus mendengarkan suara yang menurut mereka terlalu keras. Untuk membuat mereka nyaman, solusi yang paling anda butuhkan adalah dengan menggunakan alat bantu dengar. Adanya alat bantu dengar akan membuat anda semakin mudah untuk mendengarkan sehingga anda tidak perlu menaikkan volume suara. Orang-orang di sekitar anda juga akan merasa nyaman karena semuanya berada pada kondisi normal.

Baca Juga :  4 Cara Menjaga Kualitas Pendengaran Anda|Alat Bantu Dengar

Keempat: Anda Sering Meminta Orang Lain Untuk Mengulangi Ucapannya

Tanda yang sangat nyata adalah ketika anda seringkali meminta seseorang yang sedang berbicara dengan anda untuk mengulangi ucapannya. Tahukah anda bahwa sebenarnya banyak orang yang tidak suka ketika diminta untuk mengulangi apa yang mereka bicarakan? Hal ini dikarenakan beberapa perasaan lain yang membuat mereka tidak nyaman. Salah satunya adalah mereka merasa tidak didengarkan ketika sedang berbicara atau mereka juga merasa anda tidak memiliki ketertarikan untuk berkonsentrasi mendengarkan pembicaraan mereka. Seorang penderita gangguan pendengaran memerlukan perjuangan yang lebih untuk bisa mendengarkan dengan jelas, dan itulah mengapa penderita sering meminta lawan bicaranya untuk mengulangi perkataannya. Kejadian seperti ini bisa saja menjadi sebuah masalah hingga membuat adanya frustasi pada kedua belah pihak yaitu antara penderita dan lawan bicara. Ini merupakan sebuah tanda yang sangat jelas bahwa anda mengalami gangguan pada pendengaran. Tidak heran jika tanda ini merupakan tanda yang jelas pula yang membuat anda harus segera menggunakan alat bantu dengar.

Itulah informasi yang dapat kami berikan seputar tanda-tanda bahwa anda membutuhkan alat bantu dengar. Bagi anda yang mulai mengalami beberapa tanda di atas, segeralah mengunjungi kami di Klinik Pendengaran Depok untuk mendapatkan konsultasi hingga memiliki alat bantu dengar yang sesuai dengan kebutuhan anda.