Mengenal Alat Bantu Dengar Isi Ulang

alat bantu dengar

Ketika anda mengalami gangguan pada pendengaran, apa yang akan anda lakukan untuk mengatasinya? Pasti anda akan menuju ke Klinik Pendengaran Jakarta bukan? Saat anda melakukan konsultasi, biasanya anda juga akan melakukan pemeriksaan dengan berbagai model dan tipe tes pendengaran. Kemudian, apabila penyebab dari gangguan pendengaran serta jenis gangguan pendengarannya sudah diketahui maka dilakukan tindakan. Beberapa tindakan yang bisa disarankan adalah pengobatan, implant koklea, operasi atau dengan menggunakan alat bantu dengar. Apa itu alat bantu dengar? Bagaimana kinerjanya serta apa yang dimaksud dengan alat bantu dengar isi ulang akan kita bahas pada ulasan berikut. Yuk, simak informasi lengkapnya pada ulasan berikut ini!

Alat Bantu Dengar

Pengertian dari alat bantu dengar ialah sebuah alat akustik listrik yang biasanya digunakan manusi terutama yang memiliki gangguan pada fungsi pendengarannya. Pemasangan alat ini terletak pada telinga manusia bagian dalam ataupun sekitar telinga. Adapun fungsi dari alat bantu dengar ini ialah untuk memperkuat rangsangan pada sel sensorik telinga yang ada di bagian dalam. Biasanya sel-sel tersebut telah mengalami kerusakan sehingga tidak dapat merasakan rangsangan suara dari luar secara jelas. Dengan adanya alat bantu dengar ini maka pendengaran dapat menjadi lebih baik.

ABD ini bisa dikatakan sebagai sebuah alat elektronik karena menggunakan baterai. Dalam satu alat terdapat mikrofon yang bisa mengubah gelombang suara menjadi sebuah energi listrik. Energi listrik itu kemudian dapat diterima dengan amplifer kemudian dibesarkan volumenya lalu langsung mengirimkan pada speaker yang tersedia di bagian dalam telinga. Untuk bisa menggunakan ABD yang benar maka anda diwajibkan berkonsultasi dengan Klinik Pendengaran Jakarta untuk melakukan tes dan mengetahui ambang pendengaran dengan bantuan alat audiogram. Ketika sudah melakukan tes pendengaran ini, maka para ahli yang ada di Klinik Pendengaran Jakarta bisa menentukan jenis atau model ABD yang cocok untuk anda.

Baca Juga :  Bagaimana Mekanisme Proses Mendengar pada Telinga?

Alat Bantu Dengar Isi Ulang

Pernahkah anda mendengar alat bantu dengar isi ulang? ABD yang bisa di isi ulang ini sebenarnya sudah ditemukan dan sudah ada sejak tahun 1950. Namun, ada beberapa aspek yang kurang diinginan. Sekarang, beberapa pabrik yang melakukan pembuatan ABD ini sudah melakukan berbagai perombakan untuk mengatasi bug yang terjadi pada jenis abd sebelumnya. Saat ini, alat bantu dengar bahkan sudah bisa beroperasi selama 24 jam penuh dengan muatan yang penuh pula.

Keuntungan Menggunakan Alat Bantu dengar Isi Ulang

Beberapa keuntungan yang anda dapatkan jika anda memilih untuk menggunakan abd isi ulang ialah sebagai berikut:

  1. Jika seseorang memiliki ketangkasan yang terbatas atau penglihatan yang buruk, mereka tidak perlu mengganti baterai kecil yang hanya bertahan kurang lebih 12 hari.
  2. Kemampuan isi ulang tidak terbatas hanya pada tingkat teknologi tertinggi, tetapi tersedia dalam jajaran lengkap produk Behind the Ear (BTE).
  3. Tentang biaya anda pasti mengira alat ini memiliki harga yang mahal, sebenarnya biayanya sama untuk alat bantu dengar yang menggunakan baterai tradisional. Namun, dalam jangka panjang umur abd, sebenarnya ada penghematan biaya karena tidak ada tambahan biaya pembelian baterai.
  4. Keuntungan lain yang mungkin tidak terlalu terlihat dengan abd yang dapat diisi ulang adalah ketahanannya terhadap kelembapan. Rumah instrumen benar-benar tertutup rapat, oleh karena itu, alat bantu dengar dapat mengusir lebih banyak kelembapan daripada sebelumnya.

 

Mengapa Harus Alat Bantu Dengar Isi Ulang?

Pada kesehatan pendengaran mungkin abd isi ulang ini merupakan teknologi yang baru. Hal ini sangat membantu penggunanya karena baterai yang digunakan sangat bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama. Tentunya hal ini berbeda dengan abd tradisional yang membutuhkan penggantian baterai di hari ke sepuluh hingga hari ke duabelas. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa anda harus menggunakan dan memilih alat bantu dnegar isi ulang:

  1. Alatnya yang berukuran kecil akan memudahkan anda untuk membawanya setiap saat. Dengan alat yang kecil maka ukuran baterai juga memberikan daya yang kecil. Apabila anda menggunakan ABD tradisional yang juga berukuran kecil, maka anda akan kesulitan untuk mengganti baterai kecil setiap saat.
  2. Adanya baterai yang bisa dilakukan pengisian ulang ini maka anda bisa mendapatkan alat yang bisa anda gunakan terus menerus dalam satu hari. Untuk melakukan pengisian daya, anda bisa melakukannya di malam hari saat anda sedang tidur.
  3. Perangkat ini sangat mudah untuk digunakan. Anda juga tidak perlu khawatir akan kehabisan daya saat sedang di luar rumah. Baterai isi ulang ini sangat tahan lama bahkan ada beberapa jenis yang tahan seumur hidup.
Baca Juga :  Berbagai Penyebab Telinga Sakit

Jenis ABD Isi Ulang

Salah satu jenis abd yang bisa diisi ulang ialah berasal dari Starkey yaitu Muse iQ atau Livio AI. Mereka memiliki baterai yang bisa diisi ulang, charger serta kabel listrik. Apabila anda menggunakannya, anda bisa mengistirahatkan mereka jika sudah tidak digunakan. Letakkan mereka pada kotak penyimpanannya serta lakukan pengisian daya.

Itulah informasi dari kami tentang Alat Bantu Dengar isi ulang yang bisa anda dapatkan di Klinik Pendengaran Jakarta. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan telinga dan segera melakukan konsultasi jika terjadi gangguan pendengaran.