4 Tips Pemulihan Untuk Operasi Septum

operasi septum

Sudah tahukah anda tentang operasi septum? Operasi septum ialah salah satu jenis operasi yang juga dikenal sebagai Septoplasty. Jenis operasi ini merupakan sebuah prosedur yang sangat direkomendasikan bagi anda yang memiliki sebuah masalah di septum hidung yang menyimpang. Hal ini merupakan sebuah dinding tipis yang memisahkan antara lubang hidung sebelah kanan serta lubang yang berada di sebelah kiri. Operasi bernama septum ini harus dilakukan oleh seorang dokter THT yang bertugas untuk memperbaiki serta meluruskan septum yang ada. Penasaran dengan operasi Septum? Yuk, simak ulasan berikut bersama Klinik Pendengaran Depok!

Operasi Septum

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraph sebelumnya bahwa operasi septum atau septoplasti ialah merupakan sebuah prosedur dalam operasi. Adapun tujuannya ialah untuk memperbaiki bentuk daripada septum hidung. Sudah kenalkah anda dengan septum? Ya, septum ialah sebuah tulang rawan yang ada di organ hidung. Septum inilah yang berfungsi membagi lubang hidung menjadi dua bagian. Bentuk dari septum ini secara normal adalah berbentuk lurus. Akan tetapi, ternyata tidak semua orang memiliki bentuk hidung yang lurus. Ada pula yang memiliki septum dengan bentuk yang bengkok ataupun lebih condong ke salah satu bagian yang ada pada hidung. Itulah yang dinamakan dengan deviasi septum.

Waktu Yang Tepat Untuk Menjalani Prosedur

Beberapa gejala yang terjadi ketika anda mengalami masalah ialah seperti kesulitan untuk bernapas di salah satu lubang hidung. Hal ini bisa jadi menandakan anda mengalami septum hidung yang bengkok. Apabila tanda-tanda tersebut sudah anda rasakan, maka anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan operasi septum. Mengapa hal ini diperlukan? Karena apabila tidak segera diatasi maka anda akan mengalami berbagai gangguan kesehatan.

Baca Juga :  Konsultasi Gangguan Pendengaran Jakarta: Pemeriksaan Rutin THT

Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Operasi Septum

Ada tiga hal yang harus anda lakukan sebelum anda melakukan operasi septum. Tiga hal tersebut ialah sebagai berikut:

  1. Pertama, anda perlu melakukan puasa dengan durasi waktu 6 jam sebelum prosedur operasi dimulai. Tenang saja, anda tetap diperbolehkan untuk minum beberapa jam sebelum melakukan kegiatan operasi.
  2. Hindari konsumsi obat-obatan yang mengandung aspirin serta ibuprofen baik sebelum ataupun sesudah operasi. Mengapa hal ini penting? Karena obat-obatan yang telah disebutkan tersebut dapat meningkatkan adanya resiko pendarahan.
  3. Apabila anda adalah seorang perokok, maka anda perlu untuk menghentikannya sementara waktu. Dengan anda merokok maka bisa meningkatkan adanya gangguan ketika proses dan sesudah proses operasi itu sendiri. Rokok dipercaya memiliki kandungan yang bisa memperlambat proses pemulihan dari operasi septum.

Efek Samping Operasi Septum

Seperti operasi lainnya, terdapat beberapa efek samping dari operasi septum. Bahkan ada pula beberapa pasien yang bisa mengalami komplikasi yang parah. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi sebuah efek samping dari operasi septum:

  1. Adanya gejala deviasi septum seperti rasa tersumbat pada hidung
  2. Terjadi perubahan pada bentuk hidung
  3. Mengalami pendarahan berlebih
  4. Indra penciuman semakin menurun
  5. Adanya lubang pada septum
  6. Terjadi penggumpalan pada rongga hidung
  7. Beberapa orang akan mengalami mati rasa di gusi bagian atas, gigi hingga hidung.

4 Tips Pemulihan

Inilah informasi yang sangat penting untuk anda ketahui dan anda terapkan setelah melakukan operasi septum. Simak beberapa tips pemulihan berikut agar anda bisa segera mendapatkan kondisi yang lebih baik setelah melakukan operasi septum

a.       Istirahat Sebanyak Mungkin

Tips pertama yang perlu anda lakukan ialah dengan beristirahat sebanyak mungkin. Apabila anda sudah pulang dari rumah sakit, maka anda perlu untuk segera istirah bahkan tidur. Cara paling cerdas ialah dengan menyangga diri anda menggunakan bantal sepulang dari operasi. Mengapa demikian? Hal ini karena anda perlu untuk menjaga kepala anda agar tetap pada kondisi tinggi. Fungsi dari kegiatan ini ialah untuk mencegah adanya penumpukan cairan yang ada pada jaringan. Dengan melakukan kegiatan ini maka anda juga bisa mengurangi pembengkakan yang terjadi sebelumnya. Melakukan istirahat ialah kegiatan yang sangat penting terlebih saat masa pemulihan sedang berlangsung.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Operasi Septum

b.      Jangan Lupa Untuk Melakukan Kompres

Selanjutnya, hal yang tidak boleh anda lupakan adalah melakukan kegiatan kompres dengan es. Beberapa tempat yang bisa anda kompres adalah hidung dan beberapa bagian yang bengkak seperti wajah, bibir, mata, pipi hingga dahi. Adanya kompres es ini bisa meminimalisir adanya pembengkakan. Sebenarnya pembengkakan ini ialah hal yang sangat normal. Namun, dengan melakukan kompres es maka bisa membantu untuk mengurangi serta mempercepat proses pemulihan.

c.       Memeriksa Balutan Secara Berkala

Setelah melakukan kegiatan operasi, pasti anda akan memiliki sebuah balutan pada bekas lokasi operasi. Pendarahan setelah melakukan operasi septum adalah hal yang normal, namun anda tetap perlu untuk melakukan pemeriksaan serta menggantinya secara berkala. Hal ini dapat anda lakukan jika pembalut sudah jenuh terhadap darah yang ada. Di hari pertama, bahkan anda bisa mengganti perban anda setiap satu jam sekali.

d.      Waspada Iritasi

Anda perlu untu istirahat minimal satu minggu setelah melakukan operasi septum. Berhati-hatilah ketika hendak melakukan aktifitas terlebih aktifitas berat yang bisa menekan anda. Apabila anda adalah seseorang yang selalu memakai kacamata, tunggulah hingga bengkak yang terjadi di hidung anda hilang terlebih dahulu. Hal ini penting agar tidak terjadi iritasi pasca operasi.

Itulah informasi tentang tips yang bisa anda lakukan untuk pemulihan pasca melakukan operasi septum. Jangan lupa kunjungi artikel kami lainnya hanya di AQM Hearing Center.