Kapan Alat Bantu Dengar Perlu Diganti?

alat bantu dengar

Ketika anda membaca artikel ini, pasti anda sudah paham dan mengenal tentang alat bantu dengar bukan? Alat bantu dengar adalah sebuah alat atau perangkat digital yang memiliki fungsi untuk mempermudah seseorang dalam mendengarkan suara. Biasanya mereka yang menggunakan perangkat ini memiliki gangguan pada telinga sehingga tidak bisa mendengarkan suara secara normal dengan telinga biasa tanpa bantuan ABD. Jika anda adalah seorang pengguna ABD, apakah anda sudah mengetahui perawatan ABD ini? Alat bantu dengar sama dengan perangkat lainnya yang harus anda rawat sehingga bisa tahan dalam waktu yang lama. Selain itu, dengan perawatan yang baik maka ABD anda dapat terus berfungsi optimal.

Lalu, kapankah waktu yang tepat untuk melakukan penggantian ABD? Yuk, simak informasi berikut bersama Klinik Pendengaran Tangerang untuk mendapatkan informasi terkait dengan waktu penggantian ABD!

Aturan Secara Umum Tentang Penggantian ABD

Seperti halnya perangkat digital lainnya, ABD tentu memiliki waktu tersendiri untuk diganti dengan ABD yang baru. ABD tidak bisa bertahan selamanya karena ia memiliki masa henti pakai. Banyak sekali audiolog yang mengatakan bahwa ABD seharusnya diganti dalam kurun waktu lima hingga enam tahun masa pakai. Akan tetapi, sebenarnya semua ini tergantung dengan para individu itu sendiri. Adapun waktu yang sangat tepat untuk mengganti alat bantu dengar sebenarnya bergantung dengan beberapa faktor atau pertimbangan tertentu. Beberapa faktor yang bisa dijadikan pertimbangan adalah hal-hal berikut ini:

1.      Frekuensi Perbaikan Alat Bantu Dengar

Faktor pertama yang harus anda pertimbangkan ialah terkait dengan banyaknya atau seberapa seringnya anda melakukan perbaikan alat bantu dengar. Biasanya alat bantu dengar anda harus dikembalikan ke tempat anda membeli atau ke audiolog dalam kurun waktu setiap dua hingga tiga tahun. Hal ini diperlukan untuk melakukan pengecekan dan perbaikan kecil untuk beberapa masalah yang ada pada alat bantu dengar. Ketika anda menemukan momen dimana alat bantu dengar anda tidak berfungsi secara maksimal seiring dengan semakin tuanya teknologi, maka anda harus segera menyadarinya. Segeralah untuk membawa perangkat anda ke audiolog kepercayaan anda untuk mendapatkan perbaikan. Namun, bagi beberapa orang sebenarnya akan lebih baik untuk membeli perangkat yang baru daripada melakukan perbaikan. Karena uang yang akan dikeluarkan memiliki jumlah yang hampir sama.

Baca Juga :  Konsekuensi Gangguan Pendengaran Jika Tidak Diobati

2.      Situasi Keuangan

Untuk melakukan pembelian perangkat yang baru, tentu anda juga harus mengerti situasi keuangan anda saat ini. Beberapa alat bantu dengar memiliki harga yang cukup tinggi terlebih untuk ABD dengan model terbaru. Jika anda belum mampu untuk membeli ABD, jangan ragu untuk menabung dan menunggu. Hasil dari tabungan tersebut juga akan membuahkan sebuah alat yang bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama. Jadi, anda tidak akan merasa dirugikan untuk ini.

3.      Cukup Dengan Pemograman Ulang

Penggunaan alat bantu dengar setiap orang memiliki resep yang berbeda. Setiap ABD memiliki resep khusus karena diatur dengan kebutuhan si pengguna. Ketika anda merasa pendengaran anda semakin memburuk hingga menyebabkan anda kehilangan pendengaran maka anda bisa segera menuju ke audiolog anda. Hal ini penting untuk memeriksa apakah alat bantu dengar anda sudah memiliki resep yang sesuai dengan kebutuhan anda atau belum.

Audiolog juga biasanya akan melakukan pengukuran kotak uji yaitu pengukuran alat bantu dengar apakah sudah sesuai spesifikasinya atau belum. Jika anda memiliki keinginan untuk melakukan pemograman ulang pada alat bantu dengar anda, maka anda harus memperhitungkan usia ABD sejak pertama dipasang. Apabila usia perangkat anda sudah lebih dari dua tahun, maka akan lebih baik jika anda melakukan pemograman ulang daripada sekedar memperbaikinya.

4.      Sudah Optimalkah Untuk Memenuhi Kebutuhan?

Jika sebelumnya anda memiliki gangguan pada pendengaran, rasakanlah pasti anda sudah memiliki pendengaran yang lebih baik daripada sebelumnya semenjak melakukan tes pendengaran serta pemasangan ABD. Bisa jadi anda akan merasakan situasi sosial yang membaik. Anda sangat perlu untuk melakukan evaluasi dari pertama kali melakukan pemasangan hingga saat ini. Meskipun pendengaran Anda dapat berkurang secara bertahap dari waktu ke waktu bahkan jika Anda memakai ABD, mungkin Anda memerlukan teknologi yang lebih canggih untuk menyesuaikan gaya hidup Anda. Bagaimanapun, situasi kita akan berubah secara teratur dan setelah memakai jenis ABD tertentu selama bertahun-tahun, solusi sederhananya mungkin adalah Anda memerlukan alat bantu dengar baru.

Baca Juga :  Service Alat Bantu Dengar Depok

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada anda terkait dengan kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian Alat Bantu Dengar. Banyak orang bertanya-tanya apakah mereka perlu mengganti ABD mereka. Alat bantu dengar Anda tidak akan bertahan selamanya tetapi dapat bertahan lebih lama dari yang lain tergantung pada jenis ABD itu, serta seberapa baik Anda merawatnya. Pertimbangkan 4 faktor di atas maka anda tentu akan mendapatkan kesimpulan yang baik dan sesuai. Bagi anda yang membutuhkan konsultasi pendengaran, jangan lupa untuk mengunjungi kami di Klinik Pendengaran Tangerang.