Mengapa Perlengkapan Alat Bantu Dengar Penting?

alat bantu dengar

Apakah anda pernah mengalami gangguan pada pendengaran? Jika ya, maka segeralah untuk melakukan konsultasi pendengaran ke Klinik Pendengaran Depok. Hal ini penting agar tidak memperparah situasi pendengaran anda. Apabila dalam melakukan pemeriksaan kemudian audiolog mengatakan bahwa anda memiliki gangguan pendengaran, akan banyak kemungkinan bahwa anda diminta untuk menggunakan alat bantu dengar. Ingin tahu lebih lanjut tentang ABD dan seberapa penting keberadaannya untuk anda yang memiliki gangguan pada pendengaran? Yuk, simak informasinya berikut ini!

Alat Bantu Dengar

Apakah anda sudah tahu tentang alat bantu dengar? Alat bantu dengar ialah sebuah perangkat digital yang berfungsi untuk membantu pendengaran anda menjadi lebih baik. Bagi anda yang tidak bisa mendengar suara yang terlalu pelan ataupun terlalu tinggi, maka ABD ini adalah solusinya. ABD bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pendengaran anda melalui resep yang diketahui oleh audiolog anda. Untuk menyesuaikannya dengan Anda dan untuk melihat bagaimana Anda menggunakannya, Anda harus memiliki janji untuk memasang alat bantu dengar. Penunjukan pemasangan ABD adalah bagian penting dari proses, karena membantu Anda memilih perangkat yang tepat untuk Anda dan memastikannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mengapa Perlengkapan Alat Bantu Dengar Penting?

Berikut ini akan kami sajikan beberapa alasan mengapa alat bantu dengar ini sangat penting pemasangannya terutama untuk anda yang memiliki gangguan pendengaran. Simak poin-poinnya berikut ini:

a.       Sesuaikan Gaya Hidup

Salah satu alasan pertama mengapa pemasangan ABD sangat penting adalah bahwa pada saat janji temu, mereka dapat memastikan bahwa perangkat Anda sesuai dengan Anda dan telinga Anda, serta gaya hidup Anda. Ini akan membantu Anda menjalani kehidupan sehari-hari dan bahwa alat bantu dengar Anda akan membantu Anda, bukan menghalangi. Audiolog Anda akan menggunakan waktu ini untuk memeriksa apakah Anda memiliki alat bantu dengar yang tepat untuk Anda, dan apakah itu sesuai dengan kebutuhan Anda untuk menggunakannya. Lalu apa hubungannya dengan gaya hidup? Seseorang yang sering berkegiatan sosial tentu akan lebih sering membutuhkan ABD dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan mereka yang memiliki kegiatan sosial sedikit.

Baca Juga :  Cara Berkomunikasi dengan Penyandang Tunarungu

Ketika berada dalam kegiatan sosial, seseorang akan lebih banyak berinteraksi dengan orang lain hingga terpapar suara yang bernada tinggi. ABD bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anda tersebut dengan resep tertentu. Sehingga, jika anda merupakan seseorang yang memiliki aktifitas sosial cukup tinggi segeralah untuk mengunjungi audiolog. Mintal ABD dengan resep yang sesuai dengan gaya hidup anda tersebut.

b.      Lakukan Pemasangan Pada Telinga Anda

Jika anda sudah melakukan pengecekan terkait dengan ABD seperti apa yang anda butuhkan, anda bisa melakukan pemasangan pada telinga anda. Hal ini juga merupakan salah satu langkah untuk audiolog memastikan serta memeriksa bagaimana kecocokan serta kenyamanan yang anda peroleh. Selain itu, audiolog juga akan memeriksa apakah ketika ABD tersebut dipakai maka pendengaran anda sudah berfungsi secara optimal atau belum.

Anda pasti akan senang menggunakannya jika merasa cocok serta nyaman saat ABD tersebut digunakan. Terlebih jika suara yang anda dengar menjadi lebih jelas dari sebelumnya. Namun, pemasangan yang tidak benar dan tidak sesuai tentu akan membuat anda meninggalkannya begitu saja. Akhirnya ABD akan anda geletakkan begitu saja bukan? Itulah mengapa pemasangan pada telinga merupakan hal yang sangat penting anda lakukan bahkan saat sedang berada di Klinik Pendengaran Depok. Pertemuan dengan audiolog akan memeriksa bahwa tidak ada titik tekanan yang dapat menyebabkan luka, dan pemasangannya cukup ketat, sehingga hal-hal seperti umpan balik atau suara siulan dijaga seminimal mungkin.

c.       Disesuaikan Dengan Kebutuhan Anda

Pada saat anda melakukan pertemuan dengan audiolog untuk pemasangan alat bantu dengar, audiolog tentu juga akan memeriksa terkait dengan program serta kualitas suara dari ABD tersebut. ABD yang khusus dibuat untuk anda ini harus sesuai dengan keinginan dan kenyamanan anda. Sehingga audiolog memerlukan masukan atau evaluasi dari anda sebagai pasiennya, apakah hal tersebut sudah sesuai dengan keinginan anda atau belum. Adanya pemasangan ABD ini juga bisa memeriksa apakah alat bantu dengar sudah sesuai untuk mengatasi gangguan pendengaran anda serta berbagai kebutuhan pendengaran anda.

Baca Juga :  Penurunan Fungsi Indra Pendengaran di Usia Lanjut (Presbikusis)

Jika Anda masuk dan keluar dari lingkungan yang berbeda, misalnya pergi ke toko dan kemudian menelepon ke kantor pada menit berikutnya, pemasangan akan memastikan bahwa alat bantu dengar Anda cocok secara khusus dengan lingkungan tempat Anda berada, sehingga Anda dapat beralih di antara keduanya dengan mudah. Mungkin ada beberapa penyesuaian pada alat bantu dengar Anda yang dapat dengan mudah dilakukan di pertemuan pemasangan alat bantu dengar, memastikan bahwa Anda dapat menggunakan alat bantu dengar Anda secara optimal. Pemasangan alat bantu dengar juga akan membantu Anda mendapatkan alat bantu dengar terbaik untuk gangguan pendengaran Anda.

Itulah informasi yang dapat kami berikan seputar pentingnya perlengkapan alat bantu dengar. Bagi anda yang ingin melakukan konsultasi serta melakukan janji temu dengan audiolog, segeralah hubungi kami di Klinik Pendengaran Depok. Berikan yang terbaik untuk pendengaran yang lebih baik pula.