Kiat Teratas Untuk Memulai Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar di dalam telinga (In The Ear/ITE)

Saat ini untuk mengatasi gangguan pendengaran, maka banyak orang yang sudah menemukan solusi terbaiknya. Selain berkonsultasi dan melakukan berbagai terapi, salah satu solusi untuk penderita gangguan pendengaran adalah dengan menggunakan alat bantu dengar. Alat bantu dengar ialah sebuah alat yang berfungsi untuk membantu anda mendapatkan pendengaran yang lebih baik. ABD atau alat bantu dengar ini memiliki berbagai macam jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu. Maka dari itu, jika anda baru akan mencoba menggunakan alat bantu dengar, anda membutuhkan konsultasi terlebih dahulu. Anda bisa melakukan konsultasi dengan Klinik Pendengaran Jakarta. Ceritakan segala keluhan yang anda alami. Jangan lupa untuk mengikuti seluruh tes yang dilakukan oleh ahli agar dapat didefinisikan seberapa tingkat atau derajat pendengaran anda. Hal ini berguna untuk memilih jenis alat bantu dengar mana yang cocok dengan anda.

Berikut ini akan kami sampaikan beberapa hal terkait dengan penggunaan alat bantu dengar yang baru. Simak ulasan berikut untuk mengetahui informasi lengkapnya!

Gunakanlah Alat Bantu Dengar Anda Selama Mungkin

Tips pertama yang bisa anda lakukan adalah anda harus membiasakan diri menggunakan alat bantu dengar dalam waktu yang cukup lama. Biasanya seseorang yang baru menggunakan ABD akan merasa tidak nyaman dan lelah. Hal ini tentu sangat wajar terjadi oleh beberapa orang. Namun, jangan biarkan hal ini terus menerus terjadi. Anda harus dengan segera melakukan pembiasaan diri untuk menggunakan ABD dalam waktu yang cukup lama. Doronglah diri anda untuk menggunakan alat ini selama mungkin setiap hari. Anda bisa menggunakannya ketika berada di suasana yang ramai bahkan ketika suasana sangat tenang sekalipun seperti di rumah anda sendiri. Ketika anda sedang sendiri dan berada pada suasana yang tenang maka anda bisa mendengarkan ketenangan yang ada disekitar anda. Hal ini akan membuat otak anda terlatih mendengarkan suasana yang tenang dimana suara tersebut tidak pernah didengarkan.

Baca Juga :  Gangguan Pendengaran, Kenali Sejak Dini

Jaga Alat Bantu Dengar Anda dengan Benar

Alat bantu dengar memang memiliki ketangguhan, namun bukan berarti anda bisa menghancurkannya. Simpan dan jagalah ABD anda dari jangkauan anak-anak. Karena ketika alat ini dibanting maka perangkat beserta baterainya bisa mengalami kerusakan. Dikhawatirkan juga jika anda menaruh di sembarangan tempat maka akan meningkatkan resiko baterai ABD tertelah oleh anak-anak. Padahal baterai ini sangat berbahaya hingga menimbulkan keracunan. Jika hal ini terjeadi, segeralah meminta pertolongan Dokter.

Jauhkan ABD Dari Air

ABD bisa dikatakan hampir sama dengan alat elektronik atau digital lainnya yang akan rusak bila terkena air. Jagalah ABD anda dengan baik yaitu menggunakan bantuan hard case untuk tempat penyimpanannya. Perhatikan ABD anda dan jangan biarkan ia berada di tempat yang lembab, kotor dan berdebu jika anda menginginkan perangkat anda tetap berada pada kondisi yang baik.

Atur Ulang Pendengaran Menjadi Normal

Saatnya untuk menyesuaikan kembali pendengaran Anda dengan dunia. Jika volume TV Anda dinaikkan tinggi, mintalah seseorang dengan pendengaran normal untuk menyetel volume TV Anda ke level normal, lalu simpan di sana. Itu akan membantu Anda mengukur seperti apa tingkat volume suara bagi orang lain saat Anda terbiasa dengan alat bantu dengar baru Anda. Untuk sementara, Anda dapat mencoba menonton TV dengan subtitle aktif, untuk membantu melatih kembali otak Anda untuk menghubungkan suara dan bahasa. Anda juga dapat membiasakan diri dengan perangkat Anda dengan menutup mata dan mencoba mendengar dari mana suara itu berasal.

Lakukan Konsultasi Atau Temu Lanjutan

Jika hari ini anda sudah berhasil mendapatkan ABD dari Klinik Pendengaran Jakarta, maka selanjutnya jangan langsung bergegas meninggalkan klinik kami. Lakukan reservasi untuk konsultasi atau waktu temu berikutnya. Hal ini berguna akar kami bisa melakukan pemantauan terhadap kesehatan telinga anda setelah menggunakan ABD. Kami juga bisa melakukan penyesuaian ualang jika penggunaan sebelumnya membuat anda tidak nyaman atau muncul keluhan lain. Apabila anda memiliki masalah pendengaran lainnya, jangan lupa untuk berkonsultasi pula pada ahli-ahli yang kami miliki.  Kami biasanya dapat menyesuaikan suara sehingga alat bantu dengar Anda disesuaikan dengan Anda. Beberapa tweak dapat membuat semua perbedaan.

Baca Juga :  Cara Memilih Alat Bantu Dengar yang Tepat

Fitur Cukup Rumit? Mari Kami Bantu!

Bagi anda yang masih awam dengan penggunaan alat ini, jangan ragu untuk meminta bantuan. Mintalah bantuan pada kami ketika anda mengalami masalah untuk memasang alat bantu dengar ke ponsel ataupun perangkat lainnya. Kami sebagai klinik pendengaran terbaik dengan berbagai ahli yang professional bisa membantu anda untuk mendapatkan kemudahan dalam pemasangan.

Catatlah Semua Masalah Pendengaran Anda

Jika anda masih memiliki waktu yang cukup lama untuk bertemu kembali dengan konsultan kami, maka anda bisa mencatat semua masalah pendengaran anda. Catatlah semua permasalahan tersebut hingga bertemu kembali dengan ahli kami. Dengan begitu maka kami bisa lebih mudah untuk mendiagnosa dan mengatasi masalah tersebut.

Itulah informasi yang bisa kami berikan terkait dengan tips yang bisa anda lakukan ketika baru pertama kali menggunakan perangkat alat bantu dengar. Datanglah ke klinik pendengaran Jakarta untuk mendapatkan konsultasi, perawatan hingga perangkat alat bantu dengar yang sesuai dengan anda.