Konsultasi Gangguan Pendengaran Tangerang

infeksi telinga kronis

Apakah Anda sering mengalami masalah pada pendengaran? Telinga yang sering berdengung, telinga sakit atau sebagainya? Mungkin hal tersebut merupakan salah satu pertanda dari gangguan pendengaran. Pendengaran merupakan sistem yang vital bagi kehidupan manusia. Pendengaran yang terganggu dampaknya akan sangat terasa di kehidupan sehari-hari. Untuk itu penting untuk menjaga kesehatan organ pendengaran. Namun, terkadang pendengaran dapat mengalami masalah. Bagi Anda yang ingin melakukan konsultasi mengenai telinga dan pemasalahan gangguan pendengaran serta berdomisili di daerah Tangerang dan sekitarnya. Alangkah lebih baik untuk melakukan konsultasi gangguan pendengaran Tangerang di AQM Hearing Center Tangerang. Ingin tahu selengkapnya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Gangguan Pendengaran

Kondisi ini merupakan keadaan saat indra pendengaran tak berjalan sesuai dengan fungsinya secara normal. Terkadang muncul suara dengungan, volume suara terdengar kecil padahal cukup terdengar jelas bagi orang normal, ataupun gangguan lain yang mempengaruhi proses mendengar sehingga komunikasi menjadi terganggu. Gangguan pendengaran perlu diatasi sesegera mungkin agar kondisinya tidak semakin parah sehingga tak menyebabkan hilangnya pendengaran secara permanen.

Jenis Gangguan Pendengaran

Gangguan pendengaran terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan penyebab utama gangguan tersebut. Jenis gangguan pendengaran tersebut antara lain gangguan pendengaran konduktif, sensorineural, dan campuran.

Gangguan pendengaran tuli konduktif merupakan suatu kondisi ketika suara dari lingkungan luar tidak mampu untuk masuk ke telinga bagian dalam akibat terjadi suatu masalah pada saluran telinga, gendang telinga, ataupun tulang pendengaran. Penderita gangguan pendengaran konduktif biasanya tidak mampu untuk mendengar suara yang pelan. Sedangkan suara yang nyaring atau volumenya tinggi malah terdengar pelan. Untuk menentukan penyebab dan keparahan gangguan pendengaran konduktif, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik pada telinga dan melakukan pemeriksaan lain seperti tes pendengaran, audiometri, CT scan, dan MRI telinga.

Baca Juga :  Layanan Home Visit Alat Bantu Dengar Jakarta

Gangguan pendengaran sensorineural terjadi apabila terdapat gangguan pada jalur saraf antara telinga bagian dalam menuju otak atau ketika sel-sel rambut pada rumah siput hilang atau mengalami kerusakan sehingga sinyal suara tidak dapat ditangkap oleh otak. Berkurangnya kemampuan pendengaran akibat gangguan sensorineural ini bersifat permanen. Ada banyak faktor penyebab kondisi ini. Pada orang dewasa dapat disebabkan karena paparan suara bervolume keras yang terlalu lama. Sedangkan pada anak-anak dapat disebabkan karena kelainan bawaan ataupun infeksi.

Gangguan pendengaran campuran atau kombinasi terjadi ketika terjadi gangguan pendengaran konduktif dan sensorineural dalam waktu bersamaan. Kondisi ini ditunjukan dengan adanya gangguan pada telinga bagian luar, tengah, dalam, dan jalur saraf pendengaran menuju otak. Jadi, gangguan pendengaran campuran ini terjadi ketika bagian organ telinga dan sel saraf pendengaran mengalami gangguan atau kerusakan secara bersamaan. Orang dengan gangguan pendengaran ini biasanya mengalami gangguan pendengaran sensoneural terlebih dahulu namun tanpa adanya pengobatan atau perawatan sehingga dapat memperparah kondisi pendengaran sehingga menimbulkan gangguan pendengaran konduktif.

Alat Bantu Dengar

Salah satu penanganan yang paling umum untuk mengatasi gangguan pendengaran adalah menggunakan alat bantu dengar. Konsultasi gangguan pendengaran Tangerang merupakan langkah awal sebelum memutuskan untuk menggunakan alat bantu dengar. Anda harus mendatangi dokter THT untuk melakukan konsultasi pendengaran. Setelah itu audiolog akan melakukan tes pendengaran pada Anda. Hasil diagnosis dokter dari konsultasi dan tes pendengaran tersebut berguna untuk menentukan penanganan yang tepat untuk mengatasi gangguan pendengaran yang Anda alami sesuai dengan kondisi pendengaran.

Ada berbagai macam jenis alat bantu dengar yang umum digunakan dan beredar di pasaran. Jenis-jenis tersebut antara lain: ITE, BTE, RIC/RITE, ITC, CIC, dan open fit. Apabila kondisi pendengaran tak sanggup dibantu dengan alat bantu dengar, maka disarankan untuk melakukan implan koklea.

Baca Juga :  Konsultasi Gangguan Pendengaran Jakarta

Konsultasi Gangguan Pendengaran Tangerang

Organ telinga merupakan salah satu aset penting pada tubuh kita. Manfaatnya tidak main-main, dari proses mendengar hingga alat keseimbangan tubuh. Begitu berharganya telinga membuat kita harus merawatnya dengan baik dan hati-hati. Penting untuk rajin membersihkan telinga secara berkala agar kotoran tidak menumpuk sehingga menyumbat telinga dan menyebabkan gangguan pendengaran. Namun, membersihkan telinga tidak boleh sembarangan, sebaiknya menggunakan obat tetes telinga yang aman karena menggunakan cottod bud akan menyebabkan kotoran telinga semakin masuk ke dalam telinga.

Apabila Anda mengalami berbagai maslaah gangguan pendengaran atau terserang penyakit telinga, Anda dapat berkonsultasi ke AQM Hearing Center Tangerang. AQM Hearing Center Tangerang siap melayani Anda untuk konsultasi gangguan pendengaran bersama dengan tenaga konsultan profesional yang kami miliki.

Selain melayani konsultasi gangguan pendengaran, AQM Hearing Center Tangerang menyediakan layanan lain seperti tes pendengaran dan menyediakan berbagai perlengkapan alat bantu dengar. Semua yang Anda butuhkan mengenai masalah kesehatan telinga tersedia di AQM Hearing Center Tangerang.

Apabila Anda mengalami gangguan pendengaran dan membutuhkan alat bantu dengar maka Anda bisa mencarinya di distributor alat bantu dengar AQM Hearing Center Tangerang. AQM Hearing Center Tangerang menjual alat bantu dengar dengan kualitas yang bagus dan dengan harga yang menarik. Anda dapat melihat beberapa produk alat bantu dengar sesuai dengan rekomendasi dokter di website AQM Hearing Center Tangerang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.