Konsultasi Gangguan Pendengaran Jakarta

Gangguan pendengaran merupakan suatu kondisi yang menyebabkan telinga sulit untuk mendengar, telinga terasa sakit, nyeri, mendengung, atau mengeluarkan cairan nanah. Apabila Anda mengalami gejala tersebut sebaiknya segera lakukan konsultasi gangguan pendengaran ke dokter telinga, hidung, dan tenggorokan (THT). Apakah Anda sudah pernah berkonsultasi mengenai masalah gangguan pendengaran? Masih bingung bagaimana proses konsultasinya? Berikut kami sajikan beberapa informasi mengenai konsultasi gangguan pendengaran Jakarta.

Apa Itu Dokter Spesialis THT?

Dokter THT adalah dokter spesialis yang menangani masalah telinga, hidung, dan tenggorokan. Walaupun telinga, hidung, dan tenggorokan terlihat berbeda, namun ketiganya merupakan satu kesatuan bagian dari sistem pernapasan. Ketiganya memiliki membran mucus. Pada telinga terdapat saluran eustachius yang berfungsi untuk mengatur tekanan dalam telinga. Saluran ini menghubungkan bagian belakang hidung dengan telinga.

Telinga, hidung, dan tenggorokan menjadi satu kesatuan yang tak bisa terpisahkan. Oleh karena itu apabila ada satu organ saja yang mengalami gangguan maka organ lain juga akan terganggu. Misalnya saat seseorang terserang flu, hidungnya pasti akan banyak lendir ingus, tenggorokan mengalami iritasi, dan telinga akan sedikit terasa mendengung atau kemampuan mendengar menjadi menurun.

Dokter THT disebut juga dengan otolaringolog. Namun, terkadang otolaringolog dianggap sama dengan audiolog karena keduanya sama-sama menangani masalah telinga. Otolaringolog merupakan seorang dokter spesialis yang mendiagnosa masalah gangguan yang mempengaruhi telinga. Sedangkan audiolog merupakan dokter spesialis yang fokus pada penanganan masalah gangguan pendengaran dan tuli. Keduanya merupakan dokter yang melakukan pemeriksaan dan diagnosa atas gangguan pendengaran dan membantu menentukan alat bantu dengar yang tepat untuk penderita.

Konsultasi gangguan pendengaran dapat dilakukan apabila terdapat gangguan pada telinga yang mempengaruhi keseimbangan seperti pusing, serta cedera pada teling, hidung, dan tenggorokan.

Baca Juga :  Harus Dibaca Sebelum Membeli Alat Bantu Dengar

Alur Konsultasi Gangguan Pendengaran

Untuk melakukan konsultasi gangguan pendengaran, penderita gangguan pendengaran harus menjalani beberapa alur sebagai berikut:

  • Ketika merasakan gejala gangguan pendengaran seperti telinga berdenging, sakit kepala, keluar cairan atau nanah dari dalam telinga, dan menurunnya kemampuan mendengar, penderita dapat memeriksakannya pada dokter umum. Setelah dirasa perlu bantuan dokter THT, maka dokter umum akan memberi rujukan kepada dokter THT.
  • Dokter THT akan mengumpulkan beberapa informasi kesehatan si penderita seperti riwayat kesehatan dan rekam medis dari dokter umum.
  • Selanjutnya dokter THT akan menanyai perihal gejala apa saja yang dirasakan penderita dan aktivitas apa yang ia lakukan sehari-hari atau sakit apa yang baru saja diderita.
  • Memeriksa penyebab munculnya gejala gangguan pendengaran dengan pemeriksaan fisik dan tes pendengaran seperti nasolaringoskopi.
  • Hasil tes akan muncul dalam satu hari.
  • Berdasarkan hasil tes dan pemeriksaan fisik, dokter THT akan merekomendasikan perawatan atas gangguan pendengaran yang terjadi seperti mengkonsumsi obat, melakukan gaya hidup sehat, berhenti menggunakan headset dengan suara keras, atau menggunakan alat bantu dengar.

Nah itulah beberapa ulasan mengenai konsultasi gangguan pendengaran Jakarta. Telinga memang organ penting yang harus dijaga dengan baik karena fungsinya sangat penting dalam proses mendengarkan. Proses mendengarkan ini sangat penting untuk berkomunikasi dan bersosialisi dengan masyarakat.

Sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan telinga ke dokter agar apabila terjadi gangguan telinga dapat tertangani sedini mungkin. Jangan sampai gangguan pendengaran diabaikan sehingga lama-kelamaan menyebabkan ketulian permanen. Ada baiknya rutin untuk melakukan pemeriksaan telinga setahun sekali bila memungkinkan atau minimal 10 tahun sekali bagi yang berusia di bawah 50 tahun dan 3 tahun sekali bagi yang berusia di atas 50 tahun.

Baca Juga :  Konsultasi Gangguan Pendengaran Depok

Pentingnya Memeriksa Telinga

Telinga merupakan salah satu aset penting pada tubuh kita. Manfaatnya tidak main-main, dari proses mendengar hingga alat keseimbangan tubuh. Begitu berharganya telinga membuat kita harus merawatnya dengan baik dan hati-hati. Penting untuk rajin membersihkan telinga secara berkala agar kotoran tidak menumpuk sehingga menyumbat telinga dan menyebabkan gangguan pendengaran. Namun, membersihkan telinga tidak boleh sembarangan, sebaiknya menggunakan obat tetes telinga yang aman karena menggunakan cottod bud akan menyebabkan kotoran telinga semakin masuk ke dalam telinga.

Apakah Anda merasakan adanya masalah gangguan pendengaran pada telinga Anda? Apakah saat ini Anda sedang mencari jasa konsultasi gangguan pendengaran Jakarta? Tak perlu bingung, kini ada tempat untuk konsultasi gangguan pendengaran Jakarta yang profesional dan terpercaya. AQM Hearing Center Jakarta jawabannya. AQM Hearing Center Jakarta siap melayani Anda untuk konsultasi gangguan pendengaran bersama dengan tenaga konsultan profesional kami.

Selain konsultasi gangguan pendengaran, AQM Hearing Center Jakarta menyediakan layanan lain seperti tes pendengaran dan menyediakan berbagai perlengkapan alat bantu dengar. Semua yang Anda butuhkan mengenai masalah kesehatan telinga tersedia di AQM Hearing Center Jakarta.

Apabila Anda mengalami gangguan pendengaran dan membutuhkan alat bantu dengar maka Anda bisa mencarinya di distributor alat bantu dengar AQM Hearing Center Jakarta. AQM Hearing Center Jakarta menjual alat bantu dengar dengan kualitas yang bagus dan dengan harga yang menarik. Anda dapat melihat beberapa produk alat bantu dengar sesuai dengan rekomendasi dokter di websitenya aqm-hearingcenter.com.

Biasanya, pada usia lanjut pendengaran mulai menurun. Oleh karena itu mari jaga kesehatan telinga dengan baik agar menua dengan pendengaran yang baik pula.

 

 

Baca Juga :  Alat Bantu Dengar, Solusi untuk Gangguan Pendengaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.