Keterkaitan Gangguan Pendengaran dan Usia

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa gangguan pendengaran seringkali di kaitkan dengan usia. Mereka yang berusia lebih dari 50 tahun memiliki resiko yang lebih besar untuk terkeena gangguan pendengaran. Lalu, seperti apakah keterkaitan gangguan pendengaran dan usia? Yuk, cari tahu dalam ulasan berikut ini bersama Hearing Center depok!

Tentang Gangguan Pendengaran dan Usia

Manusia mengalami pertambahan usia dan hal ini mengakibatkan adanya perubahan fungsi tubuh bahkan bentuk atau struktunya juga bisa mengalami perubahan. Salah satu bentuk perubahannya adalah kemampuan pendengaran yang semakin menurun. Hal ini di karenakan organ telinga manusia bisa mengalami penurunan fungsi. Penurunan kemampuan pendengaran yang di sebabkan oleh penuaan adalah kondisi yang sangat wajar terjadi. Hal ini hampir mempengaruhi semua orang dewasa dengan usia yang sudah tua seperti 60 tahun ke atas.

Masalah gangguan pendengaran dan usia ini seringkali di kenal sebagai presbikusis. Gangguan pendengaran bukanlah penyakit kronis yang bisa mengancam keselamatan jiwa seperti penyakit jantung atau diabetes. Tetapi, gangguan pendengaran ini bisa mempengaruhi kualitas hidup seseorang serta keseimbangan tubuhnya. Selain kesulitan untuk mendengarkan serta berkomunikasi dengan lingkungan sosial, hal ini bisa memicu stress pada pasien hingga merasa di kucilkan. Jika hal ini terjadi, gangguan mental menjadi mudah untuk menyerang pasien.

Penyebab

Seseorang bisa mengalami gangguan pendengaran karena usia bukan secara instan, langsung atau mendadak melainkan secara bertahap dari waktu ke waktu. Perubahan yang terjadi pada telinga ini berkembang secara bertahap. Beberapa perubahan yang mungkin terjadi adalah hal-hal berikut ini:

  1. Adanya perubahan struktur telinga bagian dalam
  2. Berubahnya aliran darah ke telinga
  3. Terdapat gangguan yang terjadi pada saraf yang bertanggung jawab atau berfungsi di bagian pendengaran
  4. Berubahnya cara otak untuk memproses ucapan serta suara
  5. Adanya kerusakan pada rambut-rambut kecil yang berada di telinga dimana ia bertanggung jawab untuk melakukan pengiriman suara ke otak.
Baca Juga :  Yuk Kenali Plus Minus Alat Bantu Dengar Sebelum Membelinya

Beberapa masalah yang juga bisa menyebabkan adanya gangguan pendengaran terkait usia ialah sebagai berikut:

  1. Memiliki sirkulasi yang buruk
  2. Penyakit gula darah atau diabetes
  3. Sering terpapar suara yang keras atau bising
  4. Akibat penggunaan obat tertentu
  5. Adanya riwayat gangguan pendengaran di keluarga
  6. Aktifitas merokok

Gejala

Anda mungkin akan menyadari bahwa anda mengalami gangguan pendengaran ketika anda mulai kesulitan untuk mendengar suara dengan nada tinggi. Selain itu, ada kemungkinan bahwa anda juga akan mengalami kesulitan untuk mendengar suara perempuan atau mungkin suara anak-anak. Sulit mendengar suara latar serta kesulitan untuk mendengar orang lain berbicara juga menjadi salah satu gejala anda mengalami gangguan pendengaran terkait usia. Gejala lain yang dapat menjadi tanda bahwa anda mengalami gangguan pendengaran terkait usia ialah sebagai berikut:

  1. Beberapa suara di rasa terlalu keras untuk di dengarkan
  2. Sulit untuk mendengar ketika berada di lokasi yang bising dan ramai
  3. Sering mengeluh kesulitan untuk mendengar perbedaan dari huruf “s” serta “th”
  4. Mengalami telinga berdenging
  5. Seringkali menaikkan volume telvisi, radio atau music lebih keras daripada orang lain
  6. Meminta lawan bicara untuk mengulangi perkatannya berkali-kali
  7. Kesulitan untuk memahami percakapan melalui telepon

Jika anda mengalami beberapa gejala di atas, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter THT, ahli pendengaran, audiolog atau anda juga bisa mengunjungi kami di Hearing Center Depok. Hal ini penting agar anda bisa di periksa oleh dokter dan diketahui penyebab serta kondisi telinga anda dengan akurat.

Diagnosa Gangguan Pendengaran dan Usia

Setelah anda mengetahui bahwa anda mengalami beberapa gejala gangguan pendengaran yang berkaitan dengan usia maka anda bisa menemui dokter THT agar kondisi anda bisa di diagnosis dengan akurat. Para ahli ini akan melakukan pemeriksaan fisik secara lengkap supaya bisa menyingkirkan penyebab lain dari gangguan pendengaran. Otoskop juga akan di gunakan untuk melihat kondisi telinga bagian dalam anda.

Baca Juga :  Tips Mengatasi Telinga Berdarah

Apabila dokter THT tidak bisa menemukan penyebab lain dari gejala yang anda alami, maka besar kemungkinan mereka akan mendiagnonis bahwa anda mengalami gangguan pendengaran yang di sebabkan oleh usia. Untuk selanjutnya anda akan di arahkan untuk mengunjungi spesialis pendengaran atau audiolog. Di sini audiolog akan melakukan berbagai pemeriksaan menggunakan beberapa jenis tes pendengaran yang sesuai. Melalui audiolog ini akan di ketahui berapa dan apa saja yang terjadi pada pendengaran anda.

Pengobatan Gangguan Pendengaran

Penurunan kemampuan mendengar yang disebabkan oleh usia hingga saat ini tidak di temukan obatnya. Apabila seseorang di diagnosa terkena gangguan pendengaran akibat peningkatan usia, maka dokter hanya akan memberikan beberapa solusi untuk peningkatan pendengaran serta kualitas hidup. Beberapa solusi yang mungkin ditawarkan adalah sebagai berikut:

  1. Penggunaan alat bantu dengar agar anda bisa mendengar dengan lebih jelas
  2. Adanya perangkat bantu contohnya adalah amplifier telepon
  3. Mempelajari bahasa isyarat atau belajar membaca gerak bibir. Hal ini dilakukan untuk orang yang memiliki gangguan pendengaran tingkat tinggi, parah atau kronis

Itulah informasi yang bisa kami berikan tentang keterikatan gangguan pendengaran dan usia. Bagi anda yang membutuhkan layanan konsultasi, perawatan, pemeriksaan hingga membutuhkan alat bantu dengar, anda bisa mengunjungi kami di Klinik Pendengaran Depok.