Ketahui Pentingnya Pemeriksaan Audiometri

pemeriksaan audiometri

Sudahkah anda mengenal dan mengetahui istilah audiometri? Ini merupakan salah satu bagian penting untuk menjaga kesehatan telinga anda. Berikut ini tim Hearing Center Depok akan berbagi informasi menarik tentang pentingnya pemeriksaan audiometri. Yuk, kenali dan pahami pemeriksaan audiometri melalui artikel berikut ini!

Pengertian Audiometri

Audiometri memiliki istilah atau definisi yaitu sebuah pemeriksaan yang memiliki tujuan untuk memeriksakan fungsi pendengaran. Tes atau pemeriksaan audometri ini menjadi penting untuk dilakukan karena pertambahan usia ternyata bisa membuat seseorang mengalami gangguan kesehatan. Maka dari itu tes audiometri menjadi hal yang penting karena untuk segera mendeteksi adanya gangguan yang bisa saja terjadi.

Berdasarkan data yang ada lebih tepatnya data yang disuguhkan oleh Kementerian Kesehatan RI, orang yang mengidap tuli atau kehilangan kemampuan pendengaran ini telah dialami oleh lebih dari sekitar 360 juta orang di dunia. Adapun Asia Tenggara memiliki jumlah kasus yaitu sekitar 180 juta sedangkan untuk negara kita Indonesia merupakan negara dengan peringkat ke empat di Asia Tenggara yang memiliki jumlah kasus tuli terbanyak.

Bagaimana Gangguan Pendengaran Dapat Terjadi?

Sebelum mengetahui tentang bagaimana gangguan pendengaran dapat terjadi, maka kita perlu mengetahui bagaimana proses pendengaran itu dapat terjadi. Proses mendengar pada telinga manusia dapat terjadi apabila getaran gelombang suara yang ada di lingkungan dapat diubah menjadi sebuah sinya saraf. Sinyal saraf inilah yang kemudian akan diproses oleh organ otak dan menjadi suara. Nah, apabila terjadi sebuah gangguan maka tentu proses mendengar ini juga akan terganggu.

Adapun penyebab dari terganggunya pendengaran tentu sangat beragam. Hal ini bisa dimulai dari faktor usia, cacat yang merupakan bawaan lahir, gendang telinga pecah, cedera di bagian kepala ataupun di bagian telinga, paparan suara yang terlalu keras, adanya penumpukan kotoran telinga, terjadinya infeksi (seperti infeksi telinga kronism meningitis dan campak) serta jugga bisa disebabkan oleh efek samping mengonsumsi obat tertentu.

Baca Juga :  Begini Prosedur Tes Pendengaran yang Menarik Anda Ketahui!

Mengapa Pemeriksaan Audiometri Itu Penting?

Telah kami jelaskan sebelumnya bahwa ketika seseorang mengalami pertambahan usia maka akan semakin rentan seseorang tersebut terkena gangguan pendengaran. Hal ini bisa terjadi secara sementara bahkan ada pula yang mengalami gangguan pendengaran secara permanen. Gangguan pendengaran bisa terjadi secara bertahap namun ada pula jenis gangguan pendengaran yang terjadi secara mendadak. Contoh jenis gangguan pendengaran yang terjadi secara mendadak adalah ketika mengalami cedera. Hal inilah yang kemudian menjadikan pemeriksaan audiometri menjadi hal penting yang perlu untuk dilakukan secara rutin. Namun, jika anda tidak memiliki banyak waktu atau memiliki masalah ekonomi jika harus melakukan pemeriksaan secara rutin maka anda bisa melakukan tes jika mengalami gejala berikut:

  1. Kesulitan untuk mendengarkan ucapan dari orang lain.
  2. Mengalami tinnitus atau telinga yang berdenging dengan frekuensi yang terlalu sering.
  3. Jika sedang berbicara atau berdiskusi dengan orang lain, maka akan meminta orang lain untuk mengulangi pembicaraannya hingga berkali-kali.
  4. Selalu menggunakan volume yang tinggi ketika sedang mendengarkan music ataupun sedang menonton televisi.

Melakukan Uji Pendengaran dengan Pemeriksaan Audiometri

Ketika anda memutuskan untuk menguji pendengaran anda dengan melaksanakan pemeriksaan audiometri maka anda akan di periksa menggunaan suatu alat atau mesin. Adapun alat atau mesin ini memiliki fungsi untuk bisa menghasilkan suara dengan volume serta frekuensi yang berbeda. Saat sedang melakukan pemeriksaan audiometri, maka penderita atau pasien akan di minta untuk mendengarkan berbagai jenis suara dengan tingkat kenyaringan ataupun tingkat kecepatan getaran gelombang suara yang berbeda-beda. Adapun salah satu jenis pemeriksaan audiometri adalah tes nada murni. Tujuan dari di adakannya tes nada murni ini adalah untuk melakukan pengukuran suara mulai dari suara yang paling senyap hingga suara yang bisa di dengar.

Baca Juga :  7 Life Hack Pendengaran Yang Sehat

Petugas ahli pendengaran yang menangani tes pendengaran anda biasanya akan membantu anda untuk bisa memainkan berbagai suara. Contohnya adalah bunyi serta ucapan yang menggunakan interval berbeda dari satu telinga di suatu waktu. Adapun tujuannya adalah agar bisa menentukan rentang kemampuan pendengaran di masing-masing telinga. Petugas biasanya juga akan memberikan anda sebuah instruksi (contohnya adalah dengan mengulang ucapan atau mengangkat tangan) ketika suara dari mesin sudah bisa anda dengar dengan baik. Untuk tujuannya sendiri adalah untuk melakukan evaluasi kemampuan anda dalam membedakan bunyi ucapan dengan suara sekitar serta mengenali kata.

Tes atau pemeriksaan audiometri ini biasanya akan berlangsung dalam waktu kurang lebih satu jam. Tidak terdapat persiapan khusus yang perlu anda lakukan ketika ingin melakukan tes audiometri. Pelaksanaan tes ini jarang sekali menimbulkan efek samping yang negative. Untuk hasil pemerikasaan audiometri ini bisa di lihat secara langsung. Anda juga bisa langsung mendiskusikan hal ini dengan petugas yang sedang bertugas. Setelah tes tersebut berlangsung, maka dokter bisa menganalisis dengan penilaian terhadap hasil yang telah keluar. Dokter biasanya juga akan memberikan informasi terkait tindakan selanjutnya yang perlu anda lakukan serta berbagai upaya pencegahan yang bisa anda lakukan.

Itulah informasi yang bisa kami berikan terkait dengan pentingnya pemeriksaan audiometri. Bagi anda yang membutuhkan layanan konsultasi gangguan pendengaran, anda bisa menghubungi dan mengunjungi kami di Klinik Pendengaran Depok.