Kenali Penyebab Kenapa Telinga Berdarah

Penyebab Telinga Berdarah

Apakah anda pernah mengalami telinga berdarah? Berikut informasi mengenai penyebab telinga berdarah untuk anda.

Penyebab Telinga Berdarah

Pendarahan pada telinga dapat terjadi karena adanya gangguan pada telinga. Gangguan telinga seperti infeksi, kemasukan benda asing, cedera pada telinga dapat menyebabkan adanya pendarahan pada telinga.

Telinga yang berdarah menjadi pertanda situasi darurat yang harus segera diatasi. Apabila mengalami situasi darurat telinga darurat lebih baik segera melakukan pemeriksaan telinga ke dokter untuk memastikan penyebab mengapa telinga anda mengalami pendarahan dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Penyebab Telinga Berdarah

Telinga yang berdarah dapat terjadi secara tidak sengaja yang mana telinga mengalami cedera, infeksi, maupun gangguan telinga lainnya. Cedera telinga yang menjadi penyebab telinga berdarah dapat terjadi karena proses pembersihan telinga untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk menggunakan alat seperti pinset, cotton bud, maupun jari tangan menyebabkan luka berupa goresan pada telinga sehingga telinga berdarah. Selain karena cedera beberapa penyebab lainnya mengalami pendarahan dalam telinga.

1. Mengalami Infeksi Telinga

Infeksi telinga dapat menyerang dan terjadi pada anak-anak hingga dewasa. Namun sering terjadi pada anak-anak. Infeksi telinga pada anak terjadi dikarenakan telinga anak-anak yang lebih sensitif dan belum berkembang sempurna seperti telinga orang dewasa. Inilah yang menjadi penyebab telinga anak-anak mengalami kerentanan untuk mengalami infeksi.

Infeksi telinga biasanya terjadi karena bakteri atau virus yang menginfeksi telinga terutama telinga bagian tengah atau gendang telinga. Mengalami infeksi telinga akan terasa nyeri. Hal ini dikarenakan adanya penumpukan cairan pada telinga akibat infeksi. Penumpukan cairan ini mendorong gendang telinga sehingga gendang telinga dapat pecah dan mengalami pendarahan. Infeksi telinga pada kondisi parah akan menyebabkan nanah ataupun darah yang mengalir keluar dari telinga.

Baca Juga :  Fungsi Saluran Eustachius pada Telinga

Saat mengalami infeksi telinga beberapa gejala yang mungkin dapat anda rasakan seperti anda merasakan demam, meriang, sakit kepala, telinga memerah, telinga membengkak, telinga terasa sakit, kesulitan untuk tidur, mengalami gangguan keseimbangan tubih karena adanya tekanan pada telinga, gangguan pendengaran, dan sakit pada leher.

2. Telinga Mengalami Kemasukan Benda Asing

Benda asing bisa saja memasuki telinga anda apalagi benda asing tersebut memiliki ukuran kecil bahkan sangat kecil. Jenis kategori jenis benda asing yang dapat memasuki telinga adalah hewan, dan benda-benda berukuran kecil lainnya.

Benda asing ini seringkali memasuki telinga anak-anak. Hal ini dikarenakan anak-anak terkadang memiliki kebiasaan memasukkan benda-benda kecil ke dalam tubuhnya termasuk telinga. Benda asing yang memasuki telinga menyebabkan keidaknyamanan pada telinga. Sehingga membuat telinga dapat mengeluarkan darah.

Mengalami kemasukan benda asing dan tidak kunjung dikeluarkan dapat menjadi pemicu infeksi telinga. Infeksi telinga muncul dengan beberapa gejala akibat kemasukan benda asing seperti telinga terasa sakit, telinga mengalami tekanan, telinga mengeluarkan cairan, pusing dan mengalami gangguan pendengaran.

Jika mengalami telinga kemasukan benda asing lebih baik anda segera melakukan tindakan untuk mengeluarkan benda tersebut. Apabila kemasukan benda asing berupa hewan kecil, anda dapat menggunakan obat tetes telinga agar hewan di dalam telinga tidak masuk lebih ke dalam dan mudah dikeluarkan.

Namun jika kemasukan benda asing berupa benda kecil seperti mainan kecil anak-anak, anda lebih baik melakukan tindakan dokter untuk membantu mengeluarkan benda asing.

3. Mengalami Pecahnya Gendang Telinga

Salah satu penyebab telinga berdarah adalah mengalami pecahnya gendang telinga. Pecahnya gendang telinga ini disebabkan oleh robeknya selaput tipis telinga yang memisahkan telinga tengah dengan telinga luar.

Baca Juga :  Gangguan Pendengaran di Usia Muda

Mengalami gendang telinga pecah dapat terjadi namun kita tidak menyadarinya tiba-tiba timbul rasa sakit pada telinga dan telinga berdarah. Saat mengalami gendang telinga pecah biasanya ditandai dengan beberapa gejala seperti telinga berdenging, telinga terasa penuh, munculnya rasa vertigo yang menyebabkan mual dan muntah, dan mengalami gangguan pendengaran.

Apabila mengalami gendang telinga pecah lebih baik anda berkonsultasi ke dokter THT agar mendapat penanganan terbaik.

4. Mengalami Kanker Saluran Telinga

Telinga berdarah dapat disebabkan adanya kanker yang menyerang saluran telinga. Kasus telinga berdarah karena kanker salurang telinga ini terjadi telinga bagian luar. Seseorang yang mengalami infeksi telinga yang kronis memiliki resiko lebih besar terkena kanker pada saluran telinga.

Apabila mengalami kanker saluran telinga biasanya ditandai dengan gejala seperti telinga terasa sakit, kelenjar getah bening pada telinga mengalami pembengkakan, telinga berdenging, sakit kepala, dan gangguan pendengaran.

Untuk mengetahui apakah mengalami kanker telinga lebih baik anda memeriksaan telinga anda ke dokter THT apabila menemui gejala-gejala tanda kanker .Apalagi anda mengalami infeksi telinga yang tidak kunjung sembuh. Pemeriksaan ke dokter THT dengan tujuan untuk memastikan apakah anda benar mengalami kanker saluran telinga.

5. Barotrauma Telinga

Salah satu penyebab telinga berdarah dapat disebabkan oleh barotrauma. Barotrauma merupakan trauma telinga yang disebabkan adanya perbedaan tekanan udara yang cukup tinggi. Hal ini terjadi apabila anda berada pada kondisi perubahan ketinggian secara tiba-tiba.

Barotrauma dapat terjadi menyebabkan telinga mengalami trauma sehingga telinga berdarah. Mengalami barotrauma dapat terjadi pada aktivitas terbang, terjun payung, dan menyelam. Ini menyebabkan pendarahan akibat pecahnya gendang telinga setelah berada pada perubahan ketinggian.

Mengalami barotrauma biasanya ditandai dengan gejala pusing, telinga terasa sakit, telinga berdengung, tekanan pada telinga, dan mengalami gangguan pendengaran.

Baca Juga :  Siapa yang Tidak Diperbolehkan Menggunakan Alat Bantu Dengar?

Demikian informasi mengenai mengapa telinga dapat berdarah dengan sendirinya. Semoga setelah anda mengetahui penyebab telinga berdarah anda menghindari hal-hal yang menyebabkan telinga berdarah. Selain itu, anda juga lebih menjaga kesehatan telinga anda.