Jenis Makanan Untuk Mempertajam Pendengaran

jenis makanan untuk mempertajam pendengaran

Apakah anda mengetahui jenis makanan yang bermanfaat bagi pendengaran? berikut ini jenis makanan untuk mempertajam pendengan.

Makanan adalah hal pokok yang penting bagi kehidupan manusia. Banyak sekali jenis makanan yang memiliki manfaat bagi tubuh seperti jenis makanan sebagai bahan energi tubuh, makanan yang mengandung vitamin, mineral, dan lain-lain. Makanan sebagai nutrisi bagi tubuh sangat dibutuhkan apalagi di masa anak – anak yang mengalami pertumbuhan.

Apakah anda tahu bahwa terdapat jenis makanan yang bermanfaat untuk mempertajam pendengaran? Apalagi pada kondisi bertambahnya usia, fungsi pendengaran pada manusia selalu mengalami penurunan sedikit demi sedikit. Hal ini disebut dengan presbikusis atau gangguan pendengaran yang disebabkan oleh usia yang mana tubuh mengalami penurunan fungsi yang semestinya.

jenis makanan untuk mempertajam pendengaran

Kandungan pada Jenis makanan untuk mempertajam pendengaran

Jika anda ingin menjaga pendengaran dengan mengonsumsi makanan. Jenis makanan tersebut harus mengandung nutrisi yang sebagai berikut.

1. Folat

Kandungan folat sangat baik bagi tubuh terutama untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Sering kali ibu hamil mengonsumsi asam folat untuk menjaga kehamilannya. Selain itu, folat merupakan nutrisi yang baik untuk mempertajam pendengaran. folat dapat bekerja dengan cara mendukung metabolism homosistein serta dapat menjaga aliran darah pada telinga atau indera pendengaran agar tetap berjalan baik.

2. Kalium

Kandungan kalium pada makanan memiliki manfaat memperbaiki fungsi pendengaran. kalium dapat membantu sel dalam mengonversi suara menjadi sinyal yang dapat ditafsirkan oleh otak.

3. Magnesium

Makanan yang mengandung magnesium dapat mengatasi radikal bebas yang ada dalam tubuh saat mendapati suara yang berisik. Magnesium sebagai pelindung sel pada telinga bagian dalam dan juga dapat melebarkan pembuluh darah.

4. Vitamin

Jenis makanan yang mengandung vitamin seperti vitamin C, D, E dapat melindungi sel  dari kerusakan dan sebagai antioksidan. Vitamin ini dapat membantu mencegah infeksi pada telinga dan juga mempertajam pendengaran. Selain itu, kandungan vitamin D dapat memperkuat tulang rawan pada telinga.

Baca Juga :  Penggunaan Ear Candle: Aman Atau Bahaya?

5. Omega

Makanan yang mengandung omega sangat baik bagi tubuh terutama kesehatan telinga. Omega dipercaya dapat mempertajam pendengaran. kandungan omega sangat baik dalam meminimalisir resiko mengalami gangguan pendengaran akibat pertambahan usia. Selain itu, omega dapat memperkuat sirkulasi aliran darah yang baik untuk pendengaran.

6. Zinc

Kandungan Zinc merupakan kandungan yang baik untuk mempertajam pendengaran. Zink memiliki manfaat untuk penyembuhan sel yang mengalami kerusakan terlebih kerusakan sel telinga akibat dari infeksi telinga.

Jenis Makanan Dapat Mempertajam Pendengaran

Berikut ini adalah rekomendasi jenis makanan yang mengandung nutrisi cukup untuk mempertajam pendengaran.

1. Cokelat

jenis makanan untuk mempertajam pendengaran

Salah satu jenis makanan favorit semua kalangan adalah cokelat. Cokelat ini memiliki manfaat untuk kebebalan tubuh dan dapat memperkuat sistem jaringan tubuh. Selain itu, cokelah baik membantu pertumbuhan sel serta mampu melawan infeksi telinga sehingga ketajaman pendengaran tidak perlu dipertanyakan.

2. Ikan

jenis makanan untuk mempertajam pendengaran

Jenis makanan yang mengandung omega seperti pada kandungan ikan sangat baik dalam mempertajam pendengaran. ikan yang mengandung omega dapat menurunkan resiko penurunan pendengaran dengan cepat. Omega juga dipercaya baik untuk kesehatan jantung.

3. Brokoli

jenis makanan untuk mempertajam pendengaran

Jenis sayuran brokoli yang memiliki bentuk unik ini juga memiliki kandungan yang baik juga bagi kesehatan terutama kesehatan pendengaran. brokoli mengandung antioksidan dan asam folat dapat menurunkan resiko gangguan pendengaran. Selain itu, pada brokoli juga mengandung vitamin dan serat dapat membantu melawan radikal bebas berbentuk suara yang dapat merusak sel jaringan pada telinga.

4. Buah Pisang

 

Buah yang sering disukai oleh semua kalangan ini adalah pisang. Pisang mengandung magnesium dan kalium yang baik bagi kesehatan indera pendengaran. Magnesium dan kalium pada pisang memiliki fungsi sebagai pelindung sel-sel pada telinga bagian dalam. Selain itu, dapat mencegah efek dari radikal bebas suara bising yang masuk ke telinga.

Baca Juga :  Tips Telinga Berdenging

5. Bayam

jenis makanan untuk mempertajam pendengaran

Jenis sayuran yang dapat mempertajam pendengaran adalah bayam. Bayam memiliki kandungan yang hampir sama dengan brokoli. Mengonsumsi bayam akan memnurunkan resiko terkena gangguan pendengaran.

6. Jeruk

Buah jeruk dipercaya sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin c yang amat banyak. Vitamin c dapat meningkatkan fungsi kekebalan pada tubuh untuk mencegah adanya infeksi telinga. Selain vitamin, jeruk mengandung kalium dan vitamin E yang baik untuk membantu memperlancar sirkulasi aliran darah pada telinga.

7. Alpukat

Salah satu buah yang menjadi favorit semua orang adalah alpukat. Alpukat mengandung magnesium yang dapat memperbaiki gangguan pendengaran akibat sering kali terkena paparan suara bising dan juga mempertajam pendengaran.

8. Kacang-Kacangan

Jenis makanan favorit orang dewasa adalah kacang – kacangan. Kacang memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan telinga yaitu kandungan Zinc. Makan makanan mengandung Zinc dapat mengatasi gangguan pendengaran. Kemudian, gangguan pendengaran seperti telinga berdengung atau tinnitus dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan mengandung Zinc. Zinc juga dapat sebagai sistem imun tubuh terutama telinga yang sering kali mengalami infeksi.

9. Bawang Putih

jenis makanan untuk mempertajam pendengaran

Jenis bahan masakan yang sering digunakan adalah bawang putih. Perlu diketahui bahwa bawang putih akan kaya manfaat salah satunya dapat meningkatkan sirkulasi darah. Mengonsumsi bawang putih dapat meredakan peradangan terlebih pada telinga yang sering kali mengalami peradangan.

Demikian informasi mengenai jenis makanan untuk mempertajam dan menjaga kesehatan telinga anda. Selalu makan – makanan yang sehat agar sel – sel dalam tubuh dapat bekerja dengan baik atas bantuan makanan yang sehat.