Ingin Pendengaran Tetap Sehat, Yuk Kenali Fungsi Organ Telinga Bagian Luar, Dalam dan Tengah

Telinga adalah organ vital yang berfungsi menangkap gelombang suara untuk kemudian diproses di otak agar mudah dipahami. Suara yang sudah dipahami akan membantu proses komunikasi, dan memberikan sinyal bagi tubuh agar melakukan tindakan. Secara umum, bagian telinga terbagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian luar, dalam dan tengah. Tiap bagian memiliki tugas yang berbeda-beda, namun semuanya tetap berhubungan. Lantas apa saja fungsi organ telinga bagian luar, dalam dan tengah? Berikut kami paparkan penjelasannya.

Fungsi Telinga Bagian Luar

Telinga bagian luar terletak di posisi paling luar, yang memiliki dua bagian utama. Bagian pertama adalah daun telinga. Organ ini berfungsi untuk memusatkan atau menangkap gelombang suara yang berasal dari luar. Bagian ini sebaiknya dibersihkan secara rutin dan terjadwal. Namun, tidak disarankan untuk memasukkan benda-benda yang sekiranya bisa mengganggu organ bagian dalam

Organ yang kedua adalah saluran atau rongga telinga. Pada bagian ini, bakteri, kotoran, atau benda asing yang berusaha masuk ke telinga akan dijaring  agar tidak masuk lebih dalam. Rongga telinga menghasilkan cairan khusus yang bersifat lengket, sehingga benda apa pun yang berusaha masuk akan terhambat pergerakannya.

Fungsi Telinga Bagian Tengah

Setelah bagian luar, organ selanjutnya adalah telinga bagian tengah. Bagian ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan udara yang ada di dalam. Selain itu, bagian ini juga cukup vital karena terdapat gendang telinga yang berfungsi untuk menerima getaran suara.

Gendang telinga memang akan bergetar, sebagai respon atas penerimaan suara yang berasal dari telinga bagian luar. Getaran dari gendang telinga akan memicu pergerakan 3 tulang kecil yang ada di sini, yaitu tulang martil (malleus), landasan (incus), dan tulang sanggurdi. Pergerakan tulang inilah yang kemudian disambungkan untuk selanjutnya diproses di telinga bagian dalam.

Baca Juga :  Proses Mendengar Telinga Manusia

Selain itu, tuba eustachius juga berada di bagian telinga tengah. Tuba eustachius adalah saluran yang menghubungkan telinga bagian tengah dengan rongga mulut kita. Fungsi utama tabung ini adalah menyamakan tekanan udara yang berada di bagian luar dan di bagian dalam. Udara yang seimbang ini mampu menjaga gendang telinga agar tidak rusak atau pecah.

Fungsi Telinga Bagian Dalam

Telinga bagian dalam memiliki bentuk yang sangat kompleks dan rumit, yang menjadi tempat dari organ bernama koklea. Di dalam koklea terkandung kortil atau syaraf-syaraf pendengaran dan cairan yang akan bergelombang ketika tiga tulang di telinga bagian tengah bergetar. Kemudian, sinyal getaran akan diteruskan oleh rambut-rambut kecil di dalamnya untuk selanjutnya diproses oleh otak. Dan, sinyal inilah yang kemudian dikenal oleh otak sebagai suara.

Selain koklea atau rumah siput, di dalam telinga bagian dalam juga terdapat kanal semi sirkulasi. Kanal setengah lingkaran ini bertugas memberikan keseimbangan bagi tubuh kita.

Cara Merawat Organ Telinga Bagian Luar, Dalam dan Tengah

Setelah mengetahui fungsi organ telinga bagian luar, dalam dan tengah, Sebaiknya Anda kenali juga bagaimana cara merawatnya. Perawatan bisa dimulai dari diri Anda sendiri. Mulailah untuk membersihkan telinga, agar kotoran-kotoran yang menyumbat bisa terbuang. Kebersihan yang terjaga juga membuat bakteri tidak mudah berkembang biak. Dengan begini, Anda pun bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang mungkin mengancam kesehatan telinga. Selain itu, mendengarkan sesuatu dengan suara yang terlalu besar juga sangat tidak disarankan. Apalagi jika dilakukan secara terus menerus, maka berisiko merusak gendang telinga Anda.

Terakhir, rutin periksakan kesehatan diri ke dokter THT. Pemeriksaan yang terjadwal dapat mendeteksi penyakit di telinga Anda lebih cepat. Namun, bila ternyata sudah terlambat dan kerusakan terlanjur parah, tak perlu juga putus asa. Sudah ada alat bantu pendengaran yang mampu mengembalikan pendengaran seperti semula. Alat ini bisa didapat dengan mudah di pusat-pusat kesehatan yang Ada.

Baca Juga :  Mengenal Alat Bantu Dengar Isi Ulang

AQM Hearing Center adalah pusat kesehatan telinga yang kami rekomendasikan. Di sini, Anda bisa berkonsultasi seputar masalah pendengaran, termasuk juga fungsi organ telinga bagian luar, dalam dan tengah. Selain itu, jika membutuhkan alat bantu dengar maka sudah tersedia banyak pilihan produk berkualitas dengan penawaran harga yang menarik. Tak perlu khawatir dan bingung harus pilih produk yang mana, sebab di sini Anda akan mendapatkan saran dari tenaga ahli. AQM Hearing Center juga memberikan layanan pemasangan serta perawatan alat bantu dengar.