Kapan Anda Harus Menggunakan Alat Bantu Dengar? Cek 5 Indikasi Berikut Ini.

Alasan Mengapa Harus Menggunakan Alat Bantu Pendengaran

Kesehatan telinga sering disepelekan dan diabaikan banyak orang. Bahkan saat mengalami gangguan, orang cenderung membiarkannya dan tidak segera memeriksakannya ke dokter. Hal ini tentu tidak baik sebab bisa memperparah kondisi telinga. Jika sudah rusak, tak banyak yang bisa dilakukan kecuali mengobatinya dengan biaya yang mahal. Atau, bisa juga menggunakan alat bantu dengar sebagai alternatifnya.

Alat bantu dengar tidak bisa mengembalikan fungsi telinga seperti semula. Namun setidaknya, alat ini bisa membantu menjernihkan suara saat masuk ke telinga. Beberapa orang menggunakan alat ini untuk membantu aktivitas harian mereka. Sehingga, meskipun telinga mengalami gangguan, mereka tetap bisa beraktivitas secara normal.

Lalu, kapan Anda harus menggunakan alat bantu dengar? Hal ini bisa dipengaruhi banyak faktor. Untuk memastikannya, ada beberapa indikasi yang bisa dijadikan referensi, seperti diantaranya:

Penggunaan Alat Bantu Dengar Direkomendasikan untuk Usia Tua

Memasuki usia tua, kemampuan indra tubuh akan terus menurun, termasuk indera pendengar. Hal seperti ini sebenarnya lumrah dan terjadi di hampir semua lansia. Sehingga, bukan hal yang aneh jika orang harus mengulang-ngulang kembali ucapannya saat berbicara  dengan orang tua. Nah, bila Anda seorang lansia dan ingin mempertajam kembali indra pendengaran, maka alat bantu dengar adalah solusinya. Banyak variasi produk yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi telinga Anda.

Saat Kemampuan Mendengar Tiba-Tiba Menurun

Menurunnya kualitas pendengaran tidak selalu disebabkan oleh faktor usia. Orang dengan usia muda pun bisa saja mengalami gangguan pendengaran. Gangguan pendengaran pada usia muda disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya, konsumsi obat-obatan jangka panjang yang berefek buruk bagi syaraf telinga. Atau, benturan keras di sekitar area telinga juga bisa menurunkan ketajaman pendengaran. Jika Anda mengalami hal seperti ini, maka tak ada salahnya untuk mencari info seputar alat bantu dengar. Alat ini tetap punya bentuk yang stylish sehingga tidak mengganggu penampilan Anda.

Baca Juga :  Penggunaan Ear Candle: Aman Atau Bahaya?

Waspadai Faktor Keturunan

Gangguan pendengaran bisa juga disebabkan oleh faktor keturunan. Genetika bisa membuat telinga Anda lebih rentan rusak, terlebih jika orang tua mempunyai riwayat gangguan pendengaran. Jika orang tua mengalami gangguan telinga, maka risiko Anda mengalami gangguan telinga pun menjadi berkali-kali lipat. Penyakit adalah warisan buruk yang harus dicegah. Salah satu caranya adalah dengan penggunaan alat bantu dengar sejak dini, khususnya saat kualitas telinga Anda semakin menurun.

Menurunnya Pendengaran yang Disebabkan Faktor Lingkungan

Lingkungan kerja ternyata bisa mempengaruhi kualitas pendengaran Anda. Jika Anda bekerja di tempat yang mengeluarkan suara bising, misalnya pabrik, maka risiko mengalami gangguan pendengaran semakin tinggi. Karena itu, disarankan untuk menggunakan penyumbat telinga supaya tidak merusak gendang telinga. Tetapi jika sudah terlanjur rusak, maka solusinya adalah dengan menggunakan alat bantu dengar.  Jadi kapan Anda harus menggunakan alat bantu dengar? Jawabannya adalah saat telinga mulai mengalami gangguan akibat terus menerus mendengarkan suara yang terlampau bising.

Konsultasi Ke Dokter Jika Diperlukan

Bila ragu dengan kondisi telinga Anda, maka sangat disarankan agar konsultasi ke dokter. Tidak semua kondisi telinga membutuhkan alat bantu pendengaran. Sebab, bisa saja lubang telinga hanya mengalami penyumbatan dan perlu dibersihkan saja. Sebaliknya, jika telinga ternyata memang sudah rusak, jangan terburu-buru membeli alat bantu dengar. Periksakan dulu telinga Anda dan biarkan dokter menentukan tingkat keparahannya. Dengan begitu, Anda akan memiliki gambaran harus membeli alat yang bagaimana sesuai saran dari dokter.

Jadi, sebelum memastikan kapan Anda harus menggunakan alat bantu dengar, ada baiknya agar mengonsultasikannya dulu ke dokter THT. Kemudian, lihat juga gejala yang ada pada diri Anda. Bila sudah mengetahui kondisinya, maka tinggal membeli alat di klinik pusat alat bantu dengar. Salah satu klinik pusat alat bantu dengar yang direkomendasikan adalah AQM Hearing Center. Klinik ini menjual berbagai alat bantu dengar berkualitas mulai dari satu jutaan saja. Banyak jenis alat bantu dengar yang tersedia di sini, seperti RIC, BTE, ITC, dan CIC. Semuanya dapat dibeli sesuai dengan selera dan kondisi telinga. Aksesoris pelengkap seperti baterai dan pengering alat pun bisa Anda beli di sini. Selain itu, Anda bisa konsultasi masalah pendengaran dan memeriksakannya langsung di klinik ini.

Baca Juga :  Proses Mendengar Telinga Manusia