Gejala Telinga Tuli Sebelah dan Cara Mengatasinya

tuli sisi sebelah

Apakah anda mengalami telinga tuli sebagian sisi saja? Berikut informasi mengenai telinga tuli sebelah beserta gejala dan cara mengatasi.

tuli sisi sebelah

Mengalami Telinga Tuli

Telinga merupakan salah satu indera yang berfungsi untuk mendengar. Apabila mengalami kondisi telinga terganggu dapat menyebabkan kesulitan untuk mendengar suara dengan jelas. Sehingga dalam menjalani rutinitas sehari-hari menjadi terganggu.

Telinga tuli sebelah dapat terjadi karena seringkali melakukan kebiasaan yang menyebabkan telinga menjadi tuli sebelah. Mengalami telinga tuli sebelah dapat menyebabkan kesulitan dalam mendengar bahkan tidak dapat mendengar sama sekali pada satu bagian sisi telinga.

Salah satu bentuk gangguan pendengaran seperti adalah telinga tuli. Telinga tuli dapat menyerang telinga pada salah satu sisi bagian atau bahkan dapat kedua-duanya. Saat mengalami telinga tuli ini dapat disebabkan oleh menyusutnya rambut saraf pada koklea telinga. Rambut saraf pada koklea memiliki fungsi mengirimkan sinyal suara menuju otak sehingga otak akan merespon hingga dapat mendengar dan mengartikan bunyi  atau suara.

Telinga memiliki rambut telinga apabila sel saraf rambut telinga rusak dapat menyebabkan sinyal suara tidak dapat disalurkan dengan baik. inilah yang menjadi penyebab gangguan pendengaran atau tuli pada sebagian sisi telinga.

Telinga tuli sebelah dapat terjadi selain karena kerusakan pada sel rambut saraf telinga, dapat pula terjadi karena adanya luka pada telinga, efek dari mengonsumsi obat, telinga tersumbat, tumor, dan bahkan penyakit lainnya.

Penyebab telinga Tuli Sebelah

Kehilangan pendengaran atau tuli pada sebagian sisi telinga dapat terjadi disebabkan oleh beberapa hal. Berikut adalah penyebab terjadinya telinga tuli sebelah.

1. Seringkali terpapar suara Keras

Salah satu penyebab tejadinya telinga tuli sebelah adalah terpapar oleh suara keras. Mengalami paparan suara keras saat menonton konser, pergi ke bioskop, bekerja di lingkungan dengan alat suara keras dapat menyebabkan telinga tuli sebelah.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Serumen Yang Menumpuk

2. Mengalami infeksi virus

Gangguan pendengaran atau tuli sebelah dapat terjadi saat mengalami infeksi virus. Infeksi virus yang menyebabkan gangguan pendengaran seperti gondok, camak rubella, meningitis, sifilis dan juga aids.

3. Mengalami trauma kepala

Gangguan pendengaran yang menyebabkan tuli sebelah terjadi karena trauma kepala yang dapat mempengaruhi sel-sel rambut di telinga, tulang, dan juga gendang telinga. Trauma kepala dapat terjadi setelah mengalami benturan atau kecelakaan yang merusak area kepala dekat dengan telinga.

4. Mengonsumsi obat-obatan dengan kandungan tertentu

Saat mengalami telinga tuli sebelah secara tiba-tiba dapat disebabkan akibat mengonsumsi obat-obatan dengan kandungan tertentu. obat yang dikonsumsi adalah jenis obat Pereda rasa sakit, namun obat ini apabila tidak dikonsumsi secara hati-hati dapat menyebabkan telinga tuli sebelah.

5. Cedera pada telinga

Saat mengalami cedera pada telinga akibat penggunaan alat untuk membersihkan telinga dapat menyebabkan telinga tuli sebelah. Alat tersebut dapat berupa cotton bud, pinset, dll yang membuat telinga terluka dan tuli sebelah. Untuk menghindari telinga tuli sebelah alangkah baiknya adalah anda menggunakan obat tetes telinga untuk membersihkan telinga guna menghindari cedera pada telinga.

6. Kebiasaan merokok

Telinga tuli sebelah dapat terjadi karena kebiasaan merokok. Rokok memiliki kandungan nikotin yang dapat menymbat aliran darah ke telinga serta beresiko merusak sel-sel pada telinga. Merokok dapat meningkatkan resiko kerusakan pada organ pendengaran.

7. Tumor

Telinga tuli sebelah dapat terjadi diakibatkan oleh adanya tumor. Tumor dapat berupa daging tumbuh yang terus bertumbuh membesar sehingga menyebabkan ketulian.

Gejala mengalami telinga tuli sebelah

Mengalami telinga tuli sebelah biasanya ditandai dengan gejala secara tiba-tiba anda tidak dapat mendengar pada salah satu bagian sisi telinga. Saat anda tidak bisa mendengar pada salah satu sisi tentunya membuat anda tidak nyaman. Ketika tidak dapat mendengar di salah satu sisi telinga dalam jangka waktu yang cukup lama inilah adalah gejala mengenai telinga tuli sebelah.

Baca Juga :  Penyebab & Pencegahan Telinga Mendengung

Telinga tuli sebelah beda dengan telinga tersumbat. Telinga tersumbat berarti telinga anda mengalami sumbatan yang dapat terjadi karena adanya penumpukan kotoran. Namun untuk telinga tuli dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti infeksi, cedera pada telinga, dan kebiasaan merokok.

Telinga tuli pada sebagian sisi saja dapat terjadi pada bagian telinga kanan maupun kiri. Apabila anda mengalami kondisi telinga tuli maka anda harus waspada dan melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lanjut.

Cara Mengatasi telinga tuli pada sebagian sisi

Setelah mengetahui penyebab dan gejala telinga tuli di sebagian sisi, berikut ini tips untuk cara mengatasi telinga tuli yang terjadi pada sebagian sisi saja.

1. Melindungi telinga dari kebisingan

Kebisingan atau paparan suara keras dapat menjadi pemicu terjadingan telinga tuli sebelah. Apabila anda berada dalam tempat yang bising alangkah baiknya untuk menggunakan pelindung telinga untuk melindungi telinga anda dari paparan suara keras yang menjadi penyebab telinga tuli.

2. Melakukan operasi tumor pada telinga

Tumor yang menyebabkan tuli pada telinga dapat disembuhkan dengan melakukan operasi telinga atau pengangkatan tumor oleh dokter.

3. Pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter THT

Saat mengalami telinga tuli, anda dapat melakukan pemeriksaan ke dokter. Hal ini bertujuan agar mendapatkan diagnosis yang tepat dan penanganan yang tepat untuk mengobati tuli sebagian sisi telinga yang mungkin anda alami.

4. Mengonsumsi obat yang tepat

Tuli sebelah dapat terjadi karena mengalami infeksi telinga ataupun peradangan pada telinga. Oleh karena itu, pengobatan dari dalam seperti mengonsumsi obat dengan kandungan tertentu sangat dianjurkan untuk mengobati tuli. Namun dosis obat tentunya juga diperhatikan. Untuk mengonsumsi jenis obat apa yang tepat adalah lebih baik anda melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Baca Juga :  4 Derajat Gangguan Pendengaran

Demikian informasi mengenai telinga tuli sebagian sisi yang dapat menyerang anda serta gejala dan cara mengatasinya. Semoga informasi yang diberikan dapat membantu anda untuk mengenali kondisi telinga tuli dan anda dapat tanggap dan sigap menghadapi telinga tuli.