Cara Mengatasi Telinga Tuli Sebelah

telinga tuli sebelah

Gangguan yang terjadi pada telinga yaitu berupa tuli sebelah biasanya disebut dengan unilateral deafness. Dalam hal ini penderita akan kesulitan melakukan pendengaran terutama ketika ia berada pada lingkungan yang berisik. Yuk, ketahui penyebab hingga cara mengatasi penyakit telinga tuli sebelah berikut ini bersama Hearing Center Depok!

Penyebab Telinga Tuli Sebelah

Jika anda bertanya tentang penyebab dari gangguan telinga ini, maka anda bisa melihat daftar penyebabnya berikut ini:

  1. Telinga terpapar suara bising dengan frekuensi yang cukup tinggi.
  2. Adanya cedera pada telinga.
  3. Sedang mengonsumsi obat-obatan yang berhubungan dengan kemoterapi dan antibiotic tertentu.
  4. Adanya tumor pada telinga.
  5. Telinga tersumbat.
  6. Akibat penuaan.
  7. Adanya kondisi medis tertentu.
  8. Infeksi telinga karena adanya penumpukan cairan.
  9. Munculnya penumpukan kotoran di saluran telinga.
  10. Terjadinya infeksi telinga tengah atau otitis media. Dalam hal ini telinga akan terasa penuh, nyeri, berdengung bahkan pada beberapa kondisi yang menyebabkan adanya cairan yang keluar. Gejala awalnya biasanya adanya infeksi saluran napas yang ada di atas hingga mengakibatkan kerusakan di telinga dan area yang ada di sekitarnya.
  11. Telinga tuli sebelah juga bisa disebabkan oleh adanya infeksi telinga luar atau otitis eksterna. Biasanya hal ini disebabkan oleh adanya rasa nyeri serta bisa juga disertai dengan keluarnya cairan yang memiliki warna kekuningan.
  12. Adanya benda asing yang masuk di telinga.

Kondisi Medis Pemicu Gangguan Telinga Tuli Sebelah

Berbagai jenis penyebab di atas memang di percaya menjadi penyebab utama. Namun, ada juga pemicu yang bisa menyebabkan tuli tidak bisa kembali normal. Hal ini tentunya berkaitan dengan masalah pada fungsi telinga dan berbagai kondisi medis berikut ini:

  1. Neuroma akustik, yaitu sebuah tumor yang bisa menekan saraf pendengaran
  2. Mengalami gendang telinga pecah
  3. Adanya labirinitis ataupun infeksi yang terjadi pada telinga bagian dalam
  4. Munculnya penyakit Meniere
  5. Adanya Neurofibromatosis tipe 2
  6. Swimmer’s ear
  7. Sindrom Reye
  8. Infeksi Shingles
  9. Aliran darah yang terhambat sehingga tidak bisa lancar menuju ke bagian belakang otak (vertebrobasilar insufficiency)
  10. Temporal arteritis yaitu sebuah radang serta gangguan pada pembuluh darah yang ada di bagian kepala hingga leher.
Baca Juga :  Bahasa Verbal : Pengertian, dan Penggunaanya

Cara Mengobati Tuli Sebelah

Jika anda sedang mengalami telinga tuli sebelah, maka anda harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut di dokter. Hal ini penting untuk mengetahui gejala telinga yang tuli sebelah tersebut. Biasanya dokter akan melakukan tes pendengaran dengan menggunakan nada dan berbagai volume. Penanganan terkait hal ini memang harus dilakukan secara medis dengan menggunakan tenaga medis professional. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi telinga tuli sebelah:

  1. Pemasangan alat bantu dengar
  2. Melakukan operasi untuk mengangkat tumor
  3. Mengonsumsi antibiotic agar bisa mengatasi infeksi
  4. Untuk mengurangi peradangan dan bengkak maka anda bisa mengonsumsi steroid
  5. Menghilangkan kotoran telinga
  6. Dan mulai berhenti untuk mengonsumsi obat yang bisa memicu terjadinya kehilangan pendengaran.

Biasanya terdapat rentang waktu antara 10 hingga 14 hari untuk melakukan pengobatan telinga tuli sebelah. Jika lebih dari waktu itu maka biasanya hilangnya pendengaran bisa jadi secara permanen. Maka dari itu jika anda sedang mengalami masalah terkait hilangnya pendengaran anda harus segera menuju ke Hearing Center Depok untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan. Hearing Center Depok memiliki ahli pendengaran yang sangat baik sehingga bisa mengatasi keluhan anda. Biasanya mereka akan melakukan pemeriksaan menggunakan alat khusus seperti corong telinga ataupun otoskop. Mereka juga akan melakukan pemeriksaan fungsi pendengaran dengan menggunakan garpu tala. Kemudian dokter akan memberikan penanganan yang sesuai dengan keluhan anda.

Cara Mencegah Terjadinya Telinga Tuli Sebelah

Untuk memperbaiki kondisi ini anda bisa melakukan pencegahan terkait dengan perburukan penyakit tersebut dengan hal-hal berikut:

  1. Apabila telinga anda mengeluarkan cairan maka anda bisa menggunakan kassa bersih untuk membersihkan cairan yang ada di bagian luar telinga.
  2. Anda harus mengurangi, meminimalisir dan menghindari melakukan pengorekan telinga menggunakan jari ataupun cotton bud.
  3. Selanjutnya anda bisa meminimalisir dan menghindari pula untuk menggunakan earphone dalam jangka waktu yang cukup lama. Anda juga harus meminimalkan mendengarkan musir yang terlalu keras untuk bisa mencegah adanya kerusakan yang lebih lanjut.
  4. Selain itu, anda juga harus dan wajib menjaga telinga anda dari masuknya air, kotoran serta benda asing.
  5. Apabila terasa nyeri pada telinga, segeralah mengonsumsi obat nyeri atau paracetamol.
Baca Juga :  Lakukan 6 Tips Merawat Telinga Agar Tetap Peka Pendengarannya!

Itulah beberapa ulasan yang bisa kami berikan seputar cara mengatasi telinga tuli sebelah. Anda bisa menerapkannya dengan mempelajarinya dengan lebih baik. Kami juga perlu memberikan catatan terkait dengan pembersihan telinga. Anda dilarang untuk membersihkan telinga menggunakan produk sembarangan. Serahkan pada ahli pendengaran kami untuk mengatasi hal ini. Pasalnya penggunaan alat seperti cotton bud atau cotton swab tidak selalu baik dan bisa menyebabkan adanya iritasi di telinga. Selain itu, benda tersebut juga bisa menyebabkan cedera atau bahkan membuat kotoran semakin masuk ke dalam.