6 Sebab Kehilangan Pendengaran

kehilangan pendengaran

Suatu hal yang sangat sering terjadi di masyarakat kita adalah rendahnya apresiasi dan melakukan penghargaan terhadap diri sendiri. Hal ini berlaku pula pada anggota tubuh salah satunya sistem pendengaran. Terlalu abai pada sistem pendengaran bisa menyebabkan kita memiliki gangguan pendengaran bahkan mengalami kehilangan pendengaran. Jika hal ini sudah terjadi, lalu apa yang terlintas di benak anda? Anda pasti akan terus overthinking mengapa anda harus meminta orang lain mengulangi percakapannya terus menerus bahkan anda mengira bahwa mereka hanya berbicara dengan suara bergumam.

Selain tentang kehilangan kemampuan untuk mendengarkan ucapan, anda tentu juga akan merasa frustasi karena anda tidak bisa mendengarkan suara-suara favorit anda seperti music favorit atau film favorit anda. Gangguan pada pendengaran tidak hanya berkutat pada gangguan sistem pendengarannya saja melainkan hal ini juga berpengaruh pada kesehatan tubuh anda secara total. Jika hal ini sudah terjadi maka anda perlu sebisa mungkin untuk segera mengenalinya. Mengenalinya dengan lebih cepat maka memungkinkan anda untuk bisa mendapatkan solusi lebih cepat dan tepat. Sehingga anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk usaha mengatasi masalah pendengaran ini. Lalu, hal apa apa saja yang bisa menyebabkan anda mengalami gangguan pendengaran dan bagaimana anda bisa mengatasinya untuk mempertahankan kemampuan pendengaran ini? Yuk, simak ulasan berikut untuk mengetahui dan memahaminya.

1. Tentang Genetika dan Penuaan

Anda pasti sudah menyadari bahwa gangguan pendengaran seringkali dikaitkan dengan usia. Seorang manula bisa lebih rentan terkena penyakit kehilangan pendengaran dibandingkan mereka yang berusia lebih muda. Namun, hal ini bukan berarti bahwa usia muda tidak bisa terkena penyakit pendengaran. Karena secara kenyataan, penyakit ini bisa menyerang siapa saja termasuk usia anak-anak. Gangguan pendengaran yang berkaitan dengan usia ini seringkali disebut sebagai presbikusis. Secara pengertian presbikusis ini merupakan sebuah kejadian kehilangan pendengaran yang terjadi secara bertahap dan berkembang bersamaan dengan adanya pertambahan usia. Selain berkaitan dengan pertambahan usia, penyakit pendengaran ini ternyata bisa disebabkan oleh genetika. Mereka yang memiliki gen dna tertentu bisa lebih rentan memiliki gangguan pendengaran dibandingkan dengan yang lain.

Baca Juga :  Apa yang Kamu Tahu Tentang Tinnitus?

Untuk mengatasi hal ini tidak banyak hal yang bisa anda lakukan untuk memperlambat proses penuaan serta mengubah gen. Hal ini sudah menjadi hukum kehidupan. Namun, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah agar anda bisa memiliki kemampuan pendengaran yang lebih baik. Perlindungan pertama yang bisa anda lakukan adalah melindungi diri dari adanya kebisingan. Gangguan pendengaran yang disebabkan oleh usia memang lebih sulit untuk diatasi terlebih apabila gangguan pendengaran juga dipengaruhi faktor lain.

2. Mengonsumsi Narkoba dan Rokok

Di Indonesia aktifitas merokok serta penggunaan narkoba sangat dilarang. Bukan tanpa alasan karena hal ini disebabkan adanya pengaruh buruk dari penggunaan dua benda ini. Merokok bisa mengakibat aliran darah yang seharusnya lancar menjadi terhambat. Hal ini tentu memicu anda mengalami gangguan pada pendengaran. Selain rokok, penggunaan narkoba atau antibiotik pereda nyeri bisa memiliki sifat ototoksik sehingga bisa merusak sel pendengaran.

3. Kebiasaan Mendengarkan Musik

Di masa yang serba modern, mendengarkan music menggunakan earphone merupakan hal yang sangat biasa kita temukan. Selain itu, banyak orang yang gemar menonton konser padahal suara yang ditimbulkan cukup berbahaya bagi kesehatan telinga. Angka 85 desibel adalah ambang batas maksimal seseorang boleh mendengarkan suara. Jika lebih dari ini maka akan terjadi gangguan pendengaran yang berarti. Untuk mencegah adanya gangguan pendengaran namun anda tetap bisa mendengarkan music adalah dengan menggunakan penyumbat telinga ketika melihat pertunjukan. Anda juga harus memberikan batasan waktu pemaparan telinga anda terkena music.

4. Melakukan Aktifitas Di Luar atau Bepergian

Selanjutnya penyebab anda kehilangan pendengaran adalah ketika anda bepergian menggunakan mobil konvertibel. Berbagai penelitian mengungkapkan jika anda menggunakan mobil jenis ini untuk bepergian dengan top down pada kecepatan yang berlebihan maka bisa menghasilkan tingkat suara sekitar 90 desibel. Selain mobil, anda yang menggunakan sepeda motor atau kereta bawah tanah juga beresiko mendengarkan suara yang lebih tinggi dari 90 desibel. Untuk mengatasi hal ini anda tidak perlu menjauhi yang namanya perjalanan dan kendaraan. Anda hanya perlu mengurangi terpaparnya kebisingan kumulatif selama perjalanan. Ketika anda menggunakan mobil, anda bisa menggulung jendela anda dan mengendarainya dengan kecepatan yang lebih lambat. Sedangkan ketika anda mengendarai sepeda motor anda bisa menggunakan helm dan mempertimbangkan untuk menggunakan penyumbat telinga.

Baca Juga :  Berapa Masa Pakai Alat Bantu Dengar? Ketahui Jawabannya Di sini!

5. Sakit atau Terluka

Apabila anda memiliki penyakit bawaan seperti diabetes, cedera pada kepala akibat traumatis maka anda bisa memiliki resiko kehilangan pendengaran yang lebih tinggi. Hal yang perlu anda lakukan adalah sering melakukan olahraga, melakukan diet yang sehat serta selalu memantau kadar glukosa secara konsisten. Jangan lupa untuk selalu menggunakan helm jika bepergian menggunakan sepeda motor. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya cedera pada kepala. Jika anda mengalami penurunan kemampuan mendengar, kunjungi kami di Hearing Center Jakarta agar anda bisa mendapatkan konsultasi dan perawatan yang tepat.

6. Aktifitas di Tempat Kerja

Faktor lain yang bisa menjadi penyebab anda mengalami kehilangan pendengaran adalah ketika anda sedang bekerja. Hal ini berlaku bagi anda yang bekerja di bidang pertanian, kehutanan, konstruksi, militer, industry music, manufaktur, mesin, elektro dan lain sebagainya. Penyebabnya adalah ketika anda tidak menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) dengan benar terutama pelindung telinga. Jangan lupa untuk selalu mematuhi aturan K3 di perusahaan agar anda terhindar dari hal ini.

Itulah informasi tentang 6 penyebab seseorang kehilangan pendengaran yang bisa kami berikan. Jangan lupa untuk selalu memantau artikel terbaru dari kami hanya di AQM-Hearing Center. Bagi anda yang membutuhkan bantuan terkait konsultasi atau pemasangan alat bantu dengar, anda bisa mengunjungi kami di Hearing Center Jakarta.