5 Alasan Bagus Untuk Melakukan Tes Pendengaran

tes pendengaran

Pernahkah anda melakukan tes pendengaran? Gangguan pendengaran hingga saat ini ternyata masih menjadi permasalahan yang sangat umum terjadi di Indonesia. Menurut informasi yang kami peroleh dari portal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (kemkes.go.id), penduduk Indonesia dengan usia lebih dari 5 tahun banyak yang mengalami gangguan pendengaran. Adapun datanya adalah sebanyak 2,6% mengalami gangguan pendengaran, 0,09% memiliki masalah ketulian, 18,8% bermasalah dengan sumbatan serumen serta 2,4% terdapat sekret yang ada di liang telinga. Banyak solusi yang sebenarnya bisa dilakukan termasuk salah satunya adalah menggunakan alat bantu dengar. Namun, masih banyak orang Indonesia yang enggan menggunakannya bahkan sekedar melakukan tes pendengaran.

Pentingnya Menggunakan Alat Bantu Dengar

Sebenarnya banyak sosialisasi yang menjelaskan tentang pentingnya alat bantu dengar bagi penderita gangguan pendengaran. Akan tetapi banyak pertimbangan yang mereka fikirkan sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakan alat bantu dengar. Padahal hal yang didapat setelah menggunakan ABD sangat menguntungkan.

Menggunakan alat bantu dengar memiliki banyak fungsi dan keuntungan yang akan didapatkan oleh pengguna. ABD bisa meningkatkan hubungan sosial, kesehatan fisik serta mental juga akan membaik. Selain itu, penggunaan ABD juga bisa membantu meningkatkan pendapatan rumah tangga karena lebih mudah membantu anda ketika bekerja.

Alasan Melakukan Tes Pendengaran

Terdapat beberapa alasan yang memungkinkan seseorang akan melakukan tes pendengaran. Ketika sudah melakukan tes pendengaran dan hasilnya seseorang mengalami gangguan maka solusi yang diberikan tidak lain adalah dengan menggunakan alat bantu dengar. Berikut ini adalah lima alasan yang bisa anda gunakan agar anda semakin yakin untuk menggunakan alat bantu dengar:

1.      Kemampuan Mendengar Menurun

Alasan pertama yang membuat anda berfikir ulang dan bisa membuat anda yakin melakukan tes pendengaran adalah faktor menurunnya kemampuan mendengar. Hal ini berlaku pada aktifitas apapun seperti mendengarkan suara anak, cucu dan orang lain. Alasan ini merupakan alasan yang sangat sering didengar oleh ahli pendengaran ketika bertanya tentang alasan seseorang melakukan tes pendengaran pada ahli. Mengenai gangguan pendengaran dengan frekuensi yang tinggi biasanya suara yang sulit di dengar adalah suara yang berulang dengan nada tinggi. Adapun jenis suaranya biasanya adalah suara perempuan dan suara anak-anak.

Baca Juga :  Anatomi Telinga dan Proses Pendengarannya

Gangguan pendengaran yang terjadi pada manula menyebabkan ia tidak bisa mendegar apa yang dikatakan oleh cucunya. Sehingga mereka akan meminta sang cucu untuk mengulang apa yang mereka ucapkan dengan berulang kali. Hal ini ternyata bisa mempengaruhi psikis si cucu karna cucu cenderung akan menghindari kakek atau neneknya yang memiliki gangguan pendengaran ini. Anda tidak ingin kehilangan momen dengan cucu anda bukan? Yuk, segera lakukan tes pendengaran di Hearing Center Tangerang.

2.      Hubungan Yang Menegangkan

Anda pasti sudah memahami benar bahwa komunikasi adalah kunci untuk memiliki hubungan yang baik dan sehat. Adanya gangguan pendengaran bisa membuat anda sangat frustasi bahkan hal ini mungkin juga dirasakan oleh lawan bicara anda. Apabila anda adalah seseorang yang mengalami gangguan pendengaran mungkin anda akan berfikir ketika ada orang lain yang mengajak anda berbicara bersuara seperti bergumam. Anda mungkin saja akan berbicara dengan suara yang sangat keras padahal pasangan anda akan merasa terganggu dengan hal ini. Hal inilah yang membuat keduanya bisa stress yang berarti.

Melakukan introspeksi, evaluasi dan membuat keputusan baik secepat mungkin adalah hal yang sangat penting agar hubungan anda tetap stabil dan baik. Jangan pernah menunggu hingga pasangan anda marah dan mengungkapkan kejengkelannya terhadap anda. Segeralah melakukan tes pendengaran dan gunakanlah alat bantu dengar yang sesuai dengan anda.

3.      Perasaan Ditinggalkan

Banyak orang yang mengalami gangguan pendengaran akan merasa insecure dan tidak percaya diri. Hal ini disebabkan oleh anda yang sama sekali tidak bisa memahami apa yang diucapkan oleh rekan anda. Dengan rasa tidak percaya ini maka anda memilih untuk menjauhi orang-orang di sekitar anda. Hal inilah yang bisa membuat seseorang menuju ke jalan yang penuh kesunyian.

Baca Juga :  Hal Penting Tentang Infeksi Telinga Kronis

4.      Tidak Produktif Saat Bekerja

Anda pasti tidak mau produktifitas anda terganggu bukan? Ketika menghadiri rapat atau pertemuan penting bukan tidak mungkin anda akan mendengar rekan anda dengan meja dan kursi yang berseberangan. Jika anda memiliki gangguan pendengaran bukan tidak mungkin anda akan menginterupsi rapat dan meminta orang lain untuk mengulangi apa yang diucapkan.

Semakin tidak produktif anda saat bekerja maka bisa mengganggu pendapatan rumah tangga anda. Dengan pendengaran yang baik maka anda pasti akan lebih percaya diri ketika berada di lingkungan kerja. Hal ini bisa meningkatkan kapasitas anda dan anda akan dipercaya untuk melakukan pekerjaan yang lebih tinggi.

5.      Bentuk Kepedulian Terhadap Kesehatan

Penyakit yang bisa menyerang manusia memang bukan hanya gangguan pendengaran. Ada banyak penyakit lain yang bisa memberikan dampak lebih fatal dari gangguan pendengaran. Akan tetapi, dengan memiliki pendengaran yang lebih baik maka anda tidak perlu takut dan merasa rendah karena gangguan pendengaran. Gangguan pendengaran bisa mempengaruhi keseimbangan tubuh dan hal ini merupakan masalah yang cukup serius.

Itulah beberapa alasan yang perlu anda pertimbangkan agar anda mau melakukan tes pendengaran dan menggunakan alat bantu dengar. Bagi anda yang membutuhkan konsultasi terkait hal ini jangan lupa untuk menghubungi dan mengunjungi kami hanya di Klinik Pendengaran Tangerang.