7 Life Hack Pendengaran Yang Sehat

life hack pendengaran

Pernahkah anda mendengar tentang istilah life hack pendengaran? Menurut Oxford Dictionaries life hack diartikan sebagai sebuah strategi ataupun sebuah teknik yang di adopsi agar berfungsi untuk mengatur waktu serta aktifitas sehari-hari dari orang tertentu menggunakan cara yang lebih efisien. Anda bisa memulai untuk menghemat waktu serta uang anda dengan adanya life hack pendengaran ini. Hal ini akan membuat anda berfikir mengapa tidak melakukannya sejak jauh-jauh hari. Beberapa life hack dalam hidup bisa kita terapkan di kehidupan sehari-hari. Contohnya ialah ketika anda ingin membuat sandwich, anda bisa melakukan penggeseran pemanggang roti ke samping. Kemudian anda bisa membuat sandwich keju panggang dengan menggunakan bagian lengket catatan tempel yang bisa berfungsi untuk membersihkan antara tembol keyboard serta menggunakan selotip untuk membuka toples.

Adapun life hack pada manusia diantaranya ialah menggaruk telinga untuk menghilangkan rasa gatal yang ada di tenggorokan, berbaring ke samping kiri untuk meredakan refluks asam serta mendorong lidah ke langit-langit mulut dalam rangka mengurangi brain freeze es krim. Lalu adakah life hack pendengaran yang bisa membuat kita memiliki pendengaran yang lebih baik? Yuk, simak ulasan berikut untuk mengetahui tentang 7 life hack pendengaran yang sehat!

1.   Melakukan Uji Pendengaran Anda Secara Online

Apabila anda merasa memiliki gangguan pada pendengaran maka anda bisa memanfaatkan berbagai platform atau aplikasi uji pendengaran secara online. Anda bisa mengikutinya jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan uji pendengaran secara offline. Jika setelah melakukan uji pendengaran tersebut dan hasilnya menunjukkan bahwa anda mengalami gangguan pendengaran, maka anda harus bertindak cepat. Segeralah untuk melakukan uji pendengaran secara offline. Anda bisa menjadwalkan kapan anda melakukan uji pendengaran bersama Klinik Pendengaran Jakarta. Klinik kami mampu memberikan anda pelayanan serta uji pendengaran sekaligus perawatan yang baik untuk kebutuhan anda. Kami memiliki ahli pendengaran yang sudah berpengalaman dibidangnya sehingga tidak perlu diragukan lagi.

Baca Juga :  Bahasa Verbal : Pengertian, dan Penggunaanya

2.   Gunakanlah White Noise Agar Tidur Malam Menjadi Lebih Baik

Apakah anda adalah salah satu orang yang mengalami susah tidur? Hal apa saja yang sudah anda lakukan agar anda bisa tidur dengan kualitas yang baik? Salah satu cara agar anda mendapatkan tidur malam yang baik adalah dengan menggunakan white noise. Sudah banyak sekali penelitian yang mendapatkan hasil bahwa penggunaan white noise bisa membuat seseorang memiliki kualitas tidur yang baik dan nyenyak. Adanya white noise ini membantu untuk mengembangkan rutinitas waktu tidur, membuat ruangan untuk tetap dalam kondisi yang tenang serta dapat membantu atau mematikan otak aktif yang anda miliki. White noise merupakan salah satu dari sekian life hack pendengaran.

3.   Jangan Lupa Menggunakan Penyumbat Telinga Jika Dibutuhkan

Jika anda banyak membaca artikel tentang pendengaran pasti anda tahu bahwa pendengaran manusia memiliki batas maksimal desibel yang bisa didengar. Telinga yang terpapar dengan suara pada tingkat yang lebih tinggi dari 85 desibel serta dilakukan secara berulang bisa menyebabkan gangguan pendengaran yang ireversibel. Contohnya adalah ketika anda menonton konser rock dimana suara yang dikeluarkan bisa lebih dari 100 desibel. Gunakanlah alat penyumbat telinga khusus yang bisa menghindari cedera pendengaran serta menyumbat telinga sekaligus menghemat suara dan mengurangi volume yang didengar secara sederhana. Anda membutuhkan penyumbat telinga? Konsultasikan dulu kepada Klinik Pendengaran Jakarta.

4.   Lindungi Pendengaran Dengan Hukum Kuadrat Terbalik

Anda pasti tahu bahwa hukum kuadrat adalah hukum fisika yang hanya sekedar rumus. Kini anda tidak akan berfikir demikian lagi bukan? Hukum fisika yang satu ini memiliki manfaat untuk manusia yaitu lebih tepatnya pada penyelamatan pendengaran. Dengan adanya hukum kuadrat terbalik ini maka dinyatakan bahwa ketika anda menggandakan jarak dari asal suara maka intensitas suara akan menurun sebanyak 75%. Sehingga apabila anda hendak menonton konser rock, anda bisa berdiri di depan konser tetapi perhatikan jarak anda dari pengeras suara sebanyak mungkin. Namun, tetap perhatikan lokasi mana yang bisa memberikan anda pemandangan yang bagus.

Baca Juga :  Infeksi Telinga: Gejala, Jenis dan Penyebab

5.   Mendengarkan Musik? Gunakan Aturan 60/60

Banyak remaja bahkan orang dewasa yang gemar menggunakan earphone atau memutar music menggunakan headphone. Jika anda adalah salah satunya maka anda harus menggunakan aturan 60/60 agar pendengaran anda tidak terganggu. Maksud 60/60 disini adalah adna harus mendengarkan dengan volume maksimal adalah 60% dan dalam waktu maksimal adalah 60 menit per hari. Hal ini dipercaya mampu mencegah adanya gangguan pendengaran akibat penggunaaan earphone atau headphone.

6.   Life Hack Pendengaran: Gunakanlah Telinga Kanan Untuk Berbicara

Para ilmuwan dari UCLA serta University of Arizona menemukan hasil pada studinya bahwa telinga kanan dirancang memiliki kualitas yang lebih baik untuk digunakan berbicara sedangkan telinga kiri di gunakan untuk mendengarkan music. Jadi, jika suatu saat anda mengalami gangguan ringan seperti kurang jelas mendengarkan percakapan maka anda bisa mengarahkan telinga kanan anda untuk lebih dekat ke si arah pembicaranya. Ini merupakan salah satu life hack pendengaran yang bisa anda terapkan.

7.   Lakukan Kontrol Terhadap Lingkungan Anda

Jika pada ke enam poin di atas kita sudah membahas tentang life hack pendengaran, maka pada poin ke tujuh ini sebenarnya tidak bisa di anggap sebagai life hack pendengaran. Akan tetapi poin ini juga memiliki peranan yang cukup penting untuk mmbuat pendengaran seseorang menjadi lebih baik. Menggunakan alat bantu dengar adalah cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pendengaran yang benar. Alat bantu dengar adalah perangkat yang sangat canggih dan bersifat nikabel. ABD ini biasanya dapat dioperasikan dengan smartphone hingga jam tangan digital. Sehingga anda sebagai pengguna juga bisa menyesuaikan volume serta mengatur segalanya sesuai situasi dan kondisi. Maka penggunaan alat bantu dengar ini bisa dikatakan mampu mengontrol lingkungan suara.

Baca Juga :  5 Ciri Bahwa Telinga Mengalami Gangguan Pendengaran

Itulah ulasan mengenai 7 Life Hack Pendengaran yang bisa kami bagikan untuk anda. Yuk, ketahui berbagai informasi mengenai kesehatan telinga hanya di AQM-Hearing Center.