Tips Menjaga Kesehatan Telinga

menjaga kesehatan lingkungan

Menjaga kesehatan telinga dengan benar ternyata sangat penting loh. Telinga sebagai indra pendengaran memiliki peranan yang penting bagi kehidupan anda sehari-hari. Namun, masih banyak orang yang belum menyadari akan pentingnya hal ini. Menjaga kesehatan telinga sangat banyak manfaatnya seperti dapat mencegah infeksi telinga, telinga berdengenging, gangguan pendengaran, hingga ketulian. Bagaimana cara menjaga kesehatan telinga dengan tepat dan benar? Yuk, simak ulasan berikut bersama Hearing Center Jakarta.

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Telinga?

Ada beberapa cara yang tepat yang perlu anda lakukan secara rutin dan berkala untuk menjaga kesehatan telinga anda. Apa saja?

Bersihkan Telingan denga Benar

Cara membersihkan telinga dengan baik dan benar yaitu dengan membersihkan bagian luar dan daun telinganya saja. Karena sebenarnya telinga memiliki bulu-bulu halus yang berfungsi untuk menjaga agar kotoran tidak masuk ke dalam telinga.

Jangan Mengorek Telinga

Kebiasaan mengorek telinga menggunakan Cooton Bud, penjepit kertas, atau bahkan penjepit rambut menjadi hal yang biasa dilakukan untuk membersihkan telinga. Padahal mengorek telinga dengan cara tersebut merupakan cara yang tidak tepat. Kebiasaan tersebut justru bisa melukai telinga yang dapat mengakibatkan infeksi telinga. Tak hanya itu saja, membersihkan telinga mengunakan cooton bud justru akan membuat kotoran terdesak dan masuk ke dalam sehingga kotoran dapat menyumbat telinga.

Lalu bagaimana jika kotoran telinga menumpuk? Kotoran telinga yang menumpuk dapat membuat telinga anda terasa tidak nyaman dan bisa menyebabkan pendengarana anda terganggu. Namun tenang saja, anda bisa mengunjungi dokter THT untuk melakukan pembersihan sekaligus pemeriksaan telinga dengan cara yang aman.

Jangan Mendengarkan dengan Volume yang Keras

Apakah anda hobi mendengarkan musik? Jika iya, sebaiknya anda mendengarkan musik dengan volume yang rendah yaa. Karena mendengarkan musik dengan volume yang keras dalam jangka waktu yang lama bisa merusak telinga lo. Apalagi jika anda mendengarkan musik dengan menggunakan earphone. Sebaiknya jika ada menggunakan earphone dalam waktu yang lama, beri waktu istirahat untuk telinga anda sekitar 5 menit sebelum mendengarkan musik kembali.

Baca Juga :  Hal Yang Dilakukan Untuk Mengobati Mastoiditis

Apabila anda berada di sekitar lingkungan yang bising, seperti pabrik atau kontrusksi bangunan. Sebaiknya anda menggunakan earplug atau penyumbat telinga untuk menghindari terjadinya gangguan pendengaran.

Hindari Melakukan Ear Candle

Ear candle merupakan salah satu cara membersihkan telinga yang populer di kalangan masyarakat. Namun ternyata ear candle ini sangat tidak direkomendasikan untuk membersihkan telinga. Para dokter tidak menyarankan menggunakan ear candle karena kurang efektif dalam membersihkan telinga. Dan lebih parahnya lagi dapat menyebabkan cedera pada telinga seperti terbakar ataupun saluran telinga tersumbat.

Menjaga Telinga Tetap Kering

Telinga yang basah dan lembap dapat memicu perkembangan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, penting buat anda untuk menjaga telinga supaya tetap kering. Jika anda hobi berenang, sebaiknya anda menggunakan pelindung telinga supaya airnya tidak masuk ke dalam. Apabila, telinga anda kemasukkan air ketika mandi, segera miringkan kepala anda supaya airnya mengalir keluar. Selain itu, jangan lupa membersihkan telinga ehabis mandi agar kelembapannya terjaga dan tetap kering.

Konsumsi Makanan Bergizi

Salah satu cara menjaga kesehatan telinga yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat yang bergizi. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung seng dan asam float. Tak hanya bagus untuk tubuh, ternyata kandungan seng dan asam folat juga berguna bagi kesehatan telinga. Selain itu, kurangi konsumsi gula, garam kafein dan pemanis buatan yang berlebihan.

Olahraga Teratur

Ternyata rajin melakukan olahraga bisa membuat telinga sehat lo. Lakukan olahraga secara teratur untuk membantu mencegah masalah kesehatan pendengaran, seperti diabetes atau tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan masalah pendengaran.

Rutin Melakukan Pemeriksaan Telinga

Supaya telinga anda bersih dan sehat anda harus rajin untuk melakukan pemeriksaan ke dokter THT. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi kesehatan telinga dan fungsi pendengarana nda. Biasanya pemeriksaan telinga ini meliputi pemeriksaan fisik dan tes pendengaran. Ada banyak manfaat yang bisa anda peroleh dan rasakan dengan rutin melakukan pemeriksaan. Melalui pemeriksaan, tanda atau gejala penyakit telinga dan gangguan pendengaran bisa terdeteksi sejak dini sehingga bisa mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat. Anda bisa memeriksakan kesehatan telinga anda ke dokter THT setiap 3 samapi 5 tahun sekali.

Baca Juga :  Tips Perawatan Telinga yang Benar

Sayangi telinga anda dengan menjaga kesehatan telinga dengan baik dan benar. Jika terjadi keluhan pada telinga anda jangan menunda untuk konsultasi ke dokter. Bagi anda yang ingin konsultasi mengenai kesehatan telinga, anda bisa mengunjungi AQM Hearing Center. AQM Hearing Center merupakan salah satu klinik pendengaran terbaik dan terpercaya. Kami menyediakan berbagai layanan terkait gangguan pendengaran. Bagi anda yang sedang mencari alat bantu dengar (ABD) dan pemasangan alat bantu dengar anda bisa datang berkunjung ke klinik pendengaran Jakarta. Selain itu, anda juga bisa melakukan konsultasi masalah pendengaran, kami juga melayani pengecekan kemampuan pendengaran. Tak hanya itu saja, klinik pendengaran Jakarta juga menyediakan jasa perawatan dan perbaikan alat bantu dengar, menyediakan perlengkapan dan aksesoris alat bantu dengar, hingga pembuatan cetak daun telinga.