Tips Bisul Telinga Yang Harus Anda Ketahui

tips bisul telinga

Gangguan pada tubuh atau kulit yang bernama bisul ini mungkin sudah banyak yang mengenalnya. Keberadaannya seringkali mengganggu dan membuat penderitanya malu apabila diketahui oleh banyak orang. Bisul sebenarnya memang bisa sembuh dengan sendirinya akan tetapi jika hal ini terjadi di telinga maka bisa menyebabkan rasa nyeri terus menerus di telinga bahkan telinga juga bisa bengkak. Nah, apakah anda penasaran dengan bagaimana cara mengobati bisul telinga? Simak ulasan berikut bersama Hearing Center Depok!

Tentang Bisul Telinga

Bisul yang muncul di telinga ditandai dengan adanya benjolan kecil yang memiliki warna merah. Benjolan ini berisi nanah yang biasanya terbentu di bawah kulit telinga. Bisul mau terletak di bagian tubuh manapun pasti akan menimbulkan rasa nyeri sebelum pecah. Namun, bisul yang berada di telinga bisanya akan terasa lebih menyakitkan. Memang ukurannya tergolong kecil, namun ia bisa menimbulkan rasa yang amat nyeri bahkan disertai dengan telinga gatal, bengkak, gangguan pendengaran hingga keluarnya cairan dari telinga.

Penyebab Munculnya Bisul di Telinga

Gangguan tubuh berupa bisul ini biasanya akan muncul jika terjadi sebuah infeksi. Adapun penyebab dari terjadinya infeksi ini adalah akibat adanya luka yang berada di permukaan kulit telinga. Luka tersebut kemudian memancing kuman untuk masuk sehingga menimbulkan infeksi. Beberapa faktor lain yang menjadi penyebab munculnya bisul adalah ketika anda terlalu sering membersihkan telinga menggunakan cotton bud, adanya jerawat yang pecah di telinga ataupun seringnya anda memasukkan jari ataupun benda asing di dalam telinga.

Penyebab munculnya bisul telinga yang lain adalah karena adanya iritasi ataupun reaksi alergi di telinga akibat penggunaan kosmetik, sabun, sampo dan cairan lain yang masuk ke dalam telinga. Namun, di beberapa kondisi seringkali kita tidak bisa mengetahui apa penyebab munculnya bisul di telinga. Sehingga anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter agar diketahui penyebabnya sehingga diketahui pula bagaimana penanganan yang sesuai.

Baca Juga :  Apa Yang Terjadi Selama Pemasangan Alat Bantu Dengar?

Tips Mengatasi Bisul Telinga

Memang bisul yang ada di telinga dengan ukuran kecil serta ringan bisa sembuh dengan sendirinya tanpa adanya pengobatan. Tubuh manusia memiliki imunitas atau sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk membunuh bakteri salah satunya adalah bakteri yang menyebabkan bisul. Namun, biasanya bisul memiliki dampak berupa rasa nyeri dan gatal sehingga hal ini akan mengganggu kenyamanan penderita. Berikut ini adalah beberapa cara atau tips mengatasi telinga bisul yang bisa anda lakukan di rumah:

Hindari Memecah Bisul

Ketika ada yang terganggu dalam tubuh atau kulit kita biasanya kita tidak tahan untuk menyentuhnya. Hal ini berlaku saat kita memiliki jerawat hingga bisul. Kita tidak akan tahan untuk tidak menyentuh serta memecanya. Untuk mengatasi telinga bisul, anda memang harus menghindari pemecahan bisul di telinga. Hal ini dikarenakan ketika bisul dipecahkan atau terlalu sering di sentuh maka bisa menimbulkan adanya infeksi dengan tingkatan yang lebih parah. Jika anda ingin membersihkannya maka anda bisa menggunakan air hangat serta sabut dengan bantuan bahan yang lembut. Anda juga bisa menggunakan larutan antiseptic untuk mengatasi hal ini.

Kompres Telinga dengan Air Hangat

Melakukan kompres di telinga yang terkena bisul menggunakan air hangat dipercaya bisa meredakan rasa sakit yang muncul akibat bisul. Untuk melakukannya tentu sangat mudah seperti anda melakukan kompres pada anak yang demam. Yang pertama anda bisa melakukan perendaman pada lap ataupun kain bersih ke dalam air hangat. Kemudian tempelkan handuk atau kain tersebut di area yang bisul. Lakukan kompres kurang lebih dalam waktu 10 hingga 15 menit. Anda bisa melakukan kompres sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari. Sebelum dan sesudah mengompres anda harus bercuci tangan agar semua dalam keadaan steril demi meminimalisir adanya bakteri yang bisa menambah tingkat keparahan bisul.

Baca Juga :  Apa Akibat Mendengar Suara Keras Terhadap Pendengaran?

Obat Pereda Nyeri

Jika anda mengalami bisul dan mengunjungi seorang dokter, maka sudah pasti dokter akan memberikan ada resep sebuah obat Pereda nyeri. Contoh obatnya adalah paracetamol ataupun ibuprofen. Obat-obatan ini juga bisa diberikan bagi pasien yang mengalami demam pada saat bersamaan dengan penyakit bisul.

Menggunakan Antibiotik

Obat berikutnya yang bisa saja direkomendasikan oleh dokter adalah antibiotic. Obat ini di berikan ketika memang bisul telinga yang anda miliki di sebabkan oleh adanya infeksi bakteri. Biasanya obat antibiotic yang di berikan juga bermacam-macam mulai dari obat tetes telinga, obat salep/krim/oles serta obat untuk di minum (tablet atau kapsul).

Tetes Telinga

Jenis obat ketiga yang bisa gunakan adalah tetes telinga. Obat tetes telinga ini berguna untuk mengatasi infeksi bakteri serta pembengkakan telinga yang bisa muncul karena memiliki bisul. Obat tetes telinga yang di gunakan biasanya yang mengandung antibiotic ataupun cairan antiseptic contohnya hydrogen peroksida. Selain itu, obat yang mengandung kortikosteroid juga perlu diberikan apabila terjadi pembengkakan dan peradangan di telinga.

Itulah berbagai ulasan yang bisa kami berikan terkait dengan tips mengatasi telinga bisul. Bagi anda yang membutuhkan layanan konsultasi terkait masalah pada telinga termasuk di antaranya adalah gangguan pendengaran maka anda bisa mengunjungi kami di Hearing Center Depok.