Terbukti Ampuh, Begini Cara Mengobati Tuli Syaraf Sesuai Anjuran Dokter

cara mengobati tuli syaraf

Tuli bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah kerusakan syaraf. Tuli syaraf atau tuli sensorineural adalah kondisi gangguan pendengaran yang terjadi akibat rusaknya syaraf di telinga, khususnya pada bagian telinga dalam. Saat mengalami kerusakan, sel-sel rambut di koklea akan rusak dan mengganggu sambungan syaraf pendengaran ke otak.

Bagi penderita tuli sensorineural tidak perlu berkecil hari. Sebab, sudah ada cara mengobati tuli syaraf sesuai dengan anjuran dokter. Lalu bagaimana acara mengobatinya? Berikut kami tuliskan penjelasannya:

Menjaga Kesehatan Telinga Dapat Menghindari Risiko Terkena Tuli Syaraf

Menjaga kesehatan telinga adalah cara yang paling ampuh dalam mencegah penyakit tuli syaraf. Anda bisa memulainya dengan mengatur volume suara yang akan didengarkan. Jangan terlalu sering mendengarkan suara yang terlampau keras sebab hal itu bisa mempercepat kerusakan syaraf-syaraf pendengaran di dalam telinga.

Kebersihan telinga menjadi solusi lainnya untuk mencegah terkena tuli syaraf. Virus dan bakteri adalah salah satu penyebab dari munculnya gangguan pendengaran. Oleh karena itu, sebaiknya jadwalkan waktu khusus untuk membersihkan telinga, supaya virus dan bakteri yang berada di sana dapat disingkirkan.

Dalam membersihkan telinga, Anda pun perlu melakukannya dengan hati-hati. Misalnya, tidak boleh memasukkan cotton bud terlalu dalam sebab bisa memicu kerusakan organ dalam telinga. Yang paling sering terjadi adalah robeknya gendang telinga yang bisa berdampak sangat fatal.

Diobati Dengan Obat Sesuai Anjuran Dokter

Cara mengobati tuli syaraf bisa dilakukan dengan penggunaan obat tertentu. Kortikosteroid adalah jenis obat yang cukup populer dan direkomendasikan oleh banyak dokter. Obat ini dikonsumsi dengan cara diminum, atau injeksi pada bagian telinga Anda.

Untuk mendapatkan kortikosteroid tentu harus sesuai rekomendasi dokter. Jadi, Anda perlu mendatangi dokter THT dulu, berkonsultasi, dan barulah bisa memperoleh resep khusus.

Baca Juga :  Ketahui Pentingnya Pemeriksaan Audiometri

Namun, penggunaan obat kortikosteroid mungkin kurang cocok untuk beberapa kondisi tertentu. Misalnya, kondisi tuli yang dibawa sejak lahir atau disebabkan oleh faktor gen. Atau, penderita yang sudah memasuki usia tua, di mana hampir semua kemampuan syarafnya akan menurun secara drastis.

Terapi Alat Bantu Dengar

Alternatif lainnya  untuk mengatasi tuli syaraf adalah menggunakan alat bantu dengar. Alat bantu dengar punya teknologi canggih yang dapat mengeraskan getaran suara supaya bisa didengar oleh telinga yang rusak. Cara yang satu ini dianggap cukup praktis dan direkomendasikan oleh banyak dokter THT. Bagaimana tidak, tanpa mengkonsumsi obat atau melakukan terapi khusus, pasien tuna rungu bisa kembali mendengar dengan normal.

Namun, perlu dicatat bahwa ada beberapa hal yang perlu dipahami sebelum membeli alat bantu dengar. Misalnya, memahami kondisi ketulian dan menyesuaikan dengan alat bantu dengar yang dibutuhkan. Oleh karenanya, Anda tetap harus berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter THT. Biasanya, dokter akan melakukan serangkaian tes, menjatuhkan vonis dan barulah memberikan rekomendasi alat yang sesuai dengan tingkat kerusakan telinga.

Namun, Sebagai gambaran awal, kami akan memberi tahu jenis-jenis alat bantu dengar yang beredar di pasaran. Terdapat dua jenis alat bantu dengar yang banyak dipakai di Indonesia. Pertama adalah jenis ITE atau in the ear. ITE memiliki bentuk yang cukup kecil sehingga bisa dipasangkan di saluran dalam telinga. Penempatan yang dekat dengan gendang telinga mampu membuat penggunanya bisa mendengar secara lebih natural.

Kemudian, ada jenis BTE atau behind the ear yang nampaknya menjadi pilihan oleh mayoritas penyandang tuna rungu. Alat ini punya bentuk yang lebih besar dari ITE, sehingga bisa dipasangi fitur yang lengkap dan lebih mudah untuk dipakai. Fitur membantu yang terpasang di alat bantu dengar BTE antara lain adalah pengaturan volume dan sambungan Bluetooth yang memberikan kemudahan bagi penggunanya.

Baca Juga :  Apa yang Kamu Tahu Tentang Tinnitus?

Kesimpulannya, cara mengobati tuli syaraf bisa dilakukan dengan pencegahan sejak dini, mengkonsumsi obat khusus, dan menggunakan alat bantu dengar. Di antara ketiganya, kami lebih menyarankan agar menggunakan alat bantu dengar. Selain lebih praktis, alat ini tetap punya fungsi yang sangat efektif.

AQM Hearing Center adalah tempat yang cocok untuk membeli alat bantu dengar berkualitas. Di sini, Anda akan menemukan berbagai jenis alat bantu dengar, dengan variasi merk dan harga yang beragam. Selain menyediakan alat bantu dengar, klinik ini menyediakan juga layanan konsultasi bagi pembeli yang membutuhkan. Apalagi, layanan home service menawarkan Anda kemudahan sebab semuanya bisa dilakukan dari rumah saja.