Review Jujur Pengalaman Memakai Alat Bantu Dengar

pengalaman memakai alat bantu dengar

Dalam kegiatan sehari-hari, para penderita gangguan pendengaran pasti akrab dengan yang namanya alat bantu dengar. Alat ini dapat membantu mengembalikan fungsi pendengaran mereka, meskipun tidak 100% akurat seperti saat masih normal. Meskipun begitu, alat ini tetap punya peran yang vital sebab bisa membangun kepercayaan diri untuk kembali berkomunikasi.

Nah pada kesempatan ini, kami akan berbagi pengalaman memakai alat bantu dengar. Jadi, bagi yang baru akan menggunakan alat ini maka bisa menyimak penjelasan berikut.

Alat Bantu Dengar Mengembalikan Fungsi Pendengaran

Cara kerja alat bantu dengar sebenarnya cukup sederhana. Pertama, suara ditangkap oleh microphone, lalu diproses oleh amplifier, dan dikeluarkan kembali oleh speaker ke dalam telinga kita. Namun, suara yang dikeluarkan tentu sudah dikuatkan terlebih dahulu supaya terdengar oleh penderita gangguan pendengaran.

Selain itu, alat bantu dengar sudah dilengkapi teknologi canggih yang membuat penggunanya tetap nyaman setiap waktu. Misalnya, fitur anti noise yang bisa meredam suara latar yang tidak diinginkan. Suara noise akan disaring supaya tidak sampai ke telinga penggunanya. Jadi, meskipun alat bantu dengar bisa menangkap suara di sekitar, namun suara noise yang sekiranya akan mengganggu akan disaring terlebih dahulu.

Oleh karenanya, bila pendengaran Anda sudah lama rusak, maka sangat direkomendasikan agar menggunakan alat bantu dengar. Selain bisa mendapatkan kembali kemampuan dalam mendengar, alat ini bisa menjadi terapi bagi pendengaran Anda. Anda yang sebelumnya berada di suasana hening dapat kembali mendengarkan suara dengan normal. Hal ini tentu dapat merangsang otak supaya terbiasa lagi mendengarkan suara-suara.

Alat Bantu Dengar Sangat Nyaman Saat Dipakai Telinga

Bagi yang punya pengalaman memakai alat bantu dengar, pasti sudah paham kalau alat ini punya jenis dan bentuk yang berbeda-beda. Jadi, cara pasangnya akan disesuaikan dulu dengan jenis yang dipilih. Misalnya, untuk jenis BTE (behind the ear), maka sebagian besar komponennya akan terpasang di belakang telinga. Sedangkan untuk tipe ITE (in the ear)¸ komponen utamanya akan berada di bagian dalam telinga.

Baca Juga :  4 Tanda Anda Membutuhkan Alat Bantu Dengar

Mengenai tingkat kenyamanan, apakah alat ini akan mengganggu aktivitas harian kita? Sebenarnya alat ini tidak akan mengganggu selama Anda selektif dalam memilih jenis. Misalnya, jika Anda menggunakan kaca mata, maka tidak disarankan memilih jenis Alat Bantu Dengar BTE. Sebaliknya, pilihlah tipe ITE sebab tidak akan terlalu mengganggu gagang kaca mata.

Tipe ITE memang punya kelebihan dari bentuknya yang cukup kecil. Selain tidak mengganggu, jenis ini juga tidak akan terlalu di-notice oleh orang lain. Sehingga, privasi penggunanya pun menjadi lebih aman. Di sisi lain, tipe BTE bisa mengurangi adanya suara feedback karena penempatannya yang ada di belakang. Selain itu, tipe ini juga mendukung penggunaan fitur-fitur yang dibutuhkan karena bentuknya yang luas.

Lakukan Perawatan Secara Rutin

Setelah Anda membeli alat bantu dengar, hal rutin yang pasti akan dilakukan adalah merawatnya. Alat ini sebenarnya tidak rewel dan mudah sekali dirawat. Anda hanya perlu menjaga kebersihannya dengan cara mengelap debu dan kotoran yang menempel.

Kemudian, pastikan kalau tempat penyimpanan Anda kering dan tidak lembap. Tempat penyimpanan yang lembap bisa saja merusak komponen dan mengurangi fungsi dari alat.

Melepaskan baterai saat tidak dipakai juga sangat disarankan. Dengan melakukan hal ini, daya baterai bisa lebih hemat dan bertahan lebih lama. Selain itu, tempat yang terbuka akan memperlancar sirkulasi udara sehingga mengurangi kelembapan di dalamnya.

Untuk perawatan yang optimal, sebaiknya baca dulu buku panduan yang diberikan. Buku panduan biasanya termasuk dalam paket pembelian ketika Anda membeli alat ini.

Itulah review jujur pengalaman memakai alat bantu dengar. Jika Anda membutuhkan alat ini, kami menyarankan agar membelinya di AQM Hearing Center. Di sini, Anda bisa berkonsultasi kepada ahlinya demi mendapat rekomendasi alat yang terbaik. Selain itu, Anda pun bisa melakukan tes pendengaran terlebih dahulu untuk memastikan kondisi dan tingkat keparahannya. Ketersediaan alat bantu dengar di sini pun cukup lengkap, di mana masing-masingnya sudah bergaransi sehingga bisa memberikan ketenangan.

Baca Juga :  14 Faktor Penyebab Telinga Mendengung (Tinnitus) dan Cara Mengatasinya