Service Alat Bantu Dengar Tangerang

alat bantu dengar

Alat bantu dengar sering digunakan oleh orang yang mengalami kesulitan untuk mendengar karena berbagai faktor seperti faktor genetik, usia, cedera fisik, ataupun akibat penyakit dan gangguan kesehatan lainnya yang mengakibatkan terganggunya sistem pendengaran. Terkadang, alat bantu dengar juga dapat mengalami gangguan ataupun kerusakan. Karena memang hanyalah sebatas suatu alat elektronik biasa yang dapat rusak karena berbagai faktor. Untuk mengatasi gangguan ataupun kerusakan yang terjadi, Anda yang berdomisili di daerah Tangerang dan sekitarnya dapat melakukan service alat bantu dengar Tangerang. Ingin tahu informasi lebih lengkapnya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Cara Kerja Alat Bantu Dengar

Fungsi alat bantu dengar adalah untuk memperjelas dan mengirimkan suara yang terdengar lansung ke telinga bagian dalam. Dengan fungsinya tersebut, orang yang mengalami gangguan pendengaran ataupun tuli dapat kembali mendengar dengan jelas dan dapat melangsungkan aktivitasnya kembali dengan normal karena komunikasi akan lebih mudah. Namun kemampuan mendengar yang sesungguhnya dari penderita tidak dapat dikembalikan oleh alat bantu dengar karena alat bantu dengar hanyalah untuk membantu mendengar saja. Seperti halnya fungsi kacamata pada orang yang mengalami mata minus, hanya sekedar membantu memperjelas.

Alat bantu dengar menggunakan mikrofon untuk menangkap suara dari lingkungan luar. Semua suara yang berasal dari lingkungan luar akan ditangkap dalam bentuk gelombang suara. Kemudian gelombang akan diproses oleh alat bantu dengar sehingga akan terdengar jelas oleh telinga. Proses tersebut akan sangat bergantung pada jenis alat bantu dengar yang digunakan.

Sinyal dari gelombang suara yang tertangkap akan ditransmisikan ke speaker dalam bentuk getaran suara kemudian ditangkap dan diproses oleh sel rambut auditori di dalam telinga bagian dalam. Sel rambut tersebut akan mengirimkan sinyal dari alat bantu dengar menuju otak untuk diproses sebagai suatu informasi. Kerusakan sel rambut auditori di dalam telinga biasanya meunjukkan tingkat keparahan gangguan pendengaran yang terjadi. Amplifikasi yang dibutuhkan oleh alat bantu dengar untuk mengirimkan sinyal ke otak akan bergantung pada tingkat keparahan kerusakan sel rambut auditori tersebut.

Baca Juga :  Bahasa Verbal : Pengertian, dan Penggunaanya

Penyebab Terjadinya Gangguan atau Kerusakan Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar juga dapat mengalami gangguan akibat adanya kerusakan dari dalam komponennya. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan alat bantu dengar menjadi tidak dapat berfungsi dengan semestinya. Hal-hal tersebut antara lain:

  • Terjadinya penumpukan kotoran telinga di dalam alat bantu dengar akibat jarang atau bahkan tidak pernah dibersihkan. Hal ini sering menjadi masalah utama penyebab fungsi alat bantu dengar menjadi terganggu. Alat bantu dengar biasanya digunakan setiap hari sehingga lama kelamaan kotoran telinga akan terus menumpuk apabila tidak dibersihkan secara berkala. Kotoran telinga yang menumpuk dalam alat bantu dengar dapat mengakibatkan terhalanginya sinyal suara masuk ke dalam alat bantu dengar.
  • Baterai bermasalah juga dapat menyebabkan fungsi alat bantu dengar menjadi terganggu. Baterai dapat kehabisan daya sehingga alat bantu dengar juga akan turun fungsinya jika daya baterai melemah. Kualitas suara tidak akan sebagus dan sejernih ketika baterai masih full. Selain itu, alat bantu dengar juga dapat mati apabila pemasangan baterai tidak dilakukan dengan benar.

Tanda Alat Bantu Dengar Mengalami Kerusakan atau Gangguan

Apabila alat bantu dengar mengalami kerusakan, akan muncul tanda-tanda seperti:

  • Pada alat bantu dengar muncul suara siul atau memekik saat digunakan. Suara ini cukup mengganggu penggunanya karena mereka harus berkonsentrasi membedakan suara mana yang penting antara suara siulan dan memekik yang mengganggu dari alat bantu dengar. Gangguan ini dapat diakibatkan oleh adanya kotoran telinga yang menumpuk, volume terlalu keras, pemasangan yang tidak tepat, atau apabila baterai lemah.
  • Alat bantu dengar tidak menghasilkan suara akibat baterai habis, mikrofon yang tersumbat, atau bahkan akibat kerusakan total pada alat bantu dengar.
  • Suara tidak jelas, seperti teredam, dan putus-putus akibat baterai yang lemah atau rusaknya speaker.
  • Suara yang terdengar terlalu kecil akibat amplifikasi yang tidak sesuai sehingga sinyanya menjadi lemah. Hal ini penyebabnya adalah karena adanya kotoran telinga yang menyumbat alat bantu dengar, karena baterai lemah, atau rusaknya alat bantu dengar.
Baca Juga :  Mengenal Alat Bantu Dengar Isi Ulang

Perawatan Alat Bantu Dengar

Untuk mencegah terjadinya gangguan dan kerusakan alat bantu dengar sebaiknya harus dirawat dengan baik. Bersihkan alat bantu dengar secara rutin agar tidak terjadi penumpukan kotoran pada alat bantu dengar. Segera ganti baterai apabila baterai lemah ataupun telah habis. Baterai juga harus terpasang dengan benar ke dalam alat bantu dengar.

Apabila alat bantu dengar mengalami gangguan ataupun kerusakan yang tidak dapat Anda atasi secara pribadi, sebaiknya segera datang ke tempat service alat bantu dengar untuk membantu memperbaiki kondisi alat bantu dengar. Service alat bantu dengar Tangerang terpercaya AQM Hearing Center Tangerang kini telah hadir untuk membantu Anda. Mari temukan solusi atas permasalahan pendengaran dan alat bantu dengar yang Anda butuhkan di AQM Hearing Center. Tenaga teknisi yang melakukan service alat bantu dengar Tangerang telah ahli dan profesional sehingga dapat membantu memperbaiki gangguan ataupun kerusakan pada alat bantu dengar yang Anda miliki. Info lebih lanjut dapat mengunjungi website AQM Hearing Center Tangerang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.