Mengenal Serumenolitik Lebih Dekat

serumenolitik

Apakah anda tahu apa itu serumenolitik? Berikut informasinya untuk anda mengenai tetes telinga untuk mengatasi penumpukan serumen.

Mengenal Serumenolitik

Serumenolitik merupakan tetes telinga yang menjadi salah satu tata cara untuk melunakkan serumen pada telinga atau kotoran pada telinga. Tindakan yang dilakukan untuk mengatasi penyumbatan pada telinga akibat kotoran serumen ini dapat dilakukan dengan cara ekstraksi irigasi telinga atau kestraksi manual.

Selain itu, dapat dilakukan dengan tindakan tetes telinga. Metode serumenolitik merupakan metode yang lebih mudah dan nyaman untuk pasien dan memiliki efikasi lebih baik serta menjadi pertimbangan dilakukan untuk pasien.

Teknik serumenolitik akan memudahkan untuk mengeluarkan kotoran serumen yang mengeras. Hal ini karena cairan serumen memiliki zat untuk melembutkan yang terdiri dari minyak, gliserin, zat pengemulsi, dan pelumas. Tetes telinga ini akan diberikan untuk telinga untuk melembutkan kotoran dan meredakan ketidaknyamanan pada telinga.

Kandungan dalam Serumenolitik

Serumenoltik adalah larutan cair yang akan membantu dalam mengencerkan, melembutkan, melarutkan, bahkan memecahkan kotoran yang mengeras. Senyawa ini berbasis air atau minyak. Bahan khas atau kandungan yang sering ditemukan pada tetes telinga ini beragam.

Pada tetes telinga berbasis air akan ditemukan hydrogen peroksida, asam asetat, natrium dokusat, dan natrium bikaronat. Untuk tetes telinga dengan basis minyak akan ditemukan kandungan minyak tanah, zaitun, dan almond. Selain itu, juga terdapat tetes telinga dengan komponen non water dan non oil seperti carbamide peroxide, kolin salisilat, atau gliserol.

Tetes telinga yang sering diresepkan untuk melunakkan kotoran adalah yang mengandung karbamid peroksida. Obat tetes ini akan bekerja dengan melepaskan oksigen dan mendorong serta melembutkan serumen dan membunuh bakteri yang ada dalam telinga.

Fungsi Serumenolitik

Serumenolitik berfungsi untuk melembutkan kotoran dan mengatasi ketidaknyamanan kondisi telinga akibat kotoran yang menumpuk. Serumen atau kotoran telinga memiliki kandungan zat lilin hidrofobik yang memberikan perlindungan mekanis dan mikroba pada lapisan epiten saluran yang dibantu oleh gerakan pada rahang.

Kemudian impaksi lilin telinga ini merupakan akumulasi serumen yang dapat menjadi gekala penyakit pada organ pendengaran. impaksi lilin telinga ini dapat mengeras sehingga akan menggangu fungsi pendengaran. oleh sebab itu, perlu tindakan untuk mengeluarkan impaksi tersebut.

Teknik mengeluarkan impaksi zat lilin digunakan serumenolitik atau agen pelembut serumen dan irigasi. Hal ini akan membantu untuk mengangkat serumen secara manual.

Cara Kerja Serumenolitik

Obat tetes telinga untuk melembutkan serumen ini memiliki kandungan karbanik peroksida. Karbanid peroksida akan melepaskan hydrogen peroksida dan radikan bebas disaat bersentuhan dengan air atau permukaan luar telinga dan gigi. Hydrogen peroksida ini bertindak sebagai serumenolitik atau tetes telinga untuk melunakkan kotoran.

Obat jenis karbamid peroksida dapat menyebabkan peningkatan kerentanan terhadap erosi, stabilitas fraktur atau penurunan ketahanan abrasi pada area yang dirawat dan mempengaruhi komponen organic email. Karbamid peroksida ini akan melepaskan hydrogen peroksida yang mampu memecahkan lilin dari serumen yang mengeras. Kemudian hydrogen peroksida terurai menjadi air.

Pelunakan serumen juga akan dibantu oleh gliserol dan urea yang membantu untuk menghancurkan kotoran telinga sehingga kotoran berupa serumen dapat keluar dengan maksimal.

Keunggulan Serumenolitik

Penggunaan serumenolitik dapat memudahkan untuk melunakkan kotoran. Keunggulan dari tetes telinga ini adalah mudah untuk digunakan sehingga penderita gangguan pendengaran akibat penumpukan kotoran dapat melakukan metode dengan serumenolitik di rumah. Penggunaan tetes telinga ini juga lebih murah dan lebih mudah untuk didapatkan di apotik-apotik terdekat.

Penggunaan serumenoltik tidak membutuhkan instrument khusus dan tidak ada resiko kerusakan mekanik atau trauma seperti melakukan irigasi telinga maupun tindakan ekstraksi manual.

Efek Samping Serumenoltik

Penggunana serumenolitik tidak memberikan efek buruk yang signifikan. Namun beberapa efek terburuk yang terjadi dari penggunaan obat tetes ini adalah mengalami iritasi, inflamasi kulit telinga, dan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, nyeri, rasa terbakar pada telinga.

Jika anda memiliki Riwayat alergi tertentu terhadap jenis obat lebih baik untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakan tetes telinga ini.

Serumenolitik di Apotik

Terdapat obat tetes telinga serumenolitik yang diperjualbelikan di apotik. Berikut ini informasinya mengenai obat serumenolitik yang dapat anda temukan di apotik.

1. Karbogliserin

Obat tetes telinga karbogliserin merpakan obat yang berfungsi untuk melunakkan serumen. Jenis obat ini memiliki bahan dasar gliserin dapat mencairkan serumen tanpa merubah komponen kimia dari serumen itu sendiri. obat ini memudahkan untuk mengeluarkan kotoran dari saluran telinga. Selain itu, obat ini juga dapat mengurangi peradangan, membunuh kuman sebagai antiseptic, dan dapat menghilangkan rasa nyeri yang ditimbulkan oleh peradangan atau penekanan serumen.

2. Vital Ear oil

Serumenolitik vital ear oil merupakan obat tetes telinga yang dapat digunakan untuk membersihkan kotoran telinga. Obat ini juga sebagai antiseptic pada rongga telinga dapat mencegah terjadinya pertumbuhan jamur dan bakteri.

3. Forumen Ear Drops

Serumenolitik forumen ear drops merupakan obat pelunak kotoran. Obat ini mengandung natrium docusate yang membantu mengeluarkan kotoran telinga atau serumen. Cara kerja forumen adalah mengencerkan kotoran telinga sehingga serumen dapat mudah keluar dan telinga lebih bersih.

4. Santadex

Santadex merupakan jenis serumenolitik yang mudah ditemukan di apotik. obat jenis ini akan membantu untuk mengeluarkan kotoran dan menghancurkan kotoran yang mengeras serta mengobati infeksi telinga.

Demikian informasi mengenai serumenolitik. Semoga dari penjelasan yang diberikan dapat memudahkan anda dalam mengenal serumenolitik.

Open chat
1
Ingin konsultasi lebih dekat?
halo, ada yang bisa kami bantu?