Penyebab Munculnya Benjolan Di telinga

penyebab munculnya benjolan di telinga

Apabila anda menemukan benjolan yang berada di sekitaran telinga. Tepat sekali menemukan tulisan ini mengenai penyebab munculnya benjolan di telinga.

Benjolan di telinga merupakan pembengkakan di bagian daun telinga. Benjolan di telinga ini biasanya tidak berbahaya. Beberapa penyebab munculnya benjolan di telinga ini sangat beragam, benjolan di telinga ada yang hadir karena proses dari terbentuknya sel kulit mati, kista atau earlob ecyst yang tidak berbahaya, Jika anda mengalami benjolan di telinga berikut informasi penyebab munculnya benjolan di telinga.

penyebab munculnya benjolan di telinga

1. Jerawat di daun telinga

Penyebab munculnya benjolan ditelinga salah satunya adalah dikarenakan jerawat. Jerawat merupakan salah satu jenis penyakit kulit ringan dan tidak berbahaya. Jerawat biasanya muncul di daerah wajah, punggung, bahkan ada beberapa orang mengalami muncul jerawat dibagian daun telinga.

Anda tidak perlu cemas akan hal ini. Jerawat di daun telinga akan hilang dengan sendirinya dengan mengering. Anda dapat juga memberikan obat jerawat di sekitar daun telinga anda yang disebabkan oleh jerawat ini agar penyembuhan lebih cepat.

2. virus atau bakteri

Penyebab munculnya benjolan pada telinga atau disekitaran daun telinga dapat juga disebabkan oleh infeksi virus mauun bakteri. Infeksi ini dapat memicu benjolan dapat diakibatkan oleh radang tenggorokan, cacar, campak, mononukleosis, serta dapat juga HIV/AIDS untuk mengenai penyebabnya dapat anda lakukan pengecekan ke dokter.

3. Kista

Penyebab munculnya benjolan di telinga dapat juga disebabkan adanya kista. Kista pada daun telinga biasanya berukuran kecil dan terdapat rasa nyeri sakit kadang-kadang. Benjolan kista tumbuh dengan lambat, berisi protein, memiliki warna putih atau kuning, serta dapat bergerak mudah di bawah permukaan kulit.

Kista ini tidak berbahaya, namun jika anda mengalami beberapa hal seperti benjolan bertumbuh cepat, dan terasa nyeri sakit maka anda perlu menghubungi dokter untuk memeriksa benjolan tersebut.

Baca Juga :  Penurunan Kemampuan Pendengaran dan Cara Menanganinya

4. Mastoiditis

Penyebab munculnya benjolan di telinga dapat disebabkan oleh mastoiditis. Penyakit Mastoiditis merupakan infeksi rongga tulang mastoid atau tulang belakang di telinga. Mastoiditis adalah infeksi telinga tengah yang terjadi cukup lama.

Mastoiditis memiliki gejala pembengkakan daun telinga, merah, dan rasa nyeri di daun telinga. Kemudian muncul cairan yang keluar dari telinga dapat juga berupa nanah. Mastoiditis juga disertai gejala sistemik seperti demam dan malaise. Jika anda mengalami gejala tersebut alangkah baiknya pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

5. otitis media atau interna

Penyebab munculnya benjolan di telinga oleh otitis media dan interna. Penyakit Otitis media merupakan infeksi atau inflamasi pada bagian tengah telinga. Otitis media dapat terjadi saat pilek, sakit tenggorokan, atau infeksi pada saluran pernapasan. Interna atau Otitis media sering terjadi pada anak-anak.

Otitis media jika tidak diobati dengan baik akan menimbulkan komlikasi seperti infeksi telinga dalam, pecahnya gendang telinga, kehilangan pendengaran, bahkan meningitis. Jika mengalami gejala otitis media maka anda perlu memeriksakan diri ke dokter THT.

6. Limfadenopati

Penyebab munculnya benjolan di telinga oleh limfadenopati. Limfadenopati ini merupakan pembengkakan atau pembesaran kelenjar getah bening yang terjadi pada ketiak, dagu, belakang telinga, leher, pangkal paha, bahkan belakang kepala.

Limfadenopati ini merupakan benjolan akibat melawan virus dan bakteri yang masuk dalam tubuh. Selain itu dapat juga berupa peradangan, infeksi, bahkan kanker. Mengetahui adanya limfadenopati biasanya muncul benjolan dibawah kulit, nyeri pada benjolan, dan hangat serta kemerahan di kulit yang terjadi pembengkakan.

Keluhan lain dari limfadenopati dapat pula seperti lemas, kelelahan, ruam kulit, sakit kepala, demam, pegal-pegal, gangguan pernapasan seperti hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan batuk, berkeringat di malam hari, nafsu makan terganggu, dan berat badan menurun

Baca Juga :  Apa itu Elektronistagmografi: Tes Diagnostik untuk Merekam Gerakan mata.

Jika anda mengalami beberapa gejala diatas dan pembengkakan benjolan semakin besar maka anda perlu melakukan pengobatan lebih lanjut. Pengobatan ini dilakukan dengan pemeriksaan oleh dokter.

7. Abses

Penyebab munculnya benjolan di telinga oleh abses. Abses merupakan pembengkakan disebabkan adanya nanah yang terkumpul di satu daerah. abses adalah reaksi alami tubuh melakukan perlawanan terhadap infeksi yang menyerang suatu jaringan tertentu.

Gejala yang terjadi pada penderita abses yaitu adanya pembengkakan halus di bawah kulit, kemudian terdapat rasa nyeri dan sakit didaerah tersebut. Pada abses terdapat penumpukan nanah putih maupun kuning yang terlihat dibawah kulit. Abses dapat disertai demam dan panas dingin di badan.

Apabila anda menemui benjolan disertai beberapa gejala yang disebutkan maka anda perlu melakukan pemeriksaan dokter untuk segera ditangani.

8. Lipoma

Lipoma berupa benjolan lemak dan tidak menyebabkan rasa sakit saat ditekan. Lipoma juga bukan penyakit serius. Namun jika anda terganggu dengan adanya benjolan akibat lipoma, anda dapat melakukan operasi kecil pengangkatan benjolan tersebut.

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab munculnya benjolan ditelinga, mungkin beberapa cara mengatasi benjolan di daun telinga dapat membantu anda. Pertama adalah anda dapat melakukan injeksi. Jika ingin melakukan injeksi maka penanganan oleh dokter dengan penyuntikan obat untuk mengurangi pembengkakan serta peradangan merupakan hal yang tepat. Kedua, dapat menggunakan metode drainase oleh dokter untuk mengeluarkan isi dari benjolan di telinga, selanjutnya dapat dilakukan operasi kecil yang dilakukan oleh dokter. Kemudian perawatan dirumah dengan menggunakan kompres kain air hangat di area benjolan.

Untuk penanganan paling tepat adalah dengan mengunjungi dokter agar diberikan jalan keluar untuk mengobati benjolan di telinga anda.

Baca Juga :  Cara Mudah Mengatasi Telinga Kemasukan Serangga

Semoga informasi yang diberikan oleh mimin dapat membantu anda mengenali penyebab munculnya benjolan di telinga.