Cara Aman dan Mudah Membersihkan Telinga Bayi

Membersihkan telinga bayi merupakan PR bagi orang tua. Berikut informasi mengenai cara aman dan mudah membersihkan telinga bayi.

Bayi memiliki anggota tubuh yang sangat rentan sehingga perlu kehati-hatian untuk merawat bayi. Selain merawat, membersihkan anggota tubuh seperti telinga, memotong kuku harus dengan hati-hati.

Membersihkan telinga bayi adalah hal yang penting agar si bayi tidak mengalami gangguan di telinga yang diakibatkan oleh penumpukan kotoran di telinga. Penumpukan ini juga dapat menyebabkan infeksi pada telinga. Oleh karena itu, sebagai orang tua yang baik harus sering-sering mengecek kebersihan telinga si bayi agar ia juga merasa nyaman.

Membersihkan telinga bayi dapat dilakukan oleh orang tua, berikut ini cara aman dan mudah membersihkan telinga bayi.

cara mudah dan aman membersihkan telinga bayi

1. Menggunakan cairan pembersih telinga

Cara aman dan mudah membersihkan telinga bayi pertama dapat dilakukan dengan menggunakan cairan pembersih telinga. Cairan pembersih telinga ini merupakan cairan khusus yang dijual bebas di apotek untuk membersihkan telinga. Cairan ini dirasa aman untuk digunakan sebagai pembersih telinga pada bayi. Terdapat banyak merk dengan kandungan pada obat tetes telinga.

Jika anda ingin membeli cairan pembersih telinga pilihkan cairan yang telah memiliki izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Untuk melakukan pembersihan telinga pada bayi menggunakan cairan pembersih berikut Langkah-langkahnya:

Pertama, anda perlu melakukan persiapan cairan pembersih telinga dan baca serta pahami intruksi keterangan petunjuk pemakaian.

Kedua, untuk memulai melakukan pembersihan pada telinga si kecil, lakukan cuci tangan hingga bersih.

Ketiga, orang tua yang akan melakukan pembersihan telinga bayi harus tenang.

Keempat, miringkan kepala Si Kecil, sehingga telinga yang akan dibersihkan menghadap ke atas.

Kelima, tarik dengan lembut daun telinga si dedek bayi untuk meluruskan posisi pada liang telinga.

Baca Juga :  Cottonbud Tersumbat? Simak Cara Mengeluarkan Kapas dari Telinga Tersebut

Keenam, teteskan cairan pembersih masuk ke dalam liang telinga Si Kecil.

Ketujuh, pastikan si Kecil tetap dalam posisi berbaring selama kurang lebih sekitar 5 menit untuk memastikan bahwa cairan pembersih telinga sudah benar-benar masuk ke dalam telinga Bayi.

Kedelapan, tutup lubang telinga dengan daun telinga si kecil atau anda dapat menggunakan kapas supaya cairan pembersih telinga tidak mengalir ke luar lagi.

2. Menggunakan waslap

Cara aman dan mudah membersihkan telinga bayi menggunakan waslap. Menggunakan waslap untuk membersihkan telinga si Kecil dapat dilakukan sebelum memandikannya. Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membersihkan telinga bayi menggunakan waslap adalah sebagai berikut.

Pertama, basahi kain waslap dengan air hangat

Kedua, pastikan tidak ada air yang akan menetes dari kain waslap ke dalam telinga bayi.

Ketiga, membersihkan bagian luar telinga dan belakang terlebih dahulu dengan menggunakan waslap yang sudah basah tadi dengan perlahan.

Keempat, tidak perlu menggunakan sabun untuk membersihkan telinga bayi. Hal ini karena sabun akan memberikan dampak negative seperti kulit bayi kering dan mudah iritasi.

Kelima, jika sudah dirasa bersih, maka gunakanlah handuk lembut dan bersih untuk mengeringkan area telinga tersebut. Anda dapat menggunakan tissue lembut dan kering untuk mengeringkan area telinga Si Kecil.

3. Menggunakan kapas

Cara aman dan mudah membersihkan telinga bayi dapat juga menggunakan kapas. Cara menggunakan kapas untuk membersihkan telinga bayi hampir sama dengan Langkah membersihkan telinga menggunakan waslap. Cara-cara tersebut sebagai berikut.

Pertama, siapkan kapas dan air hangat

Kedua, basahi kapas dengan menggunakan air hangat

Ketiga, peras kapas dan pastikan tidak ada air yang menetes dari kapas untuk mencegah air masuk dalam telinga si kecil.

Baca Juga :  Alat Bantu Dengar Yang Tepat Untuk Anda?

Keempat, bersihkan bagian luar dan belakang telinga bayi dengan menggunakan kapas tersebut yang sudah dibasahi. Lakukan pembersihan dengan cara mengelap secara perlahan.

Kelima, setelah bersih gunakan handuk atau menggunakan tissue lembut pada area telinga yang dilakukan pembersihan tadi. Hindari penggunaan sabun dalam pembersihan telinga.

Setelah anda mengetahui cara aman dan mudah membersihkan telinga bayi, berikut informasi mengenai hal-hal yang harus dihindari dalam pembersihan telinga pada bayi.

1. Menghindari penggunaan cotton bud

menggunakan cotton bud dirasa bukan salah satu cara aman dan mudah membersihkan telinga bayi. Hal ini dikarenakan penggunaan cotton bud memiliki dampak yaitu kotoran akan masuk ke dalam telinga karena cotton bud cenderung mendorong kotoran bukan malah mengeluarkan. Kotoran dalam telinga si bayi akan keluar dengan sendirinya. Jadi para orang tua tenang saja.

Selain itu, kotoran telinga si bayi ini akan memberikan peran yang penting melindungi telinga si kecil. Kotoran telinga bayi memiliki zat alami terbentuk sebagai pelumas dan penghalang bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan infeksi pada telinga si kecil.

2. Menghindari mengorek telinga dengan menggunakan jari

Menggunakan jari untuk mengorek telinga juga bukan menjadi cara aman dan mudah membersihkan telinga bayi. perlu diketahui bahwa menggunakan jari dapat menyebabkan infeksi pada telinga si bayi jika dilakukan. Apalagi jari tersebut tidak bersih atau kotor.

Telinga bayi sangat sensitif dan mudah terkena infeksi sehingga orang tua perlu hati-hati dalam melakukan pembersihan telinga.

Demikian informasi yang dapat mimin sampaikan mengenai cara aman dan mudah membersihkan telinga bayi. Semoga dapat menambah wawasan anda sebagai orang tua baru yang memiliki bayi. Jika anda mengalami kendala serius dalam pembersihan telinga, anda dapat melakuka

Baca Juga :  Hubungan Keseimbangan dan Telinga Manusia