Penyakit Othematoma Pada Daun Telinga

Salah satu jenis penyakit yang mampu menyerang sistem pendengaran adalah penyakit othematoma. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit pada telinga yang cukup berbahaya. Untuk lebih lanjut mengenai pembahasan penyakit othematoma, yuk simak tulisan berikut ini.

Pengertian Othematoma Dan Gejala Yang Terjadi

Othematoma merupakan suatu penyakit yang menyerang daun telinga. Orang yang menderita penyakit ini akan mengalami beberapa gejala. salah satu gejalanya yaitu pengumpulan darah pada daun telinganya. Telinga juga akan menjadi bengkak dan terasa nyeri. Apabila Anda meraba area daun telinga yang menderita othematoma, daun telinga akan terasa lebih hangat dibandingkan kulit di sekitarnya. Rasa nyeri dan bengkak pada daun telinga ini umumnya terjadi saat beberapa menit hingga beberapa jam setelah cedera terjadi.

Dalam istilah medis, othematoma juga sering disebut dengan hematoma aurikula. Penyakit ini dapat terjadi karena terdapat cedera pada daun telinga karena berbagai faktor misalnya seperti terbentur dengan keras, kemudian mengalami perdarahan dalam dan darah menumpuk pada celah antara tulang rawan dan kulit. Selain itu dapat terjadi olahraga, seperti tinju, gulat, dan olahraga lain yang melibatkan kontak fisik yang berat.

Hematoma merupakan kumpulan darah yang tidak normal di luar pembuluh darah. Kondisi ini dapat terjadi pada saat dinding pembuluh darah arteri, vena, atau kapiler mengalami kerusakan sehingga darah keluar menuju jaringan yang bukan tempatnya. Kumpulan darah ini bisa terjadi pada bagian tubuh mana pun, dari yang berukuran kecil, hingga yang berukuran besar dan menyebabkan jaringan sekitarnya terasa nyeri atau bengkak. Kondisi ini dapat terjadi pada daun telinga.

Dalam keadaan normal, pembuluh darah di dalam tubuh akan terus menerus memperbaiki diri sehingga dapat mengobati luka yang kecil sendiri dengan cara membentuk bekuan darah. Namun, apabila luka yang terjadi cukup besar dan tekanan pada pembuluh darah meningkat, kebocoran darah akan terus terjadi dan hematoma pun akan semakin luas. Kebocoran darah dan hematoma yang terus meluas dapat mengakibatkan penderitanya kehilangan darah dalam jumlah banyak dan mengalami syok. Darah pada daun telinga ini lama kelamaan dapat menyebabkan terjadinya penggumpalan yang berlebih sehingga nantinya akan menyebabkan penyakit telinga lain yaitu perikondritis.

Baca Juga :  Otitis Eksterna: Pengertian, Gejala dan Peyebabnya

Penanganan Othematoma

konsultasi gangguan pendengaran jakarta

Pengobatan terhadap penyakit othematoma harus segera dilakukan karena agar tak berakibat fatal pada proses pendengaran. Kondisi ini harus segera dikonsultasikan ke dokter. Mengeluarkan darah dari daun telinga merupakan pengobatan utama yang harus segera dilakukan. Darah yang telah menggumpal akan menyebabkan kondisi yang serius yaitu komplikasi berupa perikondritis.

Perikondritis merupakan infeksi pada perikondrium yakni jaringan yang menyelubungi tulang rawan telinga yang berfungsi untuk memberikan nutrisi dan melindungi tulang rawan telinga. Gejalanya adalah terjadi pembengkakan pada daun telinga dan telinga berwarna merah serta terasa panas. Pembengkakan ini dapat menjalar ke bagian belakang daun telinga sehingga daun telinga terlihat menonjol. Kondisi ini harus segera ditangani dokter agar tidak menyebabkan komplikasi berkelanjutan yaitu telinga berubah bentuk menjadi seperti cauliflower ear. Jika kondisi ini sudah terlanjur terjadi, maka harus segera dilakukan operasi.

Konsultasi Pengobatan Penyakit Othematoma

Apabila Anda mengalami penyakit othematoma, sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter agar dokter dapat menangani kondisi yang telah terjadi. Konsultasilah ke puskesmas, klinik, atau rumah sakit yang terpercaya untuk menangani masalah gangguan pada pendengaran. Salah satu klinik terpercaya yang dapat membantu mengatasi masalah pendengaran Anda adalah AQM Hearing Center Depok. Klinik ini dapat Anda kunjungi bagi Anda yang berdomisili di daerah Depok dan sekitarnya.

Apabila Anda berkonsultasi ke AQM Hearing Center Jakarta, Anda akan dilayani oleh tim ahli dari AQM yang menangani khusus telinga. Selain menyediakan jasa konsultasi dan pengobatan terhadap gangguan pendengaran, AQM Hearing Center Depok juga merupakan distributor alat bantu dengar area Depok yang menjual alat bantu dengar dengan kualitas terbaik. Tak hanya alat bantu dengar saja, di sini juga terdapat pula perlengkapan alat bantu dengar yang lain seperti baterai alat bantu dengar. Untuk informasi lebih lanjut mengenai AQM Hearing Center Depok dan segala layanannya dapat Anda jumpai di website aqm-hearingcenter.com.

Baca Juga :  Konsultasi Gangguan Pendengaran Tangerang

Telinga merupakan salah satu aset penting dari tubuh kita yang harus dijaga dengan baik agar fungsinya untuk mendengar tidak terganggu. Telinga yang sakit merupakan hal yang sangat sepele. Namun apabila tidak ditangani dengan tepat dapat menyebabkan masalah serius yaitu penyakit telinga. Bayangkan saja, telinga yang kemasukan air atau berdengung tentu saja sudah membuat tidak nyaman bahkan mengganggu keseimbangan tubuh, apalagi jika ada penyakit telinga yang menyerang. Tentu kita semua tidak mau penyakit telinga tersebut terjadi pada telinga kita kan? Oleh karenanya, mari jaga kesehatan dan kebersihan telinga agar terhindar dari berbagai macam gangguan pendengaran ataupun penyakit berbahaya. Selain organ telinga, kita sebaiknya juga menjaga kesehatan dan kebersihan seluruh organ tubuh karena kesehatan merupakan suatu nikmat yang sungguh luar biasa.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.