Mengenal Gangguan Pendengaran Sebelah

gangguan pendengaran sebelah

Gangguan pendengaran adalah salah satu penyakit yang bisa muncul di segala rentang usia. Penyebabnya pun bermacam-macam mulai dari bawaan semenjak lahir, masalah penuaan, serta berbagai kondisi lingkungan lainnya. Namun, pernahkah anda mengalami gangguan pendengaran sebalah? Yuk mengenal gangguan pendengaran sebelah bersama Hearing Center Depok!

Gangguan Pendengaran Sebelah

Saat anda mengalami kesulitan pendengaran atau ketika anda mengalami ketulian namun hanya terjadi pada satu telinga saja maka bisa di katakan bahwa anda sedang mengalami gangguan pendengaran sebelah. Pasien yang menderita masalah ini biasanya memiliki sebuah permasalahan untuk memahami pembicaraan saat berada di lingkungan yang ramai. Selain itu, mereka juga kesulitan untuk menemukan sebuah sumber suara serta kesulitan untuk menghilangkan kebisingan latar belakang sehingga sulit untuk fokus pada satu suara.

Penurunan kemampuan mendengar secara sebelah ini seringkali di namakan sebagai gangguan pendengaran unilateral atau tuli unilateral. Penggambaran kondisi ini adalah saat pasien mengalami tuli di salah satu telinga saja atau di satu sisi. Sebenarnya pada kondisi ini pasien masih bisa mendengarkan menggunakan satu telinga lainnya. Namun, tentu ada ketidak jelasan suara yang di terima mengingat organ yang berfungsi hanya satu telinga.

Apa Yang Perlu Dilakukan?

Jika anda merasa bahwa anda mengalami gangguan pada pendengaran di salah satu telinga atau mungkin kedua telinga, maka anda harus segera menghubungi dan mengunjungi dokter. Telinga yang secara mendadak mengalami masalah baik pada satu sisi ataupun pada kedua telinga harus segera mendapatkan perhatian medis. Hal ini dikarenakan kondisi tersebut adalah kondisi darurat sehingga membutuhkan perawatan dokter dengaan segera. Biasanya dokter kemudian akan memberikan pilihan pengobatan serta merujuk anda untuk menuju ke dokter spesialis THT.

Baca Juga :  10 Mitos Tentang Tinnitus

Pengobatan yang akan direkomendasikan oleh dokter biasanya disesuaikan dengan penyebab dari masalah yang sedang anda alami. Hal ini juga termasuk pada bentuk pembedahan serta alat bantu dengar yang bisa membantu anda. Sakit telinga sebelah biasanya juga akan sembuh dengan sendirinya tanpa adanya pengobatan. Namun, pada beberapa kasus hal ini bisa menjadi masalah yang serius sesuai dengan penyebabnya.

Penyebab Gangguan Pendengaran Sebelah

Gangguan pendengaran yang terjadi pada satu sisi atau gangguan pendengaran sebelah disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut:

  1. Adanya cedera pada telinga
  2. Sering terpapar suara keras atau jenis obat tertentu
  3. Memiliki tumor
  4. Munculnya penyumbatan pada telinga

Selain beberapa hal di atas, masih ada penyebab yang sangat klasik yaitu masalah penuaan alami. Adanya penumpukan kotoran di saluran telinga ataupun terjadinya infeksi telinga akibat menumpuknya cairan bisa menjadi penyebab yang reversible. Masalah-masalah tersebut beberapa tidak bisa di ubah salah satunya ialah ketika masalah di sebabkan oleh fungsi telinga itu.

Berikut adalah beberapa kondisi medis yang mungkin menyebabkan adanya gangguan pendengaran di satu sis:

  1. Neuroma akustik, yaitu sejenis tumor yang bisa menekan saraf pendengaran
  2. Adanya gendang telinga pecah atau lubang kecil atau robekan
  3. Terjadi Labyrinthitis, yaitu sebuah kelainan yang bisa menyebabkan alat telinga bagian dalam mengalami bengkak serta teriritasi
  4. Penyakit Meniere atau gangguan yang bisa mempengaruhi telinga bagian dalam sehingga menyebabkan ketulian
  5. Neurofibromatosis tipe 2, yaitu penyakit bawaan yang bisa menyebabkan adanya pertumbuhan non-kanker yang mana muncul di saraf pendengaran
  6. Otitis eksterna (telinga perenang), yaitu sebuah radang yang terjadi di telinga bagian luar serta saluran telinga
  7. Herpes zoster, yaitu sebuah infeksi yang disebabkan oleh virus yang juga menyebabkan adanya cacar air
  8. Otitis media dengan efusi, yaitu sebuah infeksi yang terjadi di belakang gendang telinga dan muncul cairan yang kental serta lengket
  9. Sindrom reye, yaitu kelainan langka yang seringnya menyerang anak-anak
  10. Infusiensi vertebrobasilar yaitu aliran darah yang buru di bagian belakang otak
  11. Arteritis temporal yaitu peradangan serta kerusakan pada pembuluh darah yang ada di kepala dan leher
Baca Juga :  Mengenal Penyakit Mastoiditis

Obat-obat tertentu juga bisa menjadi penyebab gangguan pendengaran sebelah loh. Berikut diantaranya:

  1. Obat kemoterapi
  2. Diuretik seperti furosemide
  3. Toksisitas salisilat atau aspirin
  4. Serta antibiotic seperti streptomisin dan tobramycin

Cara Mengobatinya

Pengobatan yang di lakukan untuk mengobati penyakit tertentu harus di dasarkan pada penyebabnya. Setiap penyebab yang mungkin menghasilkan gejala yang sama tetap harus di ketahui apa sebab utamanya supaya pengobatan yang di berikan sesuai dan tepat sasaran. Hal ini tidak berbeda jauh dengan masalah gangguan pendengaran sebelah. Anda perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu dengan berkonsultasi bersama dokter anda. Beberapa kasus pada permasalahan telinga ini membuat para dokter biasanya menyarankan anda untuk menggunakan Alat Bantu Dengar. ABD mungkin bukan di fungsikan untuk memulihkan gangguan pendengaran anda. Namun, ABD ini bisa meningkatkan pendengaran anda menjadi lebih baik. Berikut adalah beberapa bentuk pengobatan yang mungkin bisa anda gunakan:

  1. Antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi
  2. Operasi untuk pengangkatan tumor
  3. Menghentikan penggunaan obat yang didiagnosa menjadi penyebab gangguan pendengaran
  4. Melakukan steroid untuk mengurangi adanya pembengkakan serta peradangan

Itulah informasi yang bisa kami berikan terkait dengan pengenalan gangguan pendengaran sebelah. Bagi anda yang membutuhkan informasi serta layanan kesehatan telinga, anda bisa mengunjungi kami di Klinik Pendengaran Depok!