Manfaat Alat Bantu Dengar

bte

Seperti namanya, alat bantu dengar atau biasa disebut dengan ABD ini berfungsi sebagai alat bantu pendengaran agar pengguannya dapat mendengarkan dengan jelas.  Alat bantu dengan ini memiliki banyak manfaat lo bagi penderita gangguan pendengaran. Pemakaian alat ini tidak dapat menyembuhkan gangguan pendengaran, namun alat ini sangat membantu penderita. Apa saja manfaat menggunakan alat bantu dengar? Pada kesempatan kali ini Hearing Center Jakarta akan membahas seputar manfaat alat bantu dengar.

Apa itu alat bantu dengar?

Alat bantu dengar merupakan seperangkat alat elektronik yang membantu seseorang yang mengalami gangguan pendengaran untuk bisa berkomunikasi dengan baik. Meskipun tidak dapat mengembalikan pendengaran menjadi normal, alat ini mampu memperkuat dan memperjelas suara, dengan begitu anda bisa mendengar lebih baik. Alat ini terdiri dari beberapa jenis, seperti:

  • Alat di dalam teling (in the ear/ITE)
  • Alat di belakang telinga (behing the ear/BTE)
  • Speaker/Receiver di dalam telinga atau liang telinga (RIC dan RITE)
  • Alat di dalam liang telinga (in the canal/ITC)
  • Alat sepenuhnya di dalam liang telinga (Completely in the canal/CIC)

Manfaat menggunakan alat bantu dengar

Miningkatkan kepercayaan diri

Alat bandu dengar  memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu mampu meningkan kepercayaan diri penggunanya dalam berkomunikasi. Fungsi dari alat bantu dengar itu sendiri yaitu untuk memperbesar dan memperjelas suara. Menggunakan alat bantu dengar sangatlah penting  bagi orang yang mengalami gangguan pendengaran. Sering kali, orang yang mengalami gangguan pendengaran merasa kurang percaya diri bahkan bisa menyebaban depresi. Karena orang yang kemapuan pendengarannya turun akan merasa kesulitan dalam melakukan komunikasi. Orang yang mengalami masalah pendangaran akan merasa terisolasi karena tidak bisa mengethaui pembicaraan dengan lawan bicara. Sehingga, penderita ini lebih memilih menjauh dari kehidupan sosialnya. Tentunya hal ini berdampak buruk bagi psikis penderita. Oleh karena itu, dengan adanya alat ini dapat membantu mereka untuk dapat mendengarkan dengan layak seperti orang normal.

Baca Juga :  Fungsi Telinga Bagian Dalam

Membantu Pendengaran dengan Baik

Seiring dengan perkembangan tekonologi yang semakin canggih kini sudah banyak alat yang dikembangkan di dunia medis, slah satunya yaitu alat bantu dengar. ABD dapat membantu memperjelas dan memperkeras suara. Dengan adanya alat bantu dengan ini para pengguna akan merasa lebih nyaman dalam berkomunikasi. Alat ini dapat membuat pengguna mendengarkan lebih baik dan nyaman seperti orang normal. Saat ini ABD sudah banyak beredar. Ukuran yang tersedia pun bermacam-macam sehingga bisa menyesuaikan dengan ukuran telinga penderita. Tak hanya itu saja, alat ini memiliki ukuran yang kecil dan warna yang mirip dengan warna kulit sehingga seperti keliatan tidak memkai ABD. Penderitanya pun dapat menggunakannya dengan nyaman dan percaya diri dalam kegiatan sehari-hari.

Mencegah penyakit pikun atau demensia

Ternyata penyakit pikun tidak hanya terjadi pada usia lanjut usia. Penurunan fungsi pendengaran juga bisa menyebabkan kepikunan. Tentunya setiap orang mendambakan ingatan yang baik. Oleh karena itu, jika anda merasa mengalami gangguan pada pendengaran jangan ragu lagi untuk menggunakan ABD. Anda bisa melakukan pemeriksaan ke dokter THT untuk mengetahui masalah gangguan pendengaran anda sebelum mengenakan ABD.

Meningkatkan keseimbangan tubuh

Telinga memegang pernana peting dalam tubuh kita, selain sebagai sistem pendengaran telinga juga berperan menjaga keseimbangan tubuh. Orang yang mengalami gangguan pendengaran keseimbangannya akan tergangu dan menyebabkan sempoyongan. Namun anda tak perlu khawatir, dengan menggunakan alat bantu dengar akan membantu anda untuk bisa mendengarkan dengan baik dan jelas sehingga keseimbangan tubuh pun akan kembali normal.

Meningkatan kualitas hidup

Orang yang mengalami penurunan kemampuan pendengaran juga akan diikuti dengan penurunan kualitas hidup. Hilangnya fungsi telinga sebagai alat pendengaran akan membuat komunikasi terhambat. Alat bantu dengar bisa manjadi solusi yang tapat untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan adanya alat bantu dengar dapat membantu pengguna untuk bisa berbagi cerita dan mendengarkan dengan baik. Terciptanya komunikasi yang baik dengan sesama akan membantu meningktkan kualitas hidup anda.

Baca Juga :  Service Alat Bantu Dengar Jakarta

Terhindar dari depresi dan terisolasi

Gangguan pendengaran selain bisa menyebabkan munurunnya kemampuan pendengaran ternyata juga dapat menyebabkan depresi. Tak sedikit orang yang menderita gangguan pendengaran ini merasa tersisolasi dan bisa menjadi depresi. Namun hal ini dapat anda hidari dengan mengguanakan alat bantu dengar. Alat bantu dengar ini akan membuat penderita untuk bisa mendengar lebih baik sehingga komunikasi terhadap sesama bisa lancar.

Perkembangan anak tidak terhambat

Gangguan pendengaran tak hanya menyerang pada umur dewasa saja, anak usia dini juga bisa terkena gangguan pendengaran. Kondisi ini menyebabkan perkembangan anak tidak bisa berjalan dengan optimal. Kemampuan mendengar anak yang kurang membuat anak tidak bisa merespon perintah. Selain itu, gangguan pendengaran juga menyebabkan keterlambatan bicara pada anak balita. Oleh karena itu, pengunaan alat bantu dengar dapat membantu anak untuk dapat tumbuh dan berkembang seperti anak normal.

Naah itu tadi penjelasan manfaat dari penggunaan alat bantu dengar. Bagi anda yang sedang mencari alat bantu dengar anda yang tepat bisa menghubungi kami di AQM Hearing Center. Segala kebutuhan mengenai masalah pendengaran bisa anda konsultasikan dengan kami di AQM Hearing Center.