Jenis Penyakit Telinga Karena Infeksi

Telinga merupakan organ vital yang dimiliki makhluk hidup termasuk manusia. Menjaga kesehatan telinga menjadi sangat penting karena bisa berdampak dengan kondisi telinga di masa depan. Tentu kita sangat menginginkan fungsi organ telinga kita baik sampai masa tua nanti.

Namun terkadang telinga dapat terserang berbagai macam penyakit telinga salah satunya adalah karena adanya infeksi yang menyerang bagian-bagian telinga. Ada 3 macam jenis infeksi yang menyerang telinga yaitu otitis media, otitis eksterna, dan otitis interna.

 

Otitis Eksterna

Infeksi telinga ini terjadi pada telinga bagian luar akibat masuknya air ke dalam telinga. Hal ini akan menyebabkan telinga menjadi basah dan lembab akibat air yang masuk ke dalam telinga sehingga bakteri atau jamur tumbuh dan berkembangbiak dengan baik di dalam telinga. Bakteri dan jamur ini akan menginfeksi telinga. Bakteri yang sering menjadi penyebab utama otitis eksterna adalah bakteri Staphylococcus aureus atau Pseudomonas aeruginosa.

Orang yang sering terserang penyakit telinga ini adalah perenang karena telinganya sering kemasukan air saat berenang sehingga infeksi ini disebut juga dengan smimmer’s ear. Untuk mencegah terjadinya infeksi ini sebaiknya ketika berenang menggunakan penutup telinga agar air tidak masuk ke dalam lubang telinga.

 

Otitis Media

Infeksi ini terjadi pada telinga bagian tengah tepatnya pada rongga di belakang gendang telinga (membran timpani). Merupakan suatu ruangan berisi udara di balik gendang telinga yang mengandung tulang-tulang kecil yang bergetar. Penyebab utama otitis media adalah akibat adanya infeksi virus ataupun bakteri. Salah satu hal yang dapat memicu terjadinya otitis media adalah paparan asap rokok.

Gejala yang terjadi pada penderita otitis media adalah sakit telinga, gangguan pendengaran, demam, dan keluar cairan dari telinga yang berwarna kekuningan, kehijauan, atau kecokelatan dan berbau busuk. Apabila infeksi telinga ini tidak tertangani dengan baik dapat menimbulkan beberapa penyakit lain seperti infeksi tulang telinga bagian belakang (mastoiditis) dan infeksi selaput otak (meningitis).

Baca Juga :  Penyakit Otosklerosis dan Cara Untuk Mengobatinya

 

Otitis Interna

Salah satu jenis penyakit telinga ini berupa infeksi yang menyerang telinga bagian dalam yang bekerja untuk mengendalikan fungsi pendengaran dan penjaga keseimbangan tubuh. Infeksi pada telinga ini dapat terjadi karena otitis media yang tak tertangani dengan baik serta adanya infeksi virus atau bakteri di telinga. Gejala otitis interna dapat berupa vertigo, pusing, sulit berdiri atau duduk, mual, muntah, telinga berdenging, telinga sakit, sampai kehilangan pendengaran.

 

Penyebab Infeksi Telinga

penyakit telinga

Infeksi pada telinga penyebabnya ada berbagai macam hal. Umumnya akibat adanya infeksi bagian telinga oleh bakteri atau virus. Infeksi telinga sering kali dapat terjadi karena efek samping penyakit lainnya, seperti infeksi saluran pernapasan atau alergi yang mampu mengakibatkan kongesti dan pembengkakan dari saluran hidung, tenggorokan, atau telinga.

 

Faktor Resiko Infeksi Telinga

Ada berbagai macam faktor yang dapat meningkatkan resiko terinfeksinya telinga, antara lain adalah:

  1. Anak-anak yang berusia 6 bulan-2 tahun akan lebih rentan untuk terinfeksi telinganya karena ukuran dan bentuk tuba eustachius serta sistem daya tahan tubuhnya belum sempurna.
  2. Kualitas udara sekitar. Paparan terhadap asap rokok atau polusi udara yang terlampau berat dapat memicu meningkatkan risiko terjadinya infeksi pada telinga.
  3. Faktor musim. Infeksi telinga lebih sering terjadi pada musim penghujan atau peralihan musim di mana batuk dan pilek lebih sering muncul.

 

Gejala Infeksi Telinga Pada Anak-Anak

Infeksi pada telinga gejalanya bisa muncul dengan cepat. Adapun beberapa gejala dari penyakit telinga ini apabila terjadi pada anak-anak antara lain:

  • Sering menarik daun telinga
  • Sulit Tidur
  • Lebih sering menangis dan rewel
  • Nafsu makan menurun
  • Mengalami kesulitan untuk mendengar atau menunjukkan respons terhadap suara
  • Nyeri pada telinga, utamanya ketika sedang berbaring
  • Hilangnya keseimbangan
  • Demam
  • Adanya cairan yang keluar dari dalam saluran telinga
  • Nyeri kepala
Baca Juga :  Otitis Eksterna: Pengertian, Gejala dan Peyebabnya

 

Gejala Infeksi Telinga Pada Orang Dewasa

Beberapa gejala infeksi telinga pada orang dewasa adalah sebagai berikut:

  • Nyeri pada telinga
  • Adanya cairan yang keluar dari telinga
  • Kemampuan untuk mendengar menurun

 

Pencegahan Terhadap Infeksi Telinga

Anda tak perlu khawatir dengan ancaman infeksi pada telinga sebab kini Anda dapat melakukan beberapa hal untuk dapat mencegah penyakit tersebut antara lain:

  • Mencegah sedari dini infeksi saluran pernapasan dan penyakit lainnya dengan cara mendidik anak untuk mencuci tangan secara rutin dan selalu menjaga kebersihan alat-alat yang digunakan.
  • Sebaiknya hindari paparan asap rokok dan jangan menjadi perokok baik itu perokok aktif maupun perokok pasif.
  • Pada bayi baru lahir sebaiknya memberinya ASI eksklusif karena ASI mengandung antibodi yang dapat melindungi bayi terhadap infeksi telinga.

 

Apabila Anda mengalami gejala yang mengganggu pada telinga sebaik segera memeriksakannya ke dokter. Sebaiknya jangan menunda sampai sakitnya parah karena apabila sudah semakin parah maka bagian telinga yang terserang infeksi juga akan semakin banyak dan ini akan lebih sulit untuk penyembuhannya.

AQM Hearing Center melayani konsultasi berbagai masalah pendengaran. Telinga yang mengalami infeksi ini dapat dikonsultasikan di sini. Anda tidak perlu khawatir karena Anda akan bertemu dan berkonsultasi dengan dokter AQM Hearing Center yang ahli mengenai masalah pendengaran.