Fungsi Daun Telinga

fungsi daun telinga

Daun telinga (pinna auricularis) terdiri atas tulang rawan dan kulit. Salah satu bagian dari telinga ini penuh dengan pembuluh darah dan ujung saraf. Daun telinga merupakan bagian telinga yang paling luar yang dapat dilihat dengan jelas. Jumlah daun telinga ada 2 yaitu kanan dan kiri dan letaknya agak menyamping dari kepala. Bentuknya antara orang yang satu dengan orang lain tentu berbeda, tidak ada yang sama persis.

Selain kulit dan tulang rawan, daun telinga tersusun atas beberapa bagian yaitu lobula, heliks, antihelisk, tragus, dan antitragus. Ada pula otot-otot kecil pada daun telinga yang berjumlah 3 buah yang membuat beberapa orang dapat menggerakkan daun telinganya.

Daun telinga ini bukan sekedar aksesoris tubuh, namun manfaatnya sangat besar. Yuk simak ulasan beberapa fungsi daun telinga berikut ini.

Menyeleksi Frekuensi Suara yang Berbeda-beda

Daun telinga berfungsi untuk menyeleksi gelombang suara berdasarkan frekuensinya. Tidak semua frekuensi gelombang suara dapat didengarkan karena akan mempengaruhi daya terima telinga. Ada beberapa frekuensi gelombang suara yang tidak bisa ditangkap. Sedangkan frekuensi yang dapat diterima akan terkumpul dan masuk ke dalam saluran atau liang telinga.

Menangkap dan Mengumpulkan Suara

Daun telinga memiliki bentuk seperti corong yang menjorok keluar seakan-akan siap untuk menangkap dan menampung gelombang suara. Struktur daun telinga terbuat dari tulang rawan elastin menjadikannya mudah untuk menangkap gelombang suara dari udara.

Mengetahui Sumber Lokasi Suara

Pada daun telinga terdapat saraf-saraf yang mampu mendeteksi sumber lokasi bunyi berasal. Sehingga kita akan menoleh ke asal suara ketika nama kita dipanggil. Namun apabila salah satu telinga terganggu maka fungsi pendengaran juga akan terganggu sehingga pendeteksian suara ini akan sulit dilakukan jika hanya menggunakan satu sisi telinga saja.

Baca Juga :  Gangguan Pendengaran Pada Anak

Melokalisasi Suara

Setelah gelombang suara berhasil disaring, ditangkap, dan dikumpulkan maka gelombang suara akan dilokalisasi menuju saluran atau liang telinga.

Meningkatkan Amplitudo Gelombang Suara

Gelombang suara yang masuk dari udara sebenarnya memiliki amplitudo yang kecil sehingga sulit untuk diproses telinga. Maka dari itu daun telinga memiliki struktur anatomi yang mampu memperkeras volume gelombang suara atau memperbesar amplitudo gelombang suara agar dapat diproses telinga dengan baik untuk mendengar suatu suara.

Menyeimbangkan Tekanan Udara pada Telinga

Apabila kita berada di tempat tinggi seperti dataran tinggi atau di dalam pesawat kadang telinga kita akan merasakan sakit atau berdengung. Rasa sakit ini akibat adanya perbedaan tekanan udara di tempat yang tinggi dengan tekanan udara di dalam telinga. Fungsi daun telinga ini akan meningkatkan tekanan udara pada telinga sehingga tekanan udara akan sama dan telinga menjadi tidak terasa sakit.

Melindungi Telinga Bagian yang Lebih Dalam

Struktur daun telinga yang berkelok-kelok akan dapat mencegah benda asing masuk ke dalam saluran telinga. Selain itu juga terdapat folikel-folikel rambut halus pada telinga mampu menyaring partikel-partikel asing dari luar telinga.

Tempat Meletakkan Perhiasan

Selain fungsinya dalam indra pendengaran untuk membantu proses mendengar, daun telinga juga memiliki fungsi estetik atau keindahan yaitu untuk menempatkan perhiasan seperti anting-anting di daun telinga bagian bawah. Hal ini sebagian besar dilakukan oleh para wanita. Bahkan di kebudayaan daerah di Indonesia, apabila bayi terlahir perempuan maka sebaiknya diberi anting-anting pada daun telinga untuk memberikan simbol bahwa bayi tersebut perempuan.

Mempercantik Paras

Zaman dahulu, terdapat anggapan bahwa wanita akan lebih cantik bila memiliki daun telinga yang lebar. Oleh karena itu ada beberapa suku yang wanitanya menggunakan anting pemberat pada daun telinganya dengan tujuan agar daun telinga lebih panjang ke bawah. Namun ada pula yang berpendapat jika daun telinga yang kecil lebih memancarkan kecantikan sampai rela untuk operasi. Sebaiknya kita mensyukuri apapun bentuk daun telinga kita karena cantik tidak selalu mengenai fisik.

Baca Juga :  Penurunan Kemampuan Pendengaran dan Cara Menanganinya

Membahas mengenai fungsi telinga, tidak menutup kemungkinan telinga bisa mengalami gangguan untuk mendengar. Apabila Anda mengalami gangguan pendengaran dan membutuhkan alat bantu dengar maka Anda bisa mencarinya di distributor alat bantu dengar AQM Hearing Center Tangerang. AQM Hearing Center Tangerang menjual alat bantu dengar dengan kualitas yang bagus dan dengan harga yang menarik. Anda dapat melihat beberapa produk alat bantu dengar di websitenya aqm-hearingcenter.com.